Arsenal Mungkin Tanpa "Englishman" saat Bertandang ke Camp Nou

Berita

by redaksi

Arsenal Mungkin Tanpa

Laga leg kedua Liga Champions akan mempertemukan tuan rumah Barcelona melawan Arsenal pada babak 16 besar pada Kamis dini hari tanggal 16 Maret di Camp Nou. Jika melihat peluang Arsenal untuk lolos sebenarnya hampir mustahil. Pasalnya di pertemuan pertama yang dihelat di Emirates Stadium pasukan Arsene Wenger tersebut takluk dua gol tanpa balas. Untuk dapat lolos dari hadangan Barca, Arsenal harus melesakan minimal tiga gol di Camp Nou, yang sulit dilakukan oleh klub manapun di seluruh dunia saat ini.

Namun ada satu hal yang menarik pada pertandingan kali ini, yakni kontribusi pemain berkebangsaan Inggris. Seperti yang diketahui bahwa Arsenal memiliki sedikit pemain dari negeri Ratu Elizabeth tersebut. Semenjak melatih Arsenal, Wenger lebih gemar membawa penggawa asing dalam skuat The Gunners, khususnya pemain asal Prancis yang notabene merupakan negara asal pelatih berusia 66 tahun tersebut.

Patut diketahui, pada pertemuan sebelumnya hanya ada satu pemain Inggris yakni Alex Oxlade-Chamberlain di lapangan Emirates Stadium. Tapi kali ini pemain yang dibeli dari Southampton tersebut harus ditepikan, setelah menderita cedera lutut saat berhadapan dengan Blaugrana di leg pertama lalu dan didiagnosis akan absen selama delapan pekan dari pertandingan malam itu.

Pada laga yang akan digelar nanti, kans pemain asal Inggris yang akan menjadi starting line-up akan semakin menipis, atau bisa jadi Wenger tak akan menurunkan satu pun anggota skuatnya yang berasal dari Inggris. Wenger akan cenderung memasang duo Spanyol, Nacho Monreal dan Héctor Bellerín, ketimbang bek sayap asal Saint George's Cross, Calum Chambers dan Kieran Gibbs.

Sementara Theo Walcott akan lebih baik jika dimasukan di babak kedua, bukan sebagai starter seperti yang bisa Wenger lakukan. Satu-satunya pemain Inggris yang paling berpeluang untuk mendapat tempat di starting eleven adalah Danny Welbeck. Pemain yang pernah berseragam Sunderland tersebut berhasil menyarangkan satu gol saat Arsenal dipermalukan di depan publik sendiri oleh Watford di ajang Piala FA pada hari Minggu.

Akan tetapi di satu sisi pada laga itu Wenger juga menjadikan Welbeck sebagai kambing hitam setelah ia melewatkan kesempatan emas di penghujung laga saat tendangannya melenceng, padahal ia sudah mendapatkan umpan matang dari Gibbs dan penjaga gawang Watford, Costel Pantilimon, sudah out of position. Bahkan Wenger sempat berkomentar bahwa ia tak bisa memahami aksi Welbeck tersebut.

Kasus tersebut memperkecil peluang pemain berkebangsaan Inggris untuk menjadi starting lineup di Camp Nou, mengingat prestasi yang buruk klub Inggris di ajang Liga Champions yang hanya bisa meloloskan satu wakilnya di babak perempatfinal. Haruskah Englishman juga mengalami prestasi yang sama di kompetisi tertinggi di Eropa tersebut, ketika klub asli Inggris pun tak memakai jasa mereka.

Foto : Footballpools

Komentar