Pangeran Roma (Selanjutnya) itu Bernama Alessandro Florenzi

Cerita

by redaksi

Pangeran Roma (Selanjutnya) itu Bernama Alessandro Florenzi

Memang AS Roma harus mengakui keunggulan Real Madrid pada Liga Champions 2015-2016. Dalam dua leg pertandingan, Roma harus menuai hasil yang sama, yaitu kalah 2-0 baik di Olimipico maupun di Santiago Bernabeu. Namun, ada satu pemain yang patut menjadi perhatian.

Dalam kedua pertandingan tersebut, Alessandro Florenzi selalu dipercaya sebagai kapten AS Roma. Pemain berusia 24 tahun ini memang merupakan kapten ketiga setelah Fransesco Totti dan Danielle De Rossi.

Kedua pemain yang disebutkan sebelumnya tentu lekat dengan AS Roma. Keduanya juga merupakan pemain asli kota Roma. Wajar jika keduanya merupakan idola bagi para Ultras Roma. Totti dan De Rossi juga merupakan pemain yangt sangat dekat dengan para suporternya.

Salah satu kedekatan tersebut ditunjukkan ketika keduanya pernah menyambangi Curva Sud untuk meredakan amukan para suporter AS Roma. Pada saat itu, amukan tersebut terjadi sebagai akibat performa AS Roma yang tak kunjung membaik.

Tentunya Totti, pemain yang diagung-agunkan oleh para supporter Roma kini sudah tidak muda lagi. Bahkan di bawah asuhan Luciano Spalletii, Totti sempat dipulangkan dari tim karena komentarnya terhadap waktu bermain yang sedikit di bawah asuhan Spalleti.

Pun juga dengan De Rossi. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini kini sering berkutat dengan cedera ini juga sudah jarang dimainkan oleh Spalleti. Posisinya tersebut kini sering ditempati oleh Radja Nainggolan, William Vainqueur, atau Seydou Keita.

Saat ini hanya tersisa Alessandro Florenzi sebagai satu-satunya pemain yang lahir dan besar di Roma. Pantaslah ketika Ia mendapat kehormatan sebagai kapten AS Roma pada saat ini. Kehormatan tersebut juga berimbas kepada waktu bermain yang selalu dipercayakan kepada dirinya.

Saat ini Florenzi akrab dengan posisi full-back kanan pertahanan AS Roma. Padahal pada awal kariernya, Florenzi adalah pemain yang akrab dengan lini serang. Posisi awalnya adalah seorang attacking midfielder. Selain itu juga Ia sering dimainkan sebagai winger baik di flank kiri maupun kanan.

“Saya seorang full-back dan saya merasa seperti satu dengan posisi itu sejak Garcia memainkan saya dalam peran tersebut. Saya langsung menyukainya, Anda memiliki peluang maju yang biasanya Anda tidak akan mendapatkannya,” akunya.

Ia kini memang menjelma sebagai salah satu bek kanan terbaik. Tentunya kita tidak lupa satu golnya ke gawang Barcelona pada Liga Champions. Pada pertandingan yang digelar September 2015 tersebut, Florenzi melepaskan tendangan dari jarak 55 meter dan kemudian meluncur mulus ke gawang yang di jaga oleh Ter Stegen. Gol tersebut juga menjadi salah satu nominasi gol terbaik pada Puskas Award 2015.

Gemilang bersama Roma membuat Florenzi kerap dipanggil oleh kesebelasan negara Italia. Debutnya untuk Italia terjadi pada 14 November 2012. Pada saat itu Florenzi masuk pada babak kedua untuk menggantikan Ricardo Montolivo pada menit ke-50. Namun saying debutnya tersebut harus berakhir pahit karena Italia harus kalah 1-2 pada pertandingan tersebut.

Sejak debutnya tersebut, Florenzi kini telah mencatatkan 13 caps bersama Timnas Italia dan telah mencetak dua gol untuk Gli Azzuri.

Performa yang ditunjukan oleh Florenzi membuat tim yang dibobolnya pada September tahun lalu kepincut untuk mendapatkan jasanya. Barcelona bersedia untuk mendatangkan Florenzi ke Nou Camp sebagai penambah kekuatan di lini belakang Barcelona.

Saat ini Barcelona memiliki Dani Alves, namun memasuki usia 32 tahun tentunya menjadi pertimbangan bagi Barcelona untuk mendatangkan bek yang lebih muda lagi. Apalagi kemampuan Florenzi yang tidak hanya mahir bermain sebagai bek kanan namun juga dapat bermain sebagai seorang gelandang.

Saat ini Florenzi masih terikat kontrak bersama Roma hingga 2019. Dengan durasi kontrak yang masih panjang tentunya akan menjadi waktu yang tepat bagi Florenzi untuk menunjukan bahwa dirinyalah Pangeran Roma selanjutnya setelah menuanya usia Fransesco Totti dan Danielle De Rossi.

Namun, bila benar-benar Barcelona menginginkan jasa pemain 24 tahun tersebut, harga sekitar 14 Juta poundsterling tentunya bukan masalah besar untuk mendaratkan Pangeran (muda) Roma tersebut ke Nou Camp.

Sumber: WhoScored, Transfer Markt, ESPNFC

[dex]

Komentar