Persaingan Lini Depan Inggris Untungkan Dele Alli

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Persaingan Lini Depan Inggris Untungkan Dele Alli

“Untuk saat ini tidak, jika acuannya adalah performa,” ujar Matt Le Tissier ketika dimintai pendapat mengenai pantas atau tidaknya Wayne Rooney mendapat tempat utama di Tim Nasional Inggris untuk Piala Eropa 2016.

“Kita juga harus mempertimbangkan fakta bahwa jika ia cedera, ia tidak bermain begitu bagus langsung begitu sembuh,” tambah legenda Southampton tersebut. “Lamanya waktu yang ia habiskan selama cedera begitu panjang dan itu memancing pertanyaan akan seperti apa performanya di Piala Eropa nanti. Untuk saat ini, berdasar apa yang telah saya lihat musim ini, saya tidak akan menjagokannya masuk ke skuat. Namun kita tahu Roy Hodgson sangat setia kepada para pemainnya, Rooney adalah kaptennya. Dalam duniaku Rooney mungkin tak akan bermain namun di dunia Roy, jika ia bugar, saya rasa ia akan bermain. Saya akan menyertakannya dalam skuat namun ia tidak dalam starting eleven.”

Rooney menderita cedera lutut dalam kekalahan tandang 1-2 melawan Sunderland pada 13 Februari. Ia kabarnya baru akan kembali berlatih setelah jeda internasional berakhir. Hodgson sendiri berencana membawa lima penyerang ke Piala Eropa dan dengan asumsi Rooney akan otomatis dibawa serta karena ia adalah kapten tim nasional, empat tempat tersisa akan menjadi pertaruhan untuk lima nama: Jamie Vardy, Harry Kane, Daniel Sturridge, Danny Welbeck, dan Theo Walcott. Salah satu dari kelima pemain tersebut akan tersingkir.

“Kita harus agak hati-hati sebelum berkata bahwa Jamie Vardy, Harry Kane, atau Dele Alli, akan menjadi penentu keberhasilan kita menjuarai Piala Eropa,” ujar Hodgson belum lama ini. “Dengan berkata demikian kita telah menaruh beban di pundak mereka dan CV mereka tidak mendukungnya. Sensasi dan ekspektasi dua puluh tahun lalu agak sedikit berbeda – dunia berbeda – namun tekanan selalu ada. Kami bisa meminta Steve Peters (psikiater Tim Nasional Inggris) untuk berbicara dengan para pemain dan mencoba memberi mereka perspektif dan pandangan yang tepat mengenai beberapa hal.”

Berdasarkan pernyataan Hodgson, bolehlah kita beranggapan bahwa Vardy dan Kane juga sudah mendapat tempat. Terlebih lagi mereka sedang tajam-tajamnya musim ini dan keduanya bebas dari cedera. Dengan demikian persaingan mengerucut kepada Sturridge, Welbeck, dan Walcott. Ketiganya akan memperebutkan dua tempat tersisa. Ketiganya memiliki masalah mereka masing-masing. Sementara Sturridge dan Welbeck bermasalah dengan kebugaran karena sempat cedera lama, Walcott bermasalah dengan peluang tampil.

Walcott terakhir kali tampil sebagai starter di liga pada akhir Februari, ketika Arsenal kalah tandang melawan Manchester United. Sejak 28 Desember ia tak pernah bermain penuh. Dengan ini peluangnya untuk disertakan dalam daftar pemain Tim Nasional Inggris untuk Piala Dunia 2016 menipis. Terlebih lagi jika Sturridge dan Welbeck yang melewatkan banyak pertandingan musim ini mampu menunjukkan tingkat kebugaran yang dibutuhkan untuk menjalani jadwal padat di Prancis.

“Banyak pemain kita, kecuali Wayne, masih sangat minim pengalaman di level internasional,” ujar Hodgson. “Banyak yang jumlah caps­-nya tidak mencapai dua digit. Jamie Vardy satu atau dua kali bermain sebagai starter. Daniel Sturridge sudah terlibat sejak lama namun jumlah pertandingan yang ia jalani tidak terlalu banyak. Danny Welbeck adalah salah satu di antara yang paling berpengalaman, lucunya.”

Yang juga lucu, selain status Welbeck sebagai salah satu yang paling berpengalaman walau melewatkan banyak pertandingan terakhir Tim Nasional Inggris karena cedera, adalah kemungkinan terbantunya Dele Alli oleh persaingan di lini depan Inggris.

“Saya menyukai fakta bahwa kita memiliki banyak penyerang berbakat musim ini,” ujar Le Tissier sebagaimana dikutip dari Guardian. “Saya rasa itu adalah area terkuat dari tim kita, yang dalam beberapa tahun kebelakang tidak demikian. Akan menyenangkan jika kita menyerang dan berusaha memenangi pertandingan ketimbang berusaha untuk tidak kalah. Kane dan Alli sangat bagus bermain bersama. Sebagai manajer tim nasional Roy mungkin memperhatikan itu dan itu akan membantu Alli. Fakta bahwa hubungan Alli dengan Kane musim ini yang semakin membaik bisa menempatkannya dalam posisi menguntungkan.”

Inggris tergabung di Grup B bersama Rusia, Wales, dan Slowakia. The Three Lions menjalani pertandingan pertama mereka pada 11 Juni di Stade Vélodrome, Marseille.

ed: fva

Komentar