Inggris Kalahkan Jerman, Bagaimana Nasib Wayne Rooney?

Berita

by redaksi

Inggris Kalahkan Jerman, Bagaimana Nasib Wayne Rooney?

Tak ada bosan-bosannya membahas seorang Wayne Rooney, pemain Manchester United yang juga kapten dari timnas Inggris. Sempat diberitakan kalau tempatnya di timnas Inggris mulai terancam, ternyata ancaman itu semakin nyata setelah Inggris mampu memenangi pertandingan melawan Jerman di Olympiastadion pada Minggu (27/3) dini hari WIB. Dalam pertandingan tersebut, Harry Kane, Dele Alli, dan Jamie Vardy bermain mengesankan.

Bahkan, Kane dan Vardy mencetak gol untuk membantu Inggris bangkit dari keterpurukan dan mengalahkan Jerman dengan skor 3-2. Dengan moncernya penampilan Kane dan Vardy, para pecinta sepakbola Inggris mulai bertanya-tanya, apakah Roy Hodgson akan membawa Rooney yang belum tentu sembuh dari cederanya di bulan Mei nanti ke Piala Eropa 2016?

Menjawab segala kesimpangsiuran yang ada, pelatih timnas Inggris, Roy Hodgson, menegaskan sekali lagi kalau Rooney itu adalah kapten timnas Inggris dan ia akan tetap dibawa kalau cederanya sembuh pada Mei nanti. "Saya ulangi, Wayne itu adalah kapten tim kami. Ia sudah mengenakan ban kapten sejak dua tahun lalu dan tidak ada alasan bagi kami untuk meminggirkannya hanya karena cedera. Saya yakin Mei nanti ia akan sembuh," ujar Hodgson seperti dilansir The Guardian.

Wayne Rooney kerap bermain superior ketika Inggris menjalani babak kualifikasi, baik itu kualifikasi Piala Dunia maupun kualifikasi Piala Dunia. Hanya saja, terkadang ketika turnamen yang sesungguhnya dimulai, Rooney seringkali kehilangan sentuhannya seperti saat di babak kualifikasi. Inilah yang sudah terjadi beberapa kali, seperti pada Piala Eropa 2012 dan Piala Dunia 2014.

Oleh karenanya, banyak pihak meragukan bahwa Rooney akan tampil di Piala Eropa 2016 nanti. Selain karena cedera, penampilan-penampilan para penyerang Inggris lain macam Vardy, Ross Barkley, dan juga duet Tottenham, Dele Alli, dan Harry Kane, cukup menjanjikan bagi Inggris. Jika masalah tentang kapten yang dikhawatirkan Hodgson, masih ada nama-nama alternatif lain yang bisa dipromosikan sebagai kapten.

Gary Cahill memerankan peran kapten di laga uji coba kemarin dengan cukup baik. Ada nama Jordan Henderson yang juga merupakan kapten Liverpool. Joe Hart juga pernah menjadi kapten saat timnas Inggris bersua Spanyol beberapa waktu lalu. Chris Smalling juga sering menjadi kapten di United saat Rooney cedera.

Namun, tampaknya Hodgson masih percaya bahwa Rooney akan kembali ke timnas pada bulan Mei nanti. Tapi, apa salahnya bagi Hodgson harus mulai memikirkan soal Rooney ini, karena Piala Eropa 2016 tinggal beberapa bulan ke depan. Akan buruk bagi Hodgson jika ia tidak memiliki rencana B.

(sf)

Sumber: Daily Mail, Guardian

foto:  guardian.co.uk

ed: fva

Komentar