Belanda Gagal Persembahkan Kemenangan bagi Mendiang Cruyff

Berita

by redaksi

Belanda Gagal Persembahkan Kemenangan bagi Mendiang Cruyff

Bagi sebuah negara, mengenang pahlawan adalah suatu kewajiban karena pahlawan adalah orang yang berjasa bagi negara. Seperti yang pernah diucapkan oleh Ir. Sukarno, Presiden pertama Republik Indonesia, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”

Hal itu juga akan dilakukan oleh Belanda pada laga persahabatan melawan Prancis, setelah mereka kehilangan pahlawan sepakbola mereka Johan Cruyff yang telah berpulang pada Kamis (24/3), dan berencana akan mempersembahkan kemenangan tersebut untuk almarhum Cruyff.

Akan tetapi hal tersebut tak sanggup dilakukan oleh Belanda. De Oranje harus takluk dengan skor 2-3 atas Prancis di laga ujicoba pada Sabtu (26/3) di Amsterdam Arena. Gol Perancis dicetak oleh Antoine Griezmann, Olivier Giroud, dan Blaise Matudi, sedangkan Belanda hanya sanggup membalas melalui Luuk de Jong dan Ibrahim Afellay.

Prancis unggul lebih dulu saat pertandingan baru berjalan enam menit. Griezmann sukses menaklukan kiper Jasper Cilessen lewat tendangan bebas. Tak lama setelah itu, tepatnya pada menit ke-13, Les Bleus kembali menggandakan keunggulan, kali ini melalui Giroud yang berhasil memanfaatkan umpan dari Matuidi.

Belanda sempat bangkit pada babak kedua. Luuk de Jong membuka gol pertama bagi tim yang dibesut oleh Danny Blind tesebut. Dua menit setelah turun minum, striker PSV itu sukses menjebol gawang Steve Mandanda meski sedikit kontroversial. Lewat tayangan lambat bola sempat menyentuh tangannya sebelum masuk ke gawang kiper Marseille tersebut.

Pada menit ke-86 akhirnya Belanda berhasil menyamakan kedudukan. Dengan cerdik Memphis Depay yang mengeksekusi sepak pojok menyodorkan umpan kepada Afellay yang berdiri bebas tanpa kawalan. Alhasil mantan pemain Barcelona tersebut mampu melesakan tendangan datar yang tak mampu dibendung oleh Mandanda.

Akan tetapi malam itu Matudi sungguh menjadi momok menakutkan bagi Belanda. Dua menit sebelum waktu normal berakhir, ia sukses mencetak gol sekaligus mengunci kemenangan bagi Prancis setelah menerima umpan terobosan dari Anthony Martial. Uniknya, Matuidi bernomor punggung 14, nomor yang identik dengan Cruyff.

Kekalahan tersebut membuat Belanda gagal untuk memberikan persembahan terakhirnya bagi Cruyff sang legenda yang belum lama ini telah menghembuskan nafas terakhirnya. Ironisnya lagi, Belanda juga gagal tampil di Piala Eropa 2016 setelah tersingkir di babak kualifikasi.

Foto: bleacherreport

ed: fva

Komentar