Duel Sengit Antara 10 Pemain yang Dimenangkan Persib

Berita

by redaksi

Duel Sengit Antara 10 Pemain yang Dimenangkan Persib

Persib Bandung menjalani laga keduanya pada turnamen Piala Bhayangkara. Kesebelasan berjuluk Maung Bandung tersebut mampu menang tipis 1-0 atas Pusamania Borneo FC di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang. Gol semata wayang dicetak oleh Samsul Arif di menit ke-72.

Persib yang hanya bermain imbang di laga perdana melawan Mitra Kukar dituntut untuk bermain lebih baik dalam laga ini. Persib melakukan beberapa perubahan pada daftar starting line up. Pemain anyar, Yanto Basna dipasang sebagai starter. Eks-pemain Mitra Kukar ini langsung dipasang di posisi bek kanan menggantikan Dias Angga yang pada laga sebelumnya dipasang sebagai starter.

Di lini tengah, Kim Kurniawan dipasang sebagai gelandang serang mendampingi Samsul Arif dan Atep yang beroperasi di area serang kanan dan kiri. Dalam laga ini Persib harus tampil tanpa didampingi pelatih kepala Dejan Antonic.

Sejak peluit awal dibunyikan, Persib langsung mengambil inisiatif serangan. Pada menit pertama, usaha dari Samsul Arif langsung membahayakan kubu tamu, namun bola tendangannya masih melebar. Sepakan keras Hariono yang dalam posisi tidak terkawal  dari luar kotak penalti masih belum bisa mengubah skor.

Hingga waktu water break, Persib terus menekan lini pertahanan Pusamania Borneo dan kubu tamu belum mampu menghasilkan satu tembakan ke gawang Persib. Serangan PBFC yang bertumpu pada sektor sayap mampu dihentikan oleh para pemain Persib.

Laga berlangsung keras dan diwarnai oleh banyak pelanggaran. Kubu Pusamania mendapat empat kartu kuning di babak pertama, yaitu Sandi Darma, Tarik Boschetti, Leonard Tupamahu, serta kiper mereka, Galih Sudaryono.

Puncaknya pada menit ke-49, bek Vladimir Vujovic harus menerima kartu kuning kedua akibat dianggap melakukan protes berlebihan kepada wasit. Dalam insiden ini, kapten Pusamania Borneo, Leonard Tupamahu juga harus diusir wasit akibat ulahnya melanggar keras Juan Belencoso di dekat kotak penalti.

Bermain dengan 10 pemain membuat laga berlangsung sengit. Kedua tim terus melancarkan jual-beli serangan. Persib memasukkan Tantan kemudian menarik Atep. Sementara PBFC memasukkan pemain berpengalaman, Ponaryo Astaman untuk memperkuat lini tengahnya.

Masuknya Tantan membawa pengaruh kepada serangan Persib. Umpan Tantan yang diteruskan Juan Belencoso diteruskan pemain jangkung tersebut kepada Samsul Arif yang berbuah serangan balik dan menjadikan keunggulan 1-0 bagi Maung Bandung.

Persib yang kehilangan Vladimir dan sudah mencetak gol langsung mencoba membat lini pertahanan lebih stabil dengan menarik Kim Kurniawan dan memasukkan Dias Angga. Yanto Basna yang sebelumnya bermain lebih melebar, ditarik ke tengah untuk menempati posisi bek tengah.

Pusamania juga melakukan serangan balik yang diakhiri umpan silang ke area penalti sehingga cukup merepotkan lini pertahanan Persib. Pemain seperti Gavin Kwan beberapa kali melancarkan umpan silang yang mampu merepotkan lini pertahanan Persib, namun tidak ada satupun yang menjadi bahaya yang berarti. Diego Michiels yang sering naik membantu lini serang PBFC juga tidak mampu menggetarkan jala Made Wirawan.

Usaha Persib untuk menambah gol diperagakan melalui Juan Belencoso dan Samsul Arif, namun tidak ada satupun yang mampu dikonversi menjadi gol hingga peluit akhir dibunyikan wasit. Dengan hasil ini persib meraih tiga poin dan naik ke posisi kedua klasemen grup A Piala Bhayangkara. Namun Persib harus kehilangan Vladimir Vujovic pada laga kontra PS TNI (24/3) mendatang.

[tr]

Komentar