Krisis Kiper, Hodgson Panggil Kiper dari Divisi Championship

Berita

by redaksi

Krisis Kiper, Hodgson Panggil Kiper dari Divisi Championship

Cedera yang dialami Joe Hart pada Manchester Derby berefek negatif pada Timnas Inggris. Kiper yang kerap menjadi menjadi langganan skuat Three Lions sejak 2012 silam tersebut mengalami cedera betis sehingga harus absen pada laga uji coba saat Inggris berhadapan dengan Jerman pada Sabtu (26/3) dan Belanda di hari Selasa (29/3).

Cederanya seorang pemain inti selalu memberikan kesempatan bagi pemain lainnya. Dalam kasus Hart ini, dialami Tom Heaton. Heaton merupakan penjaga gawang Burnley yang kini bermain di Divisi Championsip. Penampilan apiknya bersama Burnley yang kini menduduki puncak klasemen divisi kedua liga Inggris tersebut membuat Hodgson memanggilnya.

Heaton bergabung bersama Fraser Forster dan Jack Butland untuk mengisi slot penjaga gawang Inggris yang ditinggalkan Hart. Kiper berusia 29 tahun tersebut memang belum memiki caps untuk Timnas Inggris, akan tetapi sebelumnya ia juga pernah dipanggil pada kualifikasi EURO 2016 namun tidak diturunkan oleh Roy Hodgson.

Sedikit menarik bila kesebelasan negara sekelas Inggris harus memanggil pemain yang bermain di divisi kedua untuk melengkapi jumlah pemain, padahal Liga Primer merupakan salah satu liga paling kompetitif di dunia. Akan tetapi jika dilihat dari kontribusi penjaga gawang berkebangsaan Inggris di Liga Primer hal tersebut mungkin bisa dimaklumi. Dari 20 kontestan Liga Primer, hanya lima tim yang secara reguler memakai jasa kiper asal negara Ratu Elizabeth tersebut. Tercatat hanya Joe Hart (Manchester City), Fraser Forster (Southampton), Jack Butland (Stoke City), Ben Foster (West Bromwich Albion) serta John Ruddy (Norwich City). Menariknya hanya ada satu tim yang berada di peringkat lima besar, sisanya hanyalah tim underdog dan tim papan bawah. Data tersebut menujukan betapa minimnya kontribusi kiper asli Inggris di liganya sendiri, yang tentu berimbas juga pada timnas.

Beruntung Inggris memiliki Hart yang kaya akan pengalaman, di belakangnya masih ada Fraser Forster yang pada Februari lalu ditasbihkan menjadi Player of The Month , serta Butland kiper masa depan yang menjajikan. Akan tetapi, situasi berbeda terjadi bila salah satu kiper harus absen akibat cedera, dua kiper sisa yakni Foster dan Ruddy tidak bermain sebaik ketiga nama tersebut dan terlalu riskan untuk memanggil kiper kedua yang jarang tampil macam Jordan Pickford (Sunderland), Mark Bunn (Aston Villa) atau Declan Rudd (Norwich City). Bisa jadi pertimbangan tersebut yang membuat Hodgson memilih Heaton ditengah krisis kiper yang dialami Inggris.

Foto: sportskeeda

Komentar