Menang Tipis, Bali United Buka Peluang Lolos ke Semifinal Piala Bhayangkara

Berita

by redaksi

Menang Tipis, Bali United Buka Peluang Lolos ke Semifinal Piala Bhayangkara

Persipura Jayapura harus takluk 0-1 menghadapi Bali United pada laga lanjutan Piala Bhayangkara grup B di stadion I Wayan Dipta. Dengan hasil ini Bali United keluar dari dasar klasemen grup B dan masih memiliki peluang untuk lolos ke babak semifinal.

Di awal pertandingan Persipura langsung mendapat peluang gol melalui sepakan keras Rick Kayame dari luar kotak penalti, tapi berhasil diblok kiper Rully Desrian.

Persipura kemudian sempat mendapatkan penalti setelah Kiko Insa dianggap melakukan handsball di dalam kotak terlarang. Pacho Kenmogne yang ditunjuk menjadi algojo sebenarnya sempat mencetak gol, namun wasit Toriq Alkatiri menyatakan tendangannya harus diulang. Eksekusi kedua Pacho kemudian berhasil dimentahkan oleh Rully Desrian. Mantan kiper Timnas Indonesia U-19 tersebut berhasil menangkap tembakan penalti yang mengarah ke sisi kanan bawah gawang.

Bali United yang kemudian mengambil inisiatif  menyerang, lagsung mendapat peluang melalui kerjasama satu-dua dari Sukarja dan Martinus, tapi ketidak tenagan keduanya membuat bek Persipura, bisa  mengamankan bola.

Bali United kembali mendapat peluang emas sebelum water break babak pertama melalui Yabes Roni. Yabes yang berhasil lolos dari pengawalan lini belakang Persipura kemudian berhadapan dengan kiper Ferdiansyah. Sayang upayanya mampu digagalkan kiper Persipura tersebut dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Bali United mencoba mendobrak pertahanan tim berjuluk Mutiara Hitam melalui sektor sayap, namun ketatnya lini pertahanan terutama dari sektor be sayap Persipura menyulitkan Bali United untuk melepaskan umpan silang maupun tusukan langsung ke jantung pertahanan lawan.

Percobaan Bali United akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-55 melalui Yabes Romi. Diawali serangan kerjasama Sukadana dan Lucas Patinho di sektor tengah yang melakukan umpan terobosan ke kotak penalti, dan mampu  dikonversi menjadi gol oleh Yabes. Bali United unggul 1-0.

Bali United harus mendapati dua pemainnya mengalami cedera di menit ke-72, Bobby Satria dan Martinus Yulianto Adhi kemudian digantikan oleh Agus Nova dan Yulius Mauloko. Ban kapten yang disandang Bobby Satria kemudian diberikan kepada Loudry Setiawan.

Bali United kembali mendapatkan peluang emas menjelang berakhirnya waktu normal. Syakir Sulaiman yang menerima umpan terobosan dari Sukarja, kemudian tinggal berhadapan dengan kiper. Tapi peluang yang dibuatnya belum mampu menggandakan keunggulan.

Hingga peluit akhir dibunyikan, Persipura tidak mampu menyamakan kedudukan. Pertandingan dimenangkan Bali United dengan skor tipis 1-0. Dengan hasil ini peluang Persipura semakin kecil untuk lolos ke babak selanjutnya, setelah berada di dasar klasemen grup B. Sementara Bali United masih memiliki peluang ke babak semifinal Piala Bhayangkara, tegantung dari laga terakhir yang dijalankan selanjutnya melawan PS Polri pada 27 Maret mendatang.

[arn/tr]

Komentar