Haruskah Wenger Pergi di Akhir Musim Nanti?

Berita

by redaksi

Haruskah Wenger Pergi di Akhir Musim Nanti?

Rentetan hasil buruk yang diterima Arsenal dalam beberapa pertandingan terakhir membuat kans Arsenal dalam menjuarai Liga Inggris semakin kecil. Kekalahan atas Manchester United dan Swansea City secara berturut-turut menjadikan Arsenal masih berada di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris pada saat ini.

Posisi The Gunners saat ini terpaut enam angka dari pemuncak klasemen sementara Leicester City. Arsenal juga masih berjarak tiga poin dengan Rival abadinya yaitu Spurs.

Arsenal sudah begitu lama puasa gelar Liga Inggris. Kesebelasan asal London tersebut terakhir menjuarai Liga Primer Inggris pada musim 2003/2004. Pada saat itu Arsenal mampu juara dengan catatan yang impresif dengan status ‘invincible’ yang berarti tidak terkalahkan selama semusim.

Setelah menjalani awal musim yang bagus (seperti biasa), konsistensi masih menjadi masalah besar yang menaungi Arsenal hingga saat ini. Bahkan dalam delapan pertandingan terakhir Arsenal di Liga Inggris, skuat asuhan Arsene Wenger hanya mampu menang memenangi dua pertandingan.

Dengan hasil tersebut dan semakin sulitnya Arsenal untuk mengejar titel Liga Inggris, membuat spekulasi atas karier Wenger di Arsenal sendiri menjadi sebuah teka-teki. Salah seorang mantan pesepakbola, Craig Burley, yang kini menjadi seorang pundit, menilai Wenger harus meninggalkan Arsenal bila musim ini kembali gagal membawa Arsenal meraih titel Liga Inggris.

“Klub ini harus mengambil langkah yang berbeda karena jika salah satu dari tim ini (Leicester dan Spurs) menjadi juara di liga, pasti Dewan Klub di Arsenal melihat para pemain dengan uang yang mereka habiskan untuk gaji mereka. Sejujurnya, jika mereka tidak memenangi liga pada tahun ini, dan karena tidak adanya perubahna yang terjadi di musim depan, Ia (Wenger) harus pergi,” ungkap Burley seperti dikutip dari Squawka.

Arsenal terus-menerus mengulangi musim yang sama dalam beberapa musim terakhir. Setelah periode ‘invincible’ 12 tahun silam, Arsenal terus berada di bayang-bayang posisi ketiga atau keempat klasemen.

Dan di dalam beberapa pertandingan terakhir, Arsenal kembali memiliki kendala di sektor lini pertahanan mereka. Walaupun di posisi penjaga gawang sudah diisi pemain sekaliber Petr Cech, dalam tiga pertandingan terakhir Arsenal sudah kebobolan enam gol di berbagai kompetisi.

Selain ittu lini serang juga mandek di berbagai ajang. Olivier Giroud, penyerang utama Arsenal sudah 10 pertandingan tidak pernah mencetak gol. Selain itu juga Alexis Sanchez bahkan belum mencetak gol kembali sejak November 2015.

Buruknya penyelesaian yang dilakukan Arsenal juga tergambar pada laga melawan Swansea. The Gunners hanya mampu melakukan akurasi tendangan ke gawang dengan persentase 36%. Angka tersebut di bawah angka rata-rata The Gunners yang mencapai 49% pada musim ini.

Arsene Wenger akan kembali diuji dalam tiga pertandingan selanjutnya. Arsenal akan berusaha untuk menipiskan jarak mereka di klasemen Liga Inggris ketika akan bertemu Spurs dalam North London Derby pekan ini.

Selanjutnya, Arsenal masih akan terus menjaga asa mereka di Piala FA ketika menjalani laga replay ketika melawan Hull City. Selanjutnya, laga krusial akan dijalankan Arsene Wenger dan anak asuhanya ketika berhadapan dengan Barcelona pada laga leg kedua Liga Champions.

Wenger memang merupakan salah satu manajer terbaik yang ada di Liga Inggris. Masa baktinya yang lama di Arsenal menjadi bukti bahwa Arsenal percaya terhadap pelatih asal Prancis tersebut. Konsistensinya dalam membawa Arsenal lolos kualifikasi Liga Champions memang cukup mengesankan.

Namun dengan catatan 12 tahun tanpa gelar Liga Inggris, tentunya harus menjadi sebuah pertimbangan manajemen Arsenal untuk menyingkirkan Arsene Wenger di akhir musim nanti.

sumber : squawka, standard

<fva>

Komentar