Tak Ada Jaminan Tempat bagi Rooney di Timnas Inggris

Berita

by redaksi

Tak Ada Jaminan Tempat bagi Rooney di Timnas Inggris

Selepas masa bakti John Terry, Steven Gerrard, dan Frank Lampard, usai di timnas Inggris, peran kapten kini diemban oleh Wayne Rooney. Namun, pelatih timnas Inggris, Roy Hodgson, mengatakan kalau ia tidak bisa menjamin tempat bagi Rooney di timnas untuk Piala Eropa 2016 di Prancis mendatang.

Rooney mengalami cedera lutut saat Manchester United bersua Sunderland di ajang Liga Primer Inggris pada 13 Februari 2016. Cedera itu membuatnya harus menepi dari lapangan selama dua bulan. Awalnya, Rooney diprediksi akan bisa tampil pada awal bulan nanti. Namun, diagnosa terakhir yang dilakukan tim medis United menunjukkan bahwa cedera Rooney menjadi semakin parah, dan itu membuatnya harus absen minimal selama satu bulan lagi.

Tim medis United memperkirakan bahwa Rooney baru bisa kembali ke lapangan sekitar awal Mei, dan saat itu bertepatan dengan penentuan skuat Inggris untuk Piala Eropa 2016 Prancis yang akan digelar Juni. Hodgson mengatakan bahwa ia tidak akan memaksakan kondisi Rooney kalau ia belum fit dan benar-benar sembuh dari cederanya. Kalaupun Rooney dibawa ke Prancis, bukan jaminan bagi Rooney untuk langsung menjadi starter.

"Saya percaya kalau ia (Rooney) akan fit sebelum tanggal Mei nanti. Tapi, saya juga masih merasa dilema kalau ia belum fit saat pengumuman nama skuat yang akan dibawa ke Prancis. Kalau memang ia (Rooney) belum fit, saya tidak akan membawanya ke Prancis karena saya ingin membawa pemain yang sedang dalam kondisi terbaik ke Prancis. Kalaupun dibawa, dengan kondisinya yang seperti itu saya takkan langsung menjadikannya starter," ujar Hodgson seperti dikutip oleh The Guardian.

Wayne Rooney adalah striker yang telah mencatatkan 109 penampilan internasional dan mencetak 51 gol. Ia pun menyandang ban kapten timnas. Tapi, Hodgson tidak akan memaksakan keadaan Rooney. Untuk pertandingan persahabatan melawan Belanda dan Jerman, nama Rooney tidak disertakan oleh Hodgson. Ia memanggil Daniel Sturridge dan Danny Welbeck untuk mengisi pos striker yang ditinggalkan Rooney.

"Kalaupun nanti ia tidak bermain, kami akan menggunakan pemain lain atau mungkin menggunakan sistem yang baru. Tapi, saya juga tidak bisa memungkiri kalau saya masih bingung, karena pengaruh Rooney di timnas cukup kuat dan kehadirannya di lapangan bisa menyemangati pemain lain. Sungguh saya masih berada dalam dilema sekarang ini," ujar Hodgson.

(sf)

foto: guardian.co.uk

ed: fva

Komentar