Cedera Schweinsteiger (Bukan) Beban Kroos

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Cedera Schweinsteiger (Bukan) Beban Kroos

Kehadiran Jonathan Tah untuk mengisi tempat yang kosong karena Jérôme Boateng dan Benedikt Höwedes cedera, memancing pertanyaan (dalam wawancara yang hasilnya dimuat di situs resmi Deutscher Fußball-Bund pada 22 Maret 2016) mengenai masa depan kedua pemain senior di Tim Nasional Jerman. Joachim Löw tidak memberi jaminan jika keduanya memang tak sembuh tepat waktu dan cukup bugar untuk Piala Eropa. Pernyataan Löw memancing pertanyaan berikutnya, mengenai Bastian Schweinsteiger yang sudah tak lagi muda.

“Tidak (Schweinsteiger tidak akan secara otomatis ikut serta di Piala Eropa berkat kesepakatan bersama karena ini mungkin kejuaraan terakhirnya), tidak ada, karena itu bukan sesuatu yang biasanya saya lakukan sebelum turnamen,” ujar Löw. “Bagi saya itu bukan pertanyaan yang tepat untuk saat ini. Bastian Schweinsteiger cedera belakangan, jadi ia harus sembuh dulu, karena saat ini ia belum 100 persen dan ia memang tidak akan demikian untuk saat ini. Bagaimanapun masih ada waktu yang relatif panjang hingga awal kejuaraan dan ia juga tidak menjalani seluruh sesi latihan menjelang Piala Dunia 2014, namun ia sembuh dengan baik dan tampil dalam pertandingan-pertandingan penting. Ia memahami tubuhnya dengan baik dan tahu apa yang harus ia lakukan. Ia masih sangat ambisius dan akan terus tampil baik.”

Sehari setelah pernyataan tersebut terlontar, Schweinsteiger menderita cedera dan karenanya terancam batal ikut serta di Piala Eropa. Cedera tersebut ia derita pada penghujung sesi latihan pada Rabu (23/3) akibat benturan. Schweinsteiger menderita robek sebagian pada medial collateral ligament-nya. Kepastian tersebut didapat setelah pemediksaan dilakukan oleh dokter tim nasional, Dr. Hans-Wilhelm Müller-Wohlfahrt. Penanganan cedera akan dilakukan di klubnya, Machester United. Schweinsteiger menambah panjang daftar cedera Tim Nasional Jerman karena Mesut Özil dan Karim Bellarabi juga absen dalam sesi latihan tersebut.

Cederanya sang kapten tim membuat para pemain bereaksi. Thomas Müller merasa cedera tidak harus membuat Schweinsteiger sampai harus tidak ambil bagian di Piala Eropa. “Ini jelas sangat membuat frustrasi bagi kami dan baginya,” ujar Müller sebagaimana dikutip dari situs resmi DFB. “Ia cedera dalam latihan pertamanya setelah sembuh dari cedera, dan itu mengecewakan. Masih ada sedikit waktu tersisa hingga Piala Eropa, namun sulit menerka berapa lama ia akan menjalani masa penyembuhan. Semuanya mungkin terjadi, bagaimanapun, dan penting bagi kami untuk memiliki kapten kami di musim panas ini. Ia dapat membantu kami, terlepas dari ia bermain dari pertandingan pertama atau ketiga – kita sudah melihatnya di Piala Dunia.”

Mats Hummels, kapten Borussia Dortmund dan rekan Schweinsteiger di Tim Nasional Jerman, berharap cedera Schweinsteiger tidak serius karena sebagai kapten, pemain Manchester United tersebut penting untuk Jerman. “Tentu kami merasa terpukul untuknya,” ujar Hummels dalam wawancara yang hasilnya dimuat di situs resmi DFB. “Setiap pemain yang pernah menderita cedera seperti ini di masa lalu tahu betapa cedera ini membuat frustrasi dan patah semangat. Bastian pasti kesal, seperti kami – ia kapten kami. Saya terang-terangan berharap cederanya tidak terlalu serius, dan itu tidak mempengaruhi keikutsertaannya di Euro. Itu (keinginan Schweinsteiger untuk sembuh cepat) berlaku untuk semua pemain, sebenarnya. Kita selalu frustrasi di hari pertama cedera namun sejak hari kedua fokusnya berubah ke melakukan segala yang dapat dilakukan untuk mempersingkat waktu yang dihabiskan di pinggir lapangan.”

Yang paling disoroti mengenai masalah cedera Schweinsteiger ini, selain sang pemain sendiri, adalah Toni Kroos yang bahu membahu menguasai lini tengah dalam setiap pertandingan Piala Dunia 2014 yang Jerman menangi. Tanpa Schweinsteiger di sisinya, Kroos akan mendapatkan pasangan pengganti namun beban akan bertumpuk di pundaknya sendiri. Mengenai hal ini, Kroos tenang-tenang saja.

“Cedera ini sangat membuatnya frustrasi, terutama karena ia baru kembali dari cedera yang membuatnya menepi lama,” ujar Kroos sebagaimana dikutip dari situs resmi DFB. “Ia pemain yang sangat penting bagi kami. Ia telah membuktikannya dalam banyak kesempatan. Ini bukan cedera pertamanya dan kami pernah bermain tanpa Basti di masa lalu – kami akan menyesuaikan diri. Cedera Basti tidak mengubah apa pun. Aku belum membicarakan ini dengan pelatih kepala. Peranku tidak begitu penting, aku bagaimanapun akan bermain di lini tengah.”

ed: fva

Komentar