Man United vs Arsenal: Sama-Sama Menjaga Asa

Berita

by redaksi

Man United vs Arsenal: Sama-Sama Menjaga Asa

Laga besar akan tersaji di Old Trafford pada Minggu (28/2) malam waktu setempat. Manchester United akan melawan Arsenal dalam pertandingan bertajuk Super Sunday. Pada laga ini, kedua kesebelasan hadir dalam pertandingan tersebut dengan kondisi yang berbeda satu sama lain.

Manchester United dalam dua laga sebelumnya mampu mengalahkan Shrewsbury Town di Piala FA dan juga FC Midtjylland di Europa League. Kedua pertandingan tersebut diakhiri United dengan skor yang cukup telak yakni 3-0 dan juga 5-1.

Modal positif dari pertandingan terakhirnya membuat kepercayaan diri pelatih MU, Louis van Gaal, kembali bangkit. Terutama  pertandingan melawan FC Midtjylland, di mana sebenarnya United berada di posisi terjepit karena kalah pada leg pertama. Dan dalam pertandingan tersebut, Van Gaal dan anak asuhnya mampu bangkit pada leg kedua dan memastikan tiket ke 16 besar.

“Saya tidak pernah melihat ruang ganti seperti kami bermain di hari Kamis (pertandingan melawan Midtjylland). Tidak hanya yang bermain, tidak hanya yang ada di bangku cadangan, tetapi juga pemain yang cedera begitu bahagia,” ungkapnya seperti dilansir dari Mirror.

Van Gaal mengungkapkan bahwa kondisi ruang ganti Manchester United sangat kondusif untuk menghadapi pertandingan nanti. Dengan keadaan ini, Manajer asal Belanda tersebut yakin bahwa nanti timnya mampu bermain baik dan mengalahkan Arsenal.

“Mereka semua di sana tertawa, berbicara satu sama lain dan bahagia. Saya berharap ini akan memberikan banyak kepercayaan diri, tapi kami harus bermain melawan salah satu tim terbaik di Liga Primer, Arsenal,” pungkasnya.

Meskipun begitu, Van Gaal dipusingkan dengan belum pulihnya beberapa pemain karena cedera. Setelah kehilangan Wayne Rooney selama dua bulan, Anthony Martial juga diragukan untuk tampil pada pertandingan tersebut.

Pemain asal Prancis yang sudah mencetak 11 gol bersama United musim ini mengalami cedera hamstring yang dideritanya pada saat melakukan pemanasan pada saat duel melawan FC Midtjylland, pertengahan minggu lalu.

Namun Van Gaal dapat sedikit lega. Pasalnya kiper andalan United, David De Gea dikabarkan dapat kembali bermain ketika melawan Arsenal. Namun jika memang nanti De Gea masih diragukan untuk tampil, pos penjaga gawang Manchester United akan kembali dijaga oleh Sergio Romero.

Manchester United saat ini berada di peringkat keenam dan berupaya untuk terus menjaga asa ke Liga Champions musim depan. Manchester United berselisih enam angka dari tetangganya, Manchester city yang kini berada di peringkat keempat.

Manchester United berupaya untuk memenangkan tiga pertandingan beruntun untuk pertama kalinya sejak November dengan mengalahkan Arsenal. Kedua tim, Arsenal dan Manchester United kini berjarak 10 poin di papan klasemen Liga Inggris.

Berbeda dengan Man United, Arsenal belum pernah menang dalam dua laga terakhirnya. Pada akhir pekan lalu Arsenal hanya mendapatkan hasil imbang ketika melawan Hull City di ajang Piala FA. Kemudian pada pertandingan Rabu lalu skuat asuhan Arsene Wenger tersebut kalah di kandang sendiri oleh Barcelona.

Kondisi tersebut ditambah dengan absennya Alex Oxlade-Chamberlain di sisi penyerangan Arsenal. Pemain asal Inggris tersebut bermasalah dengan ankle dan lututnya ketika melawan Barcelona lalu. Dengan kondisi ini Theo Walcott sepertinya akan mendapatkan kesempatan bermain untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Oxlade-Chamberlain.

Arsene Wenger sangat memberi perhatian pada pertandingan melawan MU nanti. Menurut Pelatih asal Prancis tersebut laga melawan United adalah permulaan dari serangkaian laga yang akan menentukan nasib Arsenal dalam perebutan gelar juara Liga Inggris.

“Ini adalah periode kunci. Kami bekerja sepanjang musim untuk periode ini dan sekarang adalah saat Anda benar-benar diuji, tetapi ini juga menjadi kesempatan Anda untuk menunjukan kualitas,” ungkap Wenger pada konferensi pers sebelum pertandingan.

Pelatih berusia 66 tahun tersebut menambahkan bahwa kini Arsenal berada di posisi yang kuat dan berniat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melanjutkan tren positifnya di Premier League. Arsenal berambisi untuk menjuarai Liga Inggris setelah terakhir kali merengkuhnya pada 2004 silam.

Kini The Gunners berada di peringkat ketiga, berselisih 5 poin dari Leicester City yang sebelumnya meraih kemenangan atas Norwich City 1-0. Dan kemenangan atas MU tentunya akan diincar Arsenal untuk memangkas jarak poin yang kini ada.

“Berapa banyak poin yang kami butuhkan (untuk menjuarai Liga Inggris)? Kami tidak tahu. Tidak perlu menetapkan berapa poin yang bisa kami raih,” ungkap mantan manajer AS Monaco tersebut.

Rekor pertemuan kedua tim hingga saat ini masih memihak kepada tim tuan rumah. Dari 222 pertemuan, Manchester United sudah memenangi 93 pertandingan dan Arsenal mencatatkan 80 kemenangan.

Dalam delapan pertandingan terakhirnya di Old Trafford di ajang Liga Inggris, Arsenal belum pernah merasakan kemenangan. Terakhir kali Arsenal mampu mengalahkan Manchester United di kandang pada ajang Premier League terjadi pada 17 September 2006, ketika itu Emmanuel Adebayor mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut.

emmanuel-adebayor-arsenal-manchester-united-old-trafford_3422138

Namun Arsenal tidak perlu khawatir. Di pertemuan mereka pada Maret 2015, The Gunners mampu mengalahkan Man United di kandangnya sendiri dengan hasil akhir 1-2. Danny Welbeck, pemain jebolan akademi Man United, menjadi penentu kemenangan Arsenal dan membuat Arsenal lolos ke babak selanjutnya pada Piala FA.

Selain itu pada pertemuan pertama melawan United musim ini, Arsenal mampu mengalahkan tim asal kota Manchester tersebut dengan skor yang cukup telak juga yaitu 3-0. Alexis Sanchez mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut ditambah dengan gol dari mesin assist Arsenal, Mesut Ozil.

Pertandingan nanti malam tentunya akan menentukan langkah kedua tim di musim ini. Dengan kemenangan, Van Gaal tentunya akan memperpendek jarak mereka dengan peringkat keempat dan menjaga asa mereka untuk masuk ke kualifikasi Liga Champions musim depan. Lain lagi dengan Arsenal. Tentunya Arsene Wenger akan mengincar kemenangan juga untuk terus menjaga asa menjadi kampiun Premier League setelah 12 tahun tidak menjuarainya.

sumber : whoscored, Guardian, Skysports

(upi)

(tns)

Komentar