Kuncinya adalah Kepercayaan Diri dan Mentalitas Eropa, Juve!

Berita

by redaksi

Kuncinya adalah Kepercayaan Diri dan Mentalitas Eropa, Juve!

Juventus akan melakoni leg kedua babak 16 besar Liga Champions Eropa pada Kamis (17/3) dini hari WIB menghadapi Bayern Muenchen. Sebelumnya, dalam pertandingan leg pertama di Juventus Arena, Turin, skor berakhir dengan kedudukan 2-2, setelah gol Thomas Mueller dan Arjen Robben mampu dibalas oleh Paulo Dybala dan Stefano Sturaro.

Namun, dalam pertandingan nanti malam, Juve tidak akan diperkuat dua pemain andalannya, Paulo Dybala dan Claudio Marchisio, karena keduanya cedera saat latihan. Dybala mengalami cedera otot minor, sedangkan Marchisio mengalami robek otot betis dan harus menepi selama 20 hari. Cederanya dua pemain penting ini setidaknya membuat optimisme Juventus sedikit menurun dalam menghadapi laga nanti malam.

Namun, apakah peluang Juve untuk lolos ke babak berikutnya sirna begitu saja? Sebenarnya jawabannya hanya ada dalam diri para pemain Juve sendiri; apakah mereka bisa lolos ke babak selanjutnya? Apalagi lawan yang akan Juve hadapi nanti malam merupakan lawan dengan tradisi kuat di kompetisi Eropa. Pastinya Muenchen memiliki apa yang disebut sebagai "mentalitas Eropa", sesuatu yang sempat hilang dari diri Juve setelah mereka sempat satu musim turun ke Serie B dan baru kembali ke Liga Champions Eropa pada musim 2008/2009.

Tapi, mentalitas Juve sebagai tim besar Eropa pun sudah kembali. Raihan final Liga Champions Eropa musim 2014/2015 adalah sebuah bukti konkrit yang menunjukkan bahwa mentalitas Eropa-nya Juventus telah kembali. Belum lagi, musim lalu, di semifinal Juventus mengalahkan salah satu tim besar Spanyol yang juga memiliki mentalitas Eropa, Real Madrid.

Saat itu, Marchisio dkk., bermain dengan luar biasa. Juve bermain dengan determinasi tinggi dan juga bermain dengan seimbang sebagai sebuah satu kesatuan. Mereka bertahan dengan sangat brilian, dan menyerang dengan efektif. Jika sudah bermain seperti ini, Juve akan menjadi tim yang tidak terkalahkan. Ini juga yang mereka tunjukkan saat melawan Barcelona di final. Sayangnya, saat itu, trio MSN begitu jaya sehingga Juve harus kalah.

Jika Juve ingin meraih kemenangan nanti malam, semangat dan mentalitas Eropa inilah yang harus tetap dijaga. Juga, ditambah dengan rasa kepercayaan diri bahwa mereka juga adalah tim besar yang mampu mengalahkan tim besar lainnya. Meski tanpa dua pemain pilar, jika kepercayaan diri sudah dibentuk, maka Juve mampu untuk meraih kemenangan nanti malam.

(sf)

Sumber: ESPN FC

foto: juventus.com

ed: fva

Komentar