Helena Costa, Wanita yang Melatih Tim Sepakbola Pria

Berita

by redaksi

Helena Costa, Wanita yang Melatih Tim Sepakbola Pria

Helena Costa akan menjadi pelatih baru untuk Clermont Foot 63. Sesuai dengan pernyataan di situs resmi klub tersebut, yang saat ini bermain di divisi dua Perancis. Wanita yang saat ini berusia 36 tahun, akan mulai melatih Clermont musim depan, menggantikan  Regis Brouard. Setalah kontrak mantan gelandang Montpellier itu habis di akhir musim.


Costa sebenarnya bukan orang baru di dunia sepakbola. Sebelumnya, Ia merupakan pelatih tim nasional wanita Qatar (2010-2012) . Selanjutnya dari tahun 2012-2014, Ia menjabat sebagai pelatih tim nasional wanita Iran (2012-2014). Ia pernah bekerja sebagai pencari bakat untuk klub asal Skotlandia, Celtic pada tahun 2008 hingga 2011.

Kompetensi Wanita kelahiran April 1978 ini, tidak perlu diragukan lagi. Ia memegang lisensi A kepelatihan dari UEFA, dan menyandang gelar Master di bidang sport science. Ia juga pernah membawa tim Sociedade Uniao 1 Dezembro, menjadi juara liga wanita Portugal pada tahun 2007 dan 2008


Sebelum Costa, wanita lain yang melatih klub pria di Eropa adalah Carolina Morace.  Pada tahun 1999, wanita asal Italia ini sempat menjadi pelatih dalam dua pertandingan. Klub yang dilatihnya adalah Viterbese, yang saat itu bermain di Serie C1  Italia.

(lux)

Komentar