Timothy Fosu-Mensah Anggota Baru "Class of Van Gaal"

Berita

by redaksi

Timothy Fosu-Mensah Anggota Baru

Agaknya, nama Louis van Gaal akan terpatri dalam ingatan penggemar Manchester United sebagai pelatih yang hobi mengorbitkan pemain muda. Setelah mengangkat nama-nama seperti Jesse Lingard, Cameron Borthwick-Jackson, dan yang terakhir Marcus Rashford. Kali ini ia "mempermanenkan" Timothy Fosu-Mensah di tim utama.

Pemuda 18 tahun tersebut sukses menjalani debut pertamanya sebagai starting line-up saat melawan Watford. Sebelumnya ia sudah dimainkan pada laga melawan Arsenal sebagai pemain pengganti.

Pada pertandingan melawan MU tersebut ia diduetkan bersama Daley Blind sebagai bek tengah. Mensah yang memang mempunyai keunggulan dalam kecepatan, diplot untuk menghadang duo Troy Deeney dan Odion Ighalo. Kenyataanya ia berhasil memaksa keduanya untuk tidak mencetak gol. Van Gaal pun memuji performa Fosu-Mensah. “Timothy menyelamatkan kami tiga kali, saya rasa karena akselerasi yang ia punya”, kata Van Gaal dikutip dari Daily Star.

Dalam pertandingan tersebut "Si Setan Merah" menang 1-0. Hasil ini membuat mereka kian mendekati zona Liga Champions, hanya terpaut selisih gol dengan Manchester City yang masih menyimpan satu pertandingan.

Sejatinya, penampilan Fosu-Mensah memang tidak seeksplosif Rashford yang mencetak empat gol dalam dua pertandingan pertamanya. Namun, melihat performanya dalam pertandingan menghadapi Watford, Fosu-Mensah bisa dibilang cukup matang untuk dipasang sebagai starter dan menjadi pelapis bek utama MU yang tak bisa bermain.

Awalnya, Manchester United tertarik memboyong Timothy Fosu-Mensah setelah ia bermain apik pada AEGON Future Cup saat membela Ajax. Baru pada musim panas 2014, ia pindah ke Old Trafford setelah harus menunggu ijin kepindahannya. Ia mungkin memang dipasang sebagai bek tengah, namun di akademi ia juga bisa bermain sebagai pemain tengah.

Seperti yang dikatakan oleh Paul Mcguiness, mantan pelatih Fosu-Mensah, “Ia bermain di tengah dan di belakang, untuk beradaptasi jelas membutuhkan waktu. Jelas, ia menujukan kualitasnya yang baik sekarang”.

Paling tidak, semisal Louis Van Gaal memang resmi dipecat atau mengundurkan diri, MU harus berterimakasih kepada jasanya yang telah mengorbitkan deretan youngster. Tentu Timothy Fosu -Mensah akan menjadi salah satu dari bagian “Class of Van Gaal” (yang akan dikenang).

Foto : Express.co.uk

Komentar