De Gea dan Martial Perpanjang Nafas Van Gaal

Analisis

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

De Gea dan Martial Perpanjang Nafas Van Gaal

Manchester United dan West Ham harus menjalani partai ulangan karena bermain imbang 1-1 pada perempat final Piala FA. Aturan kompetisi ini memang mewajibkan pesertanya untuk tanding ulang jika laga berakhir imbang. Baru kemudian dilanjutkan dengan babak tambahan juga adu penalti, jika pada laga kedua masih belum ada pemenang.

Kedua kesebelasan terlihat susah payah untuk mencetak gol, hingga babak pertama usai tidak ada gol tercipta di laga yang berlangsung di Old Trafford tersebut.

Baru pada menit ke-68 Dimitri Payet mampu membuka keunggulan tim tamu. Tendangan bebasnya gagal dijangkau oleh David De Gea. Pada kondisi tertinggal, Man United terus melancarkan serangan hingga akhirnya mampu menyamakan kedudukan.

Berawal dari pergerakan Ander Herrera dari sisi kiri pertahanan West Ham, umpan silangnya mampu dikonversi dengan baik oleh Anthony Martial. Sepakan kaki kirinya dari jarak dekat gagal dijangkau oleh kiper Darren Randolph.

Pertandingan berlangsung sangat ketat, Man United bermain dengan mengandalkan penguasaan bola, sementara West Ham menggunakan serangan balik. Setan Merah menguasai hampir 60% pertandingan pada laga kali ini. Martial dkk juga unggul dalam hal menciptakan peluang dengan 18 berbanding 12 tembakan.

Slaven Bilic, manajer West Ham, mampu menciptakan sistem pertahan yang baik. Sehingga meski lawan mendapat penguasaan bola lebih, timnya masih belum kebobolan hingga jelang akhir pertandingan. Kondisi ini didukung oleh gaya menyerang United yang masih monoton.

Lini belakang West Ham yang dikomandoi Ogbonna tampil disiplin dengan tidak memberi kesempatan lawan menciptakan peluang. Mereka juga tak terlalu bekerja keras karena minimnya pergerakan United di sepertiga akhir. Sehingga para penyerang, termasuk Rashford, lebih sering menerima bola sembari membelakangi gawang.

Sedangkan serangan balik West Ham bukannya tanpa hasil, sepanjang pertandingan barisan pertahanan United dibuat kerepotan dengan hal ini. Beruntung mereka mempunyai kiper tangguh, David De Gea, yang berhasil mementahkan beberapa peluang bersih.

Sementara itu dari kubu West Ham, Slaven Bilic mengaku percaya diri menghadapi partai ulangan nanti. Ia mengaku bahwa agak tertekan ketika bermain di Old Trafford, namun tidak di Boleyn Ground nanti.

"Di sini, sangat sulit bermain dengan 75.000 suporter dan atmosfer ini. Laga replay akan jadi pertandingan sulit, tapi saya menjagokan kami (untuk menang) karena kami akan jauh lebih percaya diri," ungkapnya.

Hasil ini sedikit memperpanjang nafas Louis Van Gaal yang posisinya terus mendapat sorotan. Kekalahan 2-0 dari Liverpool pada leg pertama Liga Europa membuat peluang Setan Merah menipis di Eropa. Belum lagi permainan mereka di liga yang masih juga belum stabil.


Manchester United (4-1-4-1)
De Gea; Varela, Smalling, Blind, Rojo; Carrick; Lingard, Ander Herrera, Fellaini (Schweinsteiger 76), Martial; Rashford (Depay 76)

West Ham (4-3-3)
Randolph; Antonio, Reid (Obiang 62), Ogbonna, Cresswell; Noble, Kouyate, Lanzini; Emenike (Sakho 64), Carroll (Valencia 82), Payet

Komentar