Sriwijaya FC Waspadai Semangat Militer à la PS TNI

Analisis

by redaksi

Sriwijaya FC Waspadai Semangat Militer à la PS TNI

Setelah merampungkan pertandingan grup A, hari ini, Minggu (28/2), Piala Gubernur Kaltim akan berlanjut ke pertandingan grup B. Di grup B sendiri, akan terjadi duel yang cukup seru terjadi antara Sriwijaya FC vs PS TNI. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong pada pukul 15.30 WIB.

Seperti yang kita ketahui, Sriwijaya FC sekarang sudah mulai diperkuat kembali oleh mantan pemainnya yang sempat memperkuat Persib Bandung, seperti Firman Utina, Supardi, M. Ridwan, Achmad Jufriyanto, Sedangkan PS TNI, tim yang sempat membuat riak di ajang Piala Jendral Sudirman lalu dengan meraih empat kemenangan beruntun di fase grup, masih diperkuat oleh pemain-pemain yang juga memperkuat tim di ajang Piala Jendral Sudirman lalu.

Sriwijaya FC memiliki semangat untuk meraih kemenangan di laga perdananya ini, demi untuk target juara yang diusung manajemen Sriwijiaya FC. Tapi, PS TNI pun bukan lawan yang mudah untuk ditaklukkan. 

PS TNI Masih dengan Skuat yang Sama

Jika klub lain begitu jor-joran dalam merekrut pemain, PS TNI masih mengandalkan beberapa pemain lama yang juga memperkuat tim di ajang Piala Sudirman. Pemain-pemain seperti Wawan Febrianto, Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Ahmad Nufiandani, masih memperkuat tim. Pun dengan Legimin Raharjo sebagai kapten tim masih ada di dalam tim PS TNI. Ini lah yang membuat Andi Susanto yang juga mantan manajer Sriwijaya FC U-21 dengan mudah membangun komunikasi antar pemain.

Bedakan dengan Sriwijaya FC, yang baru saja mendatangkan beberapa mantan punggawa Persib seperti yang sudah disebutkan di atas, plus Bayu Gatra. Butuh sedikit waktu yang lama untuk membangun komunikasi. Tapi, sebenarnya, dengan pengalaman beberapa pemain yang pernah main bersama macam M. Ridwan dan Supardi, dan juga beberapa pemain dengan level timnas senior, akan mudah bagi mereka membangun komunikasi.

Waspadai Semangat Militer PS TNI

Mari lempar ingatan ke pertandingan fase grup Piala Jendral Sudirman lalu, bagaimana PS TNI dengan heroiknya bertanding dan mengalahkan klub-klub yang mapan macam Surabaya United, PBFC, Persib, dan Persela Lamongan. Ada sebuah semangat yang sama yang mereka usung dalam setiap pertandingan yang mereka lakoni; semangat militer khas TNI.

Semangat a la militer inilah yang mesti diwaspadai oleh Sriwijaya FC. PS TNI tidak akan lelah dan akan selalu ngotot dalam pertandingan yang dijalani demi meraih kemenangan. Didukung dengan formasi 4-4-2 yang sekarang di terapkan oleh pelatih Andi Susanto, bisa jadi keeksplosifan PS TNI di ajang PJS tetap terjaga di Piala Gubernur Kaltim.

Andalkan Pengalaman Pemain Senior

Agar bisa meraih kemenangan di pertandingan pertama ini, ada satu hal yang dapat dilakukan oleh Sriwijaya FC. Mereka bisa mengandalkan pengalaman pemain senior macam Firman Utina, Supardi, dan M. Ridwan. Pengalaman mereka bisa menjadi kunci kemenangan Sriwijaya FC dalam menghadapi pertandingan pertama yang membutuhkan kesiapan mental yang tinggi.

Selain itu, ini juga bisa menjadi nilai plus karena pengalaman inilah yang menjadi kelemahan PS TNI di PJS lalu. Meski bermain dengan semangat yang tinggi, di babak 8 besar PJS mereka kalah dari tim-tim yang lebih berpengalaman macam Mitra Kukar, Persija, dan Semen Padang. Keeksplosifan PS TNI mampu diredam dengan kematangan para tim senior saat itu.

Dengan formasi 4-2-3-1 yang diterapkan pelatih Benny Dollo, nampaknya Sriwijaya FC harus mampu menguasai bola terlebih dahulu, sebelum akhirnya mampu memanfaatkan peluang melalui agresifitas sayap Supardi dan M Ridwan, kreatifitas Firman Utina dan finishing touch mematikan Alberto "Beto" Goncalves.

Kesimpulan

Meski memang mampu merepotkan, dan memiliki keunggulan di tangan Andi Susanto yang pernah menangani Sriwijaya FC U-21, nampaknya PS TNI akan sedikit menghadapi kesulitan dalam menghadapi Sriwijaya FC. Faktor pengalaman akan menjadi kunci kemenangan Sriwijaya FC dalam menghadapi permainan PS TNI.

Jika mampu memanfaatkan pengalaman yang dimiliki para pemainnya, Sriwijaya FC dapat memenangkan pertandingan ini dengan beda satu gol. Tapi, lengah sedikit dan membiarkan semangat PS TNI terus membara, bukan tidak mungkin kekalahan akan diderita oleh skuad asuhan Benny Dollo ini.

Prakiraan line-up

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Dian Agus Prasetyo; Supardi, Achmad Jufriyanto, Thierry Gauthessi, Syaiful Indra Cahya; Asri Akbar, Yu Hyun Koo; M. Ridwan, Firman Utina, Bayu Gatra; Alberto Goncalves

PS TNI (4-4-2): Dhika Bayangkara; Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Muhammad Hamzaly, Hendri Aprilianto; Safri Al Irfandi, Ahmad Nufiandani, Wawan Febrianto, Iman Fathurahman; Dimas Drajad, Aldino Herdianto

Sumber; Goal, Soccer Sindonews

foto: goal.com

Komentar