Aturan Poin dan Simulasi Penyisihan Grup Piala Bhayangkara

Berita

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Aturan Poin dan Simulasi Penyisihan Grup Piala Bhayangkara

Penyisihan grup Piala Bhayangkara 2016 sudah mendekati ujung.  Masing-masing grup tinggal menyisakan satu pertandingan yang menentukan di babak semifinal.

Di grup A, dua kesebelasan yakni Persib Bandung dan Sriwijaya FC sudah dipastikan lolos ke semifinal. Namun bukan berarti keduanya bisa bersantai di laga terakhir. Laga pamungkas yang mempertemukan kedua kesebelasan akan menentukan status juara grup.

Juara grup di babak penyisihan Piala Bhayangkara menjadi penting karena di fase semifinal menggunakan format single match. Pertandingan hanya berlangsung sekali dengan juara grup berstatus tuan rumah.

Persib Bandung punya beban yang lebih berat karena wajib menang melawan Sriwijaya FC dengan skor berapapun. Sementara bagi Sriwijaya, mereka hanya butuh minimal hasil imbang untuk jadi juara grup. Hal ini karena penentuan klasemen ditentukan oleh poin baru kemudian head to head lalu selisih gol.

Sriwijaya sementara ini berada di urutan teratas karena jumlah golnya lebih banyak dari Persib. Anak asuh Benny Dollo tersebut juga punya peluang besar meski laga akan berlangsung di Stadion Jalak Harupat, karena waktu recovery yang lebih panjang.

klasemen grup a piala bhayangkara

Sementara itu pertarungan di grup B berlangsung lebih ketat. PS Polri dan Bali United akan bersaing untuk ke babak semifinal mendampingi Arema yang sudah dipastikan lolos. Menariknya adalah di laga pamungkas nanti keduanya akan saling bertemu.

Berdasarkan perhitungan poin, untuk lolos, PS Polri hanya butuh hasil imbang sementara Bali United wajib menang. Namun bukan berarti PS Polri bisa bermain aman nantinya karena mereka harus mengunci status sebagai juara grup dengan meraih kemenangan. Fabiano dkk. juga wajib berharap Arema gagal mengatasi perlawanan Persipura Jayapura.

Jika berhasil menjadi juara grup PS Polri paling tidak bisa bermain lebih tenang karena tak harus melawat ke kandang Sriwijaya atau Persib. Mereka bisa menjamu lawan di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor yang dipilih sebagai markas PS Polri.

klasemen grup b piala bhayangkara

Jadi bagaimana prediksi kalian?

Komentar