PSG adalah Era Modern Dominasi Absolut Raja Louis XIV

Cerita

by redaksi

PSG adalah Era Modern Dominasi Absolut Raja Louis XIV

Louis XIV merupakan seorang Raja yang memerintah Prancis semenjak 1643 hingga kematiannya pada tahun 1715. Ia mrupakan seorang raja dengan pemerintahan absolut dan memiliki julukan (Louis le Grand) Louis Agung serta (le Roi-Soleil) Raja Matahari.

Julukan yang sangat berlebihan bagi seorang manusia pada umumnya, namun bagi seorang raja dengan kepemimpinan absolut sepertinya julukan tersebut memang pantas disandangnya. Selain itu ia telah memerintah Prancis selama 72 tahun yang merupakan masa pemerintahan terlama dalam sejarah Prancis. Dan ia merupakan raja Prancis paling kuat dengan pemerintahan monarki absolut yang bertahan hingga revolusi Perancis terjadi. Selama masa kekuasaanya tersebut ia adalah pemimpin dalam sentralisasi pertumbuhan kekuasaan.

Kekuasaan serupa kini juga terjadi di tanah Perancis, bukan rezim monarki absolut tentunya namun khususnya adalah dominasi absolut Ligue 1, kompetisi liga tertinggi di Perancis. Paris Saint Germain adalah klub yang mewarisi ke-absolutan dari Raja Louis XIV.

PSG telah sukses mengunci gelar juara Ligue 1 pada Minggu kemarin (13/03) saat pasukan Laurent Blanc tersebut berhasil membantai sembilan gol tanpa balas saat bertandang ke Stade de l'Aube, markas AC Troyes. Kemenangan besar tersebut tak hanya membuktikan dominasi mereka atas klub penghuni dasar klasemen Ligue 1 tersebut, akan tetapi juga pembuktian bahwa mereka memegang kekuasaan absolut atas seluruh tim di Liga Perancis tersebut.

Raihan tiga poin tersebut membuat PSG kini meraih 77 poin dari 30 laga, jumlah yang sudah tak mungkin lagi dikejar oleh saingan terdekat mereka AS Monaco yang baru mengumpulkan 52 angka. Yang berarti PSG telah sukses menjuarai Ligue 1 walaupun masih menyisakan delapan pertandingan lagi. Sebuah prestasi yang membanggakan setelah raihan tersebut berhasil menungguli Lyon yang pernah mengunci gelar juara setelah menyisakan lima pertandingan

PSG menjelma menjadi klub adidaya di negeri Prancis setelah diinvasi oleh Qatar Sports Investments pada tahun 2011 sehingga membuat PSG menjadi klub terkaya di Perancis dan masuk dalam salah satu daftar klub dengan modal tertinggi di dunia. Dengan dana yang dimilikinya, PSG mengisi skuadnya dengan pemain-pemain bintang yang membuat mereka mendominasi Ligue 1.

Dengan gelar yang baru diraihnya musim ini, total PSG telah menyabet Empat kali berturut-turut gelar Ligue 1. Total mereka berhasil mengoleksi enam gelar juara, terhitung sedikit jika dibandingkan dengan Saint-Étienne yang berhasil meraih 10 titel bergengsi tersebut. Akan tetapi melihat dominasi PSG di empat musim ke belakang bukan tak mungkin mereka akan menyalip rekor klub berjuluk Les Verts tersebut.

Selain itu tim yang bermarkas di Parc des Princes telah berhasil meraih Coupe de France sekali, Coupe de Liga dua kali serta Trophée des Champions sebanyak tiga kali. Sebuah rekor yang fantastis untuk raihan yang didapat sebuah tim selama empat musim.

Nama-nama besar seperti Zlatan Ibrahimovi?, Thiago Silva, Ángel di Maria, Edinson Cavani , Marco Verratti, Javier Pastore dan David Luiz merupakan rentetan nama yang berhasil membawa PSG meraih beberapa gelar dari musim 2012/2013 hingga sekarang. Ibra yang menjadi ujung tombak andalan PSG kini menjadi topskor sementara setelah sukses mencetak 27 gol dari 24 laga yang dilakoninya.

Jumlah gelar yang didapat selama empat musim terakhir membuktikan betapa kuatnya dominasi PSG di negeri Prancis. Apa yang dialami PSG mungkin akan seperti raja Louis XIV yang mempunyai kekuasaan absolut di rezimnya, dan baru berakhir setelah 72 tahun kemudian, setelah ia meninggal.

Dengan situasi seperti sekarang ini, mungkin hanya milyuner lain yang bisa menandingi monopoli PSG di Ligue 1. Karena PSG memang tak lepas dari sokongan dana tak terbatas yang terus digelontorkan oleh presiden mereka untuk memboyong para pemain terbaik di dunia. Pertanyaannya, kapankah waktu itu akan tiba?

Foto : francetvsport.fr

Komentar