Ketika Mantan Pemain NFL Beralih Menjadi Pemain Sepakbola

Cerita

by redaksi

Ketika Mantan Pemain NFL Beralih Menjadi Pemain Sepakbola

Sepakbola memang bukanlah olahraga utama di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Sepakbola kalah pamor dengan basket, bisbol, atau pun American Football. Namun tentunya sepakbola tidak pernah kehilangan penggemar di belahan dunia manapun.

Bahkan salah satu mantan pemain NFL (Liga Profesional American Football) kini mencoba untuk menjadi seorang pesepakbola. Pemain yang dimaksud ialah Chad Ochocinco. Namun ketika aktif bermain di NFL baik di Cincinnati Bengals, New England Patriots, Miami Dolphins dan juga Montreal Alouettes, pemain ini lebih akrab dipanggil Chad Johnson.

Setelah pensiun dari NFL, kini Ochocinco bersiap untuk mengambil bagian dalam gelaran Major League Soccer, kompetisi sepakbola tertinggi di Amerika Serikat. Pemain berusia 38 tahun tersebut saat ini sedang menjalani trial di Sporting Kansas City.

Ochocinco mengaku bahwa Sporting Kansas City merupakan tim favoritnya di MLS dan ia menginginkan mendapatkan kesempatan untuk bermain di laga kompetitif bersama Sporting Kansas City. “Sporting KC seperti obat bius. Seperti Anda ketahui jika saya bisa sedang menjalani trial dan kesempatan bersama Sporting KC, saya akan bermain bersama tim,” ungkapnya seperti dilansir dari MLS Soccer.

“Sentuhan dan kemampuan saya telah kembali. Saya tidak bermain sepakbola dalam lima tahun terakhir, dan saya saat ini sudah dapat bermain kembali dan kembali ke lapangan setelah lima tahun tahun,” tambah pemain yang telah bermain di Pro Bowl (pertandingan All-star NFL) sebanyak enam kali.

Memang lima tahun lalu, tepatnya pada Maret 2011 Ochocinco sempat mencicipi trial bersama Sporting KC. Pada saat itu ia bertemu dengan pelatih Peter Vermes dan mendapatkan kesempatan bertanding melawan Kansas City Brass, salah satu tim lokal di Kansas.

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan untuk saya untuk berada di lapangan (sepakbola), dengan bersama banyak pemain atlet terbaik di di liga teratas mereka, saya sangat menikmatinya,” ungkapnya pada saat itu seperti dikutip dari ESPN.

Selama berkarier di NFL, posisi yang sering ditempati oleh Ochocinco merupakan Wide Receiver. Posisi ini bertugas untuk menangkap pass yang diberikan oleh Quarter Back – ­playmaker American Football – baik pass pendek maupun pass panjang.

Seorang WR biasanya memiliki postur yang tinggi dan juga tentu kemampuan membaca arah bola dan luas lapangan. Hal ini juga diterapkan oleh Ochocinco ketika bermain sepakbola bersama Sporting KC. Ia sering menempati posisi sebelah kanan penyerangan.

Kemampuannya untuk bergerak menyisir lapangan dan berlari mengejar bola tentunya sudah sering dilakukan oleh Ochocinco ketika bermain American Football. Mungkin yang perlu dilatih oleh Ochocinco adalah bagaimana cara menendang bola dengan baik karena sering kali terlihat kaku dalam menggiring bola dan menendang bola.

Bisa jadi setelah pensiun dari NFL dengan passion seperti, mungkin posisi sayap kanan Sporting KC dapat diisi oleh Ochocinco, namun dengan usia yang sudah uzur untuk seorang pesepakbola (38 tahun) mungkin ia akan terus menjalani trial dan semakin sadar bahwa sepakbola benar-benar merupakan sebuah candu dunia.

sumber : ESPN, MLS Soccer

ed: fva

Komentar