Cedera Joe Hart dan Ironi yang Pahit bagi Jack Butland

Berita

by redaksi

Cedera Joe Hart dan Ironi yang Pahit bagi Jack Butland

Jack Butland harus memupus harapannya untuk bermain di Euro 2016 setelah mengalami cedera pada saat Inggris meraih kemenangan pada pertandingan persahabatan melawan Jerman Minggu (27/03). Kiper Stoke City tersebut menderita patah pergelangan kaki dan harus menjalani operasi yang rencana akan berlangsung pada hari Selasa.

Seperti yang diungkapkannya kepada situs resmi klub, “Saya tidak berpikir (Euro 2016) akan menjadi pilihan bagi saya, sekarang saya harus berkata jujur bahwa saya tidak akan bisa bermain lagi hingga akhir musim. Itu adalah hal yang sulit karena saya sudah berlatih untuk menghadapi Euro kali ini.”

Cederanya Butland menambah daftar penjaga gawang Inggris yang harus absen pada laga uji coba selanjutnya saat mereka dijadwalkan berhadapan dengan Belanda pada hari Kamis 29 Maret di Wembley. Sebelumnya Joe Hart juga harus ditepikan setelah mendapatkan cedera betis ketika klubnya Manchester City takluk kepada Manchester United.

Sialnya, justru karena laga itulah Butland mengalami cedera. Akan tetapi cedera yang diderita mantan kiper Birmingham City itu tak separah yang dialami Butland dan masih bisa tampil di Euro Perancis mendatang.

Sangat disayangkan bahwa Butland yang diplot menjadi masa depan Inggris harus absen untuk mengikuti turnamen internasional pertamanya sebagai pemain senior. Pasalnya penjaga gawang berusia 23 tahun tersebut merupakan kiper termuda yang ada dalam skuad Roy Hodgson, sementara Hart dan Fraser Forster telah berumur 28 tahun.

Butland menjadi kiper termuda yang pernah bermain untuk The Three Lions ketika melakukan debutnya pada 15 Agustus 2012. Saat melakoni laga uji coba melawan Italia tersebut, usianya baru menginjak 19 tahun 158 hari dan memecahkan rekor Billy Moon yang telah bertahan selama 128 tahun.

Butland merupakan bagian penting dari Stoke, terbukti ia tak pernah absen dalam memperkuat The Potters. Total kiper kelahiran Bristol itu telah bermain sebanyak 31 kali dan merupakan pilihan utama pelatih Mark Hughes sebagai palang pintu terakhir klub yang bermarkas di Britannia Stadium tersebut. Tercatat Butland telah melakukan 81 penyelamatan dan 10 kali clean sheets.

Selain berhasil membawa Stoke kini berada di posisi delapan klasemen sementara dan masih berpeluang untuk finis di zona Eropa di akhir musim ini, penampilan gemilangnya di musim ini membuat Hodgson berencana memanggilnya untuk mengisi slot penjaga gawang yang akan dibawa ke Euro 2016 Juni nanti.

Sayang sekali. memang. Dan agak menyedihkan bagi Butland. Ia bisa bermain menghadapi Jerman justru karena cedera yang dialami Joe Hart. Cedera Joe Hart itulah yang membuat peluangnya bermain di Euro menjadi lebih besar. Namun justru karena itu pula, karena laga menghadapi Jerman itu, Butland akhirnya harus memupus mimpi-mimpinya.

Ironis sekali. Tapi sepakbola memang kerap melahirkan cerita-cerita seperti ini.

Foto: Independent

Komentar