Akankah Dinding Pertahanan Atlético Roboh di Eindhoven?

Analisis

by redaksi

Akankah Dinding Pertahanan Atlético Roboh di Eindhoven?

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa akan berlanjut pada Rabu (24/2) malam, atau Kamis (25/2) dini hari waktu Indonesia. Salah satu pertandingannya akan mempertemukan antara PSV Eindhoven dan Atletico Madrid. Laga sendiri akan dihelat di stadion kebanggaan PSV, yaitu di Phillip Stadium, Eindhoven.

Laga sendiri nampaknya akan berlangsung dengan sengit karena kedua kesebelasan sebelumnya pernah bertemu di ajang Liga Champions, tepatnya di fase grup D Liga Champions musim 2008/2009. Saat itu Atletico mengalahkan PSV dua kali dengan skor 3-0 (kandang PSV) dan 2-1 (kandang Atletico). Di laga kali ini, tentunya PSV ingin membalaskan dendamnya kepada Atletico dengan membuat mereka terjungkal dari babak 16 besar Liga Champions ini.

PSV akan datang menjamu Atletico dengan catatan yang cukup bagus. Mereka hanya sekali kalah dari lima laga terakhir yang mereka lakoni, termasuk kemenangan atas Heracles Almelo di ajang Eredivisie. Satu kekalahan itu mereka derita dari FC Utrecht di ajang KNVB Cup dengan skor 3-1.

Di sisi lain, Atletico akan datang ke Eindhoven dengan catatan yang tidak konsisten, hanya meraih dua kemenangan dari lima laga terakhir. Sisanya dua kali kalah atas Barca di La Liga dan Celta Vigo di ajang Copa del Rey, dan satu kali hasil imbang saat melawan Villarreal di ajang La Liga.

Tapi tetap, menaklukkan Atletico bukanlah pekerjaan mudah. Ada beberapa faktor yang akan membuat kubu tuan rumah kesulitan di leg pertama ini.

Dinding Pertahanan Kuat Atletico

Jika PSV ingin menjungkalkan Atletico, maka mereka harus merobohkan dinding kuat pertahanan Atletico Madrid. Dalam 25 pertandingan terakhir, mereka hanya kebobolan 11 gol. Catatan ini menjadikan mereka menjadi salah satu tim dengan pertahanan terbaik di Eropa, bersama dengan Bayern Muenchen. Bedanya, Bayern Muenchen kuat dalam pertahanan karena mereka juga kuat dalam menyerang, sedangkan Atletico Madrid kuat dalam pertahanan karena memang pertahanan mereka cukup sistematis.

Namun, yang menjadi masalah bagi Atletico sekarang ini adalah ketiadaan penyerang tajam yang mampu menyelesaikan peluang di depan gawang. Dilegonya Jackson Martinez dengan harga mahal ke Chinese Super League membuat Atletico Madrid hanya memiliki Fernando Torres dan Luciano Vetto di lini serang untuk mendampingi seorang Antoine Griezmann. Namun, ketiganya pun belum menunjukkan performa menjanjikan, dan itu terlihat saat Atletico Madrid ditahan imbang Villarreal di ajang La Liga minggu lalu.

Tapi tetap, pertahanan Atletico ini menjadi sesuatu yang harus diwaspadai oleh PSV. PSV, yang sejauh ini sudah mencetak 56 gol dari 24 pertandingan, bisa saja kesulitan untuk menembus pertahanan sistematis Atletico Madrid yang mampu menutup segala ruang yang ada di sepertiga lapangan akhir sampai ke area sekitar dan area dalam kotak penalti. Apalagi, PSV akan kehilangan top skorer mereka, Luuk de Jong yang sudah mencetak 17 gol untuk PSV di segala ajang musim ini karena suspensi.

Namun, PSV mampu mengandalkan support mereka dari lini tengah melalui Davy Propper, pemain pinjaman dari Chelsea, Marco van Ginkel, dan Jorrit Hendrix. Di lini depan, meski kehilangan Luuk de Jong, mereka masih memiliki Gaston Pereiro, pemain asal Uruguay yang sudah mencetak 12 gol di segala ajang bersama PSV.

Dua Pemain Kunci Atleti

Fernando Torres, meskipun pernah mengalami masa suram di Atleti enam bulan tidak mencetak gol, namun dia mampu mencetak dua gol dalam tiga laga terakhir. Selain itu, pengalaman dan ketajamannya terkadang muncul saat harus menghadapi laga-laga penting, seperti ketika dia mampu mencetak dua gol penting melawan Real Madrid. Selain itu, saat melawan Barcelona, Torres pun mampu mencetak gol, meski pada akhirnya kalah. Lini pertahanan PSV yang digalang Jeffrey Bruma dan Hector Moreno harus mewaspadai pemain ini.

Selain Torres, Jan Oblak pun akan menjadi pemain kunci Atleti pada laga ini. Kiper berkewarganegaraan Slovenia ini menjadi salah satu figur yang membuat Atletico hanya kebobolan 11 gol dalam 25 pertandingan terakhir. Sangat baik dalam duel udara di kotak penalti, juga baik saat duel satu lawan satu dengan striker. Dia juga adalah seorang pembaca permainan yang baik, yang tentunya membuat Godin dan Gimenez merasa tenang dalam mengawal pertahanan. Setidaknya, dia akan menjadi lawan berat bagi Gaston Pereiro dan Luciano Narsingh.

Kesimpulan

Pertahanan yang baik dari Atletico akan menghadapi penyerangan yang cukup baik dari PSV. Jalannya pertandingan pasti akan berjalan sedikit membosankan karena mungkin kita akan lebih sering melihat PSV membombardir pertahanan Atletico yang memiliki pertahanan kokoh. Untuk hasil akhir, imbang tampaknya menjadi hasil yang akan terjadi.

Prakiraan Formasi

PSV (4-3-3): Joreon Zoet; Santiago Arias, Jeffrey Bruma, Hector Moreno, Jetro Willems; Jorrit Hendrix, Davy Propper, Marco van Ginkel; Luciano Narsingh, Jurgen Locadia, Gaston Pereiro

Atletico (4-4-2): Jan Oblak; Juanfran, Josema Gimenez, Diego Godin, Filipe Luis; Koke, Gabi, Saul, Oliver Torres; Fernando Torres, Antoine Griezmann

(sf)

foto: tsmplug.com

Komentar