Koeman Puji Kontribusi Virgil van Dijk

Berita

by redaksi

Koeman Puji Kontribusi Virgil van Dijk

Penampilan lini belakang Southampton sedang dalam performa apik. Hingga kini mereka hanya kebobolan 30 gol dari 30 laga yang dimainkan dengan rataan kemasukan satu gol per pertandingan. Catatan tersebut membuat Soton memiliki lini belakang terbaik ketiga di liga bersama Arsenal dan Watford. Sementara itu, kesebelasan yang paling sedikit kebobolan adalah Tottenham Hotspur serta Mancheser United di posisi kedua.

Selain penampilan gemilang Fraser Forster di bawah mistar gawang, performa duo Jose Fonte serta Virgil van Dijk di lini belakang menjadi faktor penting bagi jantung pertahanan Soton. Nama terakhir menjadi sorotan setelah berhasil menunjukan aksi impresif di musim perdananya. Van Dijk direkrut dari Glasgow Celtic pada 1 September 2015 seharga 13 juta poundsterling. Ia melakukan laga debutnya pada pertandingan melawan West Bromwich Albion. Van Dijk sukses mencetak gol perdana pada pertandingan ketiganya saat Soton menaklukkan Swansea di kandang.

Panampilannya tersebut mendapat pujian dari sang arsitek The Saint, Ronald Koeman. Ia mengatakan bahwa kontribusi yang diberikan Van Dijk telah membuat Soton kini bisa bersaing untuk mendapatkan tiket ke kompetisi Eropa. “Dia kuat dan cepat serta memiliki peran penting dalam membangun serangan,” ujar Koeman kepada Skysport.

Dijk tak hanya kuat dalam bertahan, namun ia juga termasuk tipikal bek yang ofensif. Tercatat pemain berusia 24 tahun tersebut telah berhasil melesakkan tiga gol pada musim ini. Ia memiliki akurasi umpan yang baik serta kordinasi apik di lini belakang bersama Jose Fonte dan Ryan Bertrand.

Koeman menambahkan, “Dia juga memiliki kemampuan heading, tendangan yang baik serta merupakan eksekutor tendangan yang jitu. Ia merupakan bek tengah yang sangat baik.”

Tak heran bila pelatih yang dulunya pernah bermain untuk Barcelona tersebut memuji penampilan Van Dijk. Selain mempunyai atribut komplet sebagai bek tengah dan mempunyai insting menyerang, pemain kelahiran Breda tersebut memiliki postur yang ideal yakni dengan 193 cm. Sejauh ini ia telah sukses melakukan 38 tekel, 72 intercept dan 216 clearances.

Soton kini berada di peringkat ketujuh dan hanya terpaut tiga poin dengan Manchester United yang berada di posisi keenam yang merupakan batas zona Eropa. Dengan kontribusi yang diberikan Van Dijk tentu akan membawa harapan besar bagi Southampton untuk meraih tiket ke Eropa musim depan.

Foto : Sportnieuws

Komentar