Kekalahan Man United Sengitkan Persaingan Zona Europa League

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Kekalahan Man United Sengitkan Persaingan Zona Europa League

Sempat meraih empat kemenangan beruntun di segala kompetisi, Manchester United kembali menelan kekalahan pada lanjutan Liga Primer pekan ke-29 yang digelar Minggu (6/3) malam WIB. Menghadapi West Bromwich Albion, skuat asuhan Louis van Gaal tersebut takluk dengan skor 1-0.

Man United harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-26 usai Juan Mata diusir wasit setelah menerima dua kartu kuning. Memang, kalah jumlah pemain tak mengurangi penguasaan bola Man United yang tetap unggul, namun hal tersebut membuat serangan United cukup mudah dihentikan WBA.

Uniknya, serangan Man United sering terhenti di kaki Darren Fletcher, pemain yang pernah berseragam Man United. Pemain berusia 32 tahun tersebut mencatatkan empat tekel berhasil dari enam percobaan serta dua intersep.

Sebaliknya, WBA kerap merepotkan pertahanan Man United melalui dua penyerang mereka, Saido Berahino dan Salomon Rondon serta Stephane Sessegnon dari sisi kanan. Dari sembilan upaya tembakan yang dilepaskan WBA pada laga ini, enam di antaranya dihasilkan oleh ketiga pemain tersebut.

Namun peluang demi peluang yang diciptakan WBA sering gagal menemui sasaran. Dari sembilan tembakan tersebut, hanya dua yang mengarah ke gawang. Namun jumlah tersebut lebih baik dari Man United yang hanya mencatatkan satu peluang on target dari total tujuh tembakan.

Marcus Rashford yang kembali diturunkan pada laga ini kurang mendapatkan suplai bola. Bermain selama 75 menit, ia hanya melepaskan satu tembakan. Minimnya distribusi bola padanya pun membuat ia hanya menyentuh bola sebanyak 17 kali. Padahal Rashford tampak begitu diandalkan Van Gaal di mana manajer asal Belanda tersebut rela membangku cadangkan Memphis Depay, baru dimasukkan pada menit ke-75.

Gol WBA sendiri tercipta pada menit ke-65 melalui kaki Salomon Rondon. Memanfaatkan umpan silang Sebastien Pocognoli dari sisi kiri, penyerang asal Venezuela tersebut menahan bola di mulut gawang sebelum menaklukkan David De Gea dengan sepakan kaki kirinya.

Sisi kanan pertahanan Man United yang sering dicecar oleh Berahino dan Pocognoli pun membuat Van Gaal menggantikan Matteo Darmian oleh pemain muda, Timothy Fosu-Mensah. Penampilan bek berusia 18 tahun tersebut cukup baik di mana ia melakukan tekel penting untuk menghindari Man United kebobolan kedua kalinya di penghujung pertandingan walau tetap tak mengubah keadaaan  skor 1-0.

Atas kekalahan ini, Man United tertahan di peringkat enam dengan 47 poin dan gagal merebut posisi kelima yang kini ditempati West Ham United. Sementara itu di bawahnya, Liverpool yang meraih kemenangan dramatis menguntit dengan torehan 44 poin. Liverpool sendiri masih memiliki ‘tabungan’ satu pertandingan yang artinya jika menang akan menyamai poin yang dimiliki Man United dan membuat persaingan zona Europa League akan semakin sengit.

foto: squawka.com

Komentar