Wenger: "Tuhan Tak Membuat Kita Sempurna"

Berita

by redaksi

Wenger:

Arsenal akan menjamu Watford pada pertandingan putaran keenam Piala FA di Stadion Emirates Minggu (13/3). Pemenang dalam pertandingan ini nantinya akan bergabung dengan Crystal Palace dan Everton yang sudah lebih dulu memastikan tiket babak semifinal.

Sebelumnya Crystal Palace menyudahi perlawanan Reading 0-2 di Stadion Madejski. Everton pun telah memastikan langkah mereka ke babak semifinal karena berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 2-0.

Satu pertandingan lainnya dalam putaran keenam ini adalah ketika Man United akan menantang West Ham United di Old Trafford. Arsenal tentunya ingin terus menjaga kiprahnya di Piala FA tetap terjaga dengan memenangkan pertandingan melawan Watford.

Bila Arsenal kembali menjuarai Piala FA, itu berarti bahwa skuat asuhan Arsene Wenger tersebut berhasil menjadi juara selama tiga kali berturut. Sebelumnya, The Gunners mampu menjadi juara pada musim 2013-2014 dengan mengalahkan Hull City 3-2 dan pada musim 2014-2015 dengan mengalahkan Aston Villa 4-0.

Dengan melihat lawan-lawan yang tersisa, Arsenal memang layak diunggulkan untuk meraih trofi di Piala FA. Tak seperti di Liga Primer, Arsenal masih kesulitan untuk menembus peringkat lebih baik karena tertahan di peringkat ketiga dengan 52 poin. Angka tersebut berselisih delapan poin dengan Leicester City sebagai pemuncak klasemen Liga Primer.

Selain itu juga langkah Arsenal di Liga Champions sama-sama dalam posisi yang sulit untuk meraih gelar juara. Tim asal London tersebut sebelumnya kalah dari Barcelona pada leg pertama dengan skor 2-0. Dengan leg kedua yang akan digelar di Nou Camp nanti, Arsenal tentunya akan mendapatkan ujian yang lebih sulit.

baca juga: Jelang menghadapi Arsenal, Barcelona mengistirahatkan sejumlah pemain intinya, namun mereka tetap mampu menang telak saat menghadapi Getafe dengan enam gol tanpa balas

Atas alasan tersebut menjadikan Piala FA menjadi satu-satunya gelar paling realistis yang bisa dimenangkan oleh tim yang diasuh oleh Arsene Wenger tersebut. Bila tim London tersebut kembali menjadi juara, Arsenal akan menjadi tim kedua setelah Blackburn Rovers yang mampu menjuarai Piala FA tiga kali berturut. Rovers sendiri menuai catatan manis pada tahun 1884 hingga 1886.

Meskipun begitu, Arsene Wenger mengetahui bahwa kemenangan dalam Piala FA tak cukup untuk menyenangkan para pendukung Arsenal. Kenyataan bahwa dalam 12 tahun Arsenal tidak pernah menjuarai Liga Inggris menjadi salah satu bentuk kekecewaan pendukung Arsenal terhadap manajer asal Prancis tersebut.

“Lihat, ini tidak pernah cukup. Selama Anda tidak memenangkan apapun, ini tidak akan pernah cukup. Ketika kami tidak memenangi apapun, mereka akan mengatakan bahkan Anda tidak memenangkan Piala FA. Orang-orang selalu menginginkan lebih, di mana hal tersebut normal dan itu adalah yang kami inginkan juga. Jika Anda melihat sejarah Arsenal, kami adalah klub yang telah memenangkan (Piala FA) lebih dari orang lain,” ungkap manajer 66 tahun tersebut seperti dikutip dari Sky Sport.

Memang Arsenal merupakan tim dengan raihan gelar terbanyak Piala FA yaitu sebanyak 12 gelar. Bahkan setengah dari raihan tersebut ketika Arsene Wenger menjabat sebagai manajer Arsenal. Namun hal tersebut tetap tidak membuat para pendukung Arsenal puas akan capaian tim yang didukungnya tersebut.

Pendukung Arsenal mulai menunjukan sikap untuk meminta Wenger turun dari posisinya setelah rentetan hasil negatif yang diterima Arsenal pada beberapa pertandingan terakhir. Hal itu sudah terlihat ketika Arsenal bermain imbang 2-2 dengan rivalnya Spurs pada Liga Inggris pekan lalu.

Namun, Wenger masih memiliki keyakinan bahwa ia dapat melakukan sesuatu untuk mengubah perilaku para pendukung Arsenal terhadap dirinya. “Tuhan tak membuat kita sempurna, jadi kita harus hidup dengan itu. Bahkan di Surga, Adam pun tidak senang, kami ada di Bumi sehingga saya bisa mengerti bahwa orang-orang sangat menuntut,” tambah mantan manajer AS Monaco tersebut.

Ia mengakui bahwa ia bukan Tuhan yang mampu mengubah nasib Arsenal lebih baik. Wenger mengatakan bahwa dibutuhkan usaha terus-menerus sehingga mampu membuat Arsenal menjadi lebih baik dalam menjalani sisa musim ini.

“Tapi apa yang bisa saya lakukan? Ini adalah persepsi orang lain dan cenderung sebuah penghakiman. Apakah itu benar atau salah? Saya tidak tahu. Tapi saya tahu saya bisa memastikan satu hal bahwa saya benar-benar berkomitmen untuk melakukan sesuatu dan tentunya saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat tim ini menjadi lebih baik. Setelah itu bukan bagian saya untuk menilai,” pungkas Wenger seperti dikutip dari ESPN.

Wenger memang harus membuktikan bahwa kualitas dan ucapannya tersebut. Jika Piala FA pun sampai luput dalam genggamannya pada musim ini, bisa saja benar bahwa Wenger harus pergi di akhir musim ini.

sumber : SkySport, ESPN

Komentar