Cédric Bakambu, Penyelamat Villareal yang Memilih Kongo Ketimbang Prancis

Berita

by redaksi

Cédric Bakambu, Penyelamat Villareal yang Memilih Kongo Ketimbang Prancis

Villareal berhasil unggul 2-0 atas Bayer Leverkusen pada babak 16 besar Europa League pada Jumat (11/3) dini hari tadi. Pada laga yang berlangsung di Estadio El Madrigal tersebut dua gol kemenangan Villareal dicetak oleh Cédric Bakambu.

Pemain berusia 24 tahun tersebut sukses mencuri perhatian setelah berhasil memborong dua gol yang membawa kemenangan bagi The Yellow Submarine. Gol pertama diciptakannya saat pertandingan baru berlangsung lima menit, setelah pemain bernomor punggung 17 tersebut sukses mengonversi umpan matang Roberto Soldado menjadi gol. Tendangannya meluncur deras di sisi kanan dan tak mampu diantisipasi kiper Leverkusen, Bernd Leno.

Sementara itu gol kedua dicetak lewat serangan balik cepat yang berhasil diterapkan Villareal. Bakambu berhasil melakukan solo run dari tengah lapangan, setelah mendapatkan bola liar hasil kesalahan Julian Brandt. Sendirian, ia melaju ke pertahanan Leverkusen, dengan cermat pemain tersebut mengarahkan bola ke sela-sela kaki Leno sehingga membuat kiper tersebut memungut bola untuk kedua kalinya.

Kedua gol tersebut tentu sangat membantu Villareal dalam memuluskan langkah ke babak selanjutnya. Pasalnya raihan dua gol kandang cukup untuk bekal saat bertandang ke Bay Arena, markas Leverkusen.

Nama Bakambu memang sedang mencuat, ia menjadi penyumbang gol terbanyak bagi Villareal di liga dosmestik dengan jumlah delapan gol. Ia mengawali kariernya di tanah kelahirannya di Perancis, dengan membela Sochaux. Empat musim di sana, ia lalu hijrah ke Turki untuk membela Bursaspor. Penampilan apiknya bersama tim berjuluk Green Crocodiles tersebut membuat Villareal tertarik untuk merekrutnya. Tepatnya pada 19 Agustus tahun lalu ia mulai berseragam kuning warna kebesaran Villareal.

Pelatih Marcelino langsung memberikan kepercayaan kepadanya, terbukti dengan 25 kali ia dimainkan di La Liga. Kecepatan yang dimilikinya merupakan nilai plus bagi pemain tersebut. Bakambu lahir Perancis dan sempat membela Perancis di level U-18, U-19, dan U-20, serta sukses memboyong titel Piala Eropa U-19 di tahun 2010.

Namun kini ia lebih memilih untuk membela Republik Demokratik Kongo. Bakambu sedang berusaha membawa negaranya untuk lolos ke Piala Afrika 2017 yang akan diselenggarakan di Gabon. Negaranya berada di grup B bersama Angola, Republik Afrika tengah serta Madagaskar. Sementara itu RD Kongo berada di posisi ketiga dengan raihan 3 poin dari dua laga. Tentu untuk mendapatkan tiket langsung ke Gabon mereka harus meraih posisi puncak, dan penampilan Bakumbu yang sedang menanjak akan sangat mempengaruhi performa negaranya.

Foto : espnfc.com

ed: fva

Komentar