Menanti ?der Balanta Melanglang Buana ke Eropa

Cerita

by redaksi

Menanti Éder Balanta Melanglang Buana ke Eropa

Selain Diego Ribas yang berulang tahun pada 28 Februari, terdapat pemain lain dari Amerika Latin yang juga berulang tahun. Meski belum bermain di kesebelasan besar Eropa, pemain ini tampaknya cukup familiar khususnya bagi penggemar game Football Manager.

Pemain yang dimaksud adalah Eder Balanta. Pemain yang bernama lengkap Éder Fabián Álvarez Balanta ini lahir di Bogota, Kolombia. Pada karier Juniornya, Balanta sempat bermain untuk tim Academia FC yaitu tim asal kota kelahirannya di Bogota dan kemudian hijrah ke River Plate pada tahun 2011.

Posisi utamanya adalah bek tengah. Namun pemain kelahiran 1993 ini pun fasih bermain di pos bek kiri pertahanan. Kapabilitas Éder Balanta bahkan menjadikannya sebaga salah satu pemain bertahan muda yang menjanjikan di Amerika Selatan yang tampaknya cepat atau lambat akan segera hijrah ke Eropa.

Postur badan yang dimiliki Balanta memudahkan dirinya untuk melakukan duel-duel di udara. Situs FIFA bahkan mendeskripsikan Balanta dengan ‘pemain dengan kaki kiri dominan, kekar, kuat di udara, berani tekel dan dianugrahi dengan skill dan juga kecepatan.

Saat ini usianya baru 23 tahun, tapi Balanta sudah mencatatkan enam caps bersama Timnas Kolombia. Pertandingan pertamanya bersama Timnas terjadi ketika Balanta masuk sebagai pemain cadangan pada menit ke-65 saat Kolombia melakukan pertandingan persahabatan melawan Tunisia. Kemudian pada 6 Juni 2014, Pemain yang saat ini masih memperkuat River Plate ini dipanggil menjadi salah satu skuat Kolombia asuhan José Pekerman untuk mengarungi Piala Dunia 2014.

Sejak melakukan debutnya di Argentina bersama River Plate, Éder Balanta kerap menuai pujian. Pemain asal Kolombia ini telah merebut empat trofi selama berseragam River Plate. Trofi-trofi tersebut diantaranya ialah Juara Copa Sudamericana pada musim 2013-2014 kemudian Copa Libertadores, Recopa Sudamericana dan juara Liga Argentina yang semuanya terjadi pada musim 2014-2015.

Balanta menjadi bagian dari kebangkitan River Plate yang sempat terdegradasi pada akhir musim 2010/2011. Selengkapnya baca di: Kebangkitan River Plate dan Penebusan Dosa Passarella

Skill yang dimiliki oleh Éder Balanta membuatnya juga kerap dibandingkan dengan dua pendahulunya di lini pertahanan Kolombia, Jorge Bermudez dan Ivan Cordoba. Selain memiliki kelincahan dan juga kecepatan, Balanta juga memiliki kekuatan dan keseimbangan yang baik.

Kegemilangan yang ditunjukan Balanta di River Plate juga tercium di Eropa. Bahkan beberapa kesebelasan top Eropa berniat untuk mendatangkan pemain tersebut. Bahkan pada 2013, Balanta kerap dikaitkan dengan salah satu Tim asal Spanyol yaitu Barcelona. Namun dirinya bersikap merendah terhadap rumor tersebut.

“Saya tidaklah sehebat seperti yang orang lain pikirkan terhadap saya. Saya mengerti bahwa orang-orang tersebut tertarik terhadap saya karena apa yang saya lakukan cukup bagus. Hal itu menunjukan bahwa saya berada di jalur yang tepat dan kerja keras saya terbayarkan. Namun saya hanyalah orang normal bukanlah pemain bintang. Banyak orang bertanya ‘Kapan saya pindah ke Barcelona?’ dan itu membuat saya tidak nyaman karena saya masih muda dan masih ingin belajar. Namun rumor tersebut sering membuat seolah-seolah kepala saya mau meledak,” tukas Balanta seperti dikutip dari Rionegro.

Namun dirinya juga tidak menutup mata atas tawaran Barcelona tersebut. Dirinya ikut berbangga jika memang nanti dirinya akan masuk ke dalam skuat Barcelona. Ia menambahkan bahwa akan menjadi sebuah kebanggaan bagi dirinya untuk menjadi pemain Kolombia pertama yang bermain bersama Barcelona. Hanya saja ia tidak akan terburu-buru untuk meninggalkan River Plate.

“Saya bersikap tenang menyikapi rumor transfer. Saya masih muda, butuh belajar, dan sedang membangun karier. Saya baru sedikit memiliki pengalaman di Primera dan harus kerja keras dengan usaha dan pengorbanan bersama rekan-rekan saya lainnya,” jelas Balanta.

Salah seorang pemain Barcelona, Javier Mascherano, ikut memberikan komentar terhadap rumor tersebut. Dirinya berpendapat bahwa Balanta tentunya merupakan pemain istimewa jika dalam usia semuda dirinya sudah mampu memperkuat klub sebesar River Plate.

"Dia sangat bagus meskipun usianya masih muda. Saya melihat ia memiliki kualitas dan mampu mendistribusikan bola dengan baik," puji Mascherano seperti yang dilansir ESPN. "Ketika Anda melihat seorang pemuda tampil menonjol di usia 20 dan memperkuat klub sebesar River, ia menunjukkan bahwa dirinya memang istimewa."

Namun kini Balanta harus menepi dari pertandingan. Pemain asal Bogota ini sedang mengalami cedera otot dan belum diketahui sampai kapan dapat kembali berlaga bersama River Plate. Namun ketertarikan atas pemain tersebut masih belum hilang dan bahkan tim seperti Manchester United tertarik mendatangkan pemain tersebut ke Old Trafford.

Namun River Plate tidak ingin melepas Balanta dengan harga yang murah. Kesebelasan Argentina tersebut hanya akan melepas defender terbaiknya kepada tim yang mampu memberikan penawaran dengan harga yang fantastis yaitu sebesar 50 juta euro.

Performa Balanta tentunya patut ditunggu kembali seusai ia pulih dari cedera. Jangan sampai ekspektasi tinggi terhadap dirinya hancur ketika tidak mampu kembali performa terbaiknya karena cedera yang ia derita.

sumber foto : tribunero.com

(upi)

Komentar