Ketika Wenger Hendak Menghadapi Kesebelasan yang Nyaris Sempurna

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Ketika Wenger Hendak Menghadapi Kesebelasan yang Nyaris Sempurna

Adakah kesebelasan yang sempurna? Hmmmm.... Mari kita simak apa yang dikatakan Arsene Wenger.

“Tidak ada kesebelasan yang sempurna, namun Barcelona tidak jauh dari sempurna,” ujar Arsène Wenger dalam jumpa pers pra pertandingan leg pertama 16 besar Champions League antara kesebelasannya, Arsenal, dan FC Barcelona. “Kami harus dapat memanfaatkan peluang-peluang yang kami miliki. Penguasaan bola kami akan lebih sedikit ketimbang ketika kami melawan Hull, namun kami tetap harus dapat memanfaatkannya dengan maksimal.”

Barcelona yang sekarang, ujar manajer berkebangsaan Prancis tersebut, berbeda dengan Barcelona yang dulu. Walau demikian ia beranggapan bahwa Barcelona tetap Barcelona; mereka tetap berbahaya.

“Penyerang-penyerang mereka sangat bagus,” ujarnya. “Mungkin penguasaan bola mereka terlihat lebih berkurang saat ini karena dulu mereka memiliki Xavi di lini tengah. Mereka memiliki tim yang dapat mencetak gol kapan pun. Bahkan ketika mereka didominasi mereka tetap berbahaya. Mereka memperlihatkannya pada final tahun lalu melawan Juventus ketika kedudukan 1-1. Mereka kesulitan namun mereka memanfaatkan peluang ketika mereka memilikinya.”

Kehebatan Barcelona sendiri tidak lantas membuat Arsenal ketakutan. Setidaknya demikian efeknya kepada penyerang tengah mereka, Olivier Giroud. Penyerang berkebangsaan Prancis tersebut malah merasa tertantang.

“Kami ingin mengalahkan mereka karena mereka tampak tidak terkalahkan,” ujar Giroud yang mengawani Wenger dalam jumpa pers. “Kami harus menampilkan permainan terbaik bersama-sama dan tampil 100%. Jika tidak kami tidak akan memiliki kesempatan bermain dan kami akan kalah.”

FC Bayern München menang dalam 12 pertandingan beruntun sebelum bertandang ke Arsenal pada matchday ketiga Grup F Champions League 2015/16. Arsenal menang dua gol tanpa balas dan karenanya Giroud optimis bahwa melawan Barcelona, Arsenal akan baik-baik saja selama mereka bermain dengan baik.

“Kami percaya diri. Kami harus percaya diri dan bermain dengan cara Arsenal,” ujar Giroud. “Kami bermain dengan baik melawan München. Kami tahu kami dapat mengalahkan kesebelasan besar namun satu yang pasti: kami harus tampil 100% dan penuh tekad. Kami hanya perlu fokus dan tampil 100% bersama-sama dengan kepaduan tim yang baik. Setelah itu kami akan memasukkan apa yang kami butuhkan dalam pertandingan ini – komitmen dan determinasi yang sangat kuat. Kami berhasil melawan Bayern dan komitmen dan determinasi akan membantu kami menang [melawan Barcelona].”

Komentar