Pertarungan Dua Matador di "Liga Malam Jumat"

Berita

by redaksi

Pertarungan Dua Matador di

Lupakan sejenak tentang derby Inggris antara Liverpool dan Manchester United di kancah Europa League yang akan dihelat malam nanti. Pasalnya, derby Spanyol di Europa League pun tak kalah seru. Athletic Bilbao akan menjamu Valencia di stadion San Mamés dalam laga lanjutan babak 16 besar Europa League Jumat (11/3) dini hari QIB.

Pertemuan kedua tim asal Spanyol tersebut “terpaksa” dilakukan, pasalnya negeri matador berhasil meloloskan empat wakilnya di babak perdelapan final ini, atau mereka mengisi seperempat dari total kontestan Europa League. Selain Bilbao dan Valencia, La Liga juga masih menyumbangkan Sevilla serta Villareal.

Kompetisi ini memang jauh dari hingar bingar Liga Champions, yang merupakan ajang langganan Barcelona serta Real Madrid. Namun bukan berarti derby Spanyol di Europa League tak menarik perhatian. Kedua tim layak menjadi sorotan setelah berhasil mengharumkan nama Spanyol hingga fase 16 besar..

Di liga, Bilbao berada di peringkat keenam dengan raihan 44 poin dan sedang  berusaha menembus zona Liga Champions yang secara realistis hanya tersisa satu slot, setelah tiga slot yang tersisa hampir pasti menjadi milik duo El Clasico serta Atletico Madrid. Dari segi performa, tim besutan Ernesto Valverde tesebut berhasil menyapu bersih dengan meraih poin penuh di tiga pertandingan terakhirnya di ajang La Liga.

Sementara itu, Valencia kini terdampar di papan tengah dan baru meraih 34 angka. Namun pada babak 32 besar lalu, tim kelelawar tersebut berhasil mencukur habis wakil dari Austria, Rapid Wina, dengan agregat 10-0. Hasil tersebut tentu meningkatkan rasa percaya diri anak asuhan Gary Neville untuk melakoni laga derby nanti.

Dari segi pemain, tim tuan rumah tidak bisa menurunkan Iñaki Williams yang masih dirundung cedera. Ditambah striker veteran Aritz Aduriz yang diragukan untuk tampil. Padahal kedua pemain itu adalah nyawa serangan dari tim asal Basque tersebut. Khususnya Aduritz, ia telah mencetak 17 gol dan merupakan penyumbang gol terbanyak bagi timnya.

Valencia juga harus kehilangan Denis Cheryshev yang cedera saat melawan Atletico Madrid pekan lalu.  Namun kembalinya Jose Gaya dari suspensi menjadi keuntungan bagi Valencia, pasalnya kehadiran pemain berusia 20 tahun tersebut semakin memperkuat sisi kiri pertahanan tim tamu.

Akan tetapi Bilbao lebih diunggulkan dalam track record pertemuan kedua tim. Dalam tujuh petemuan terakhinya bersama Valencia mereka tak pernah menelan kekalahan. Berbekal catatan manis tersebut bukan tak mungkin Bilbao berhasil mengatasi Valencia pada fase ini, dan memuluskan jalan mereka untuk mengulangi masa emas saat mencapai partai final di musim 2011/2012.

Foto : freesupertips.co.uk

ed: fva

Komentar