Benarkah Arsenal Hanya Butuh Suntikan Motivasi untuk Melawan Barcelona, Wenger?

Berita

by redaksi

Benarkah Arsenal Hanya Butuh Suntikan Motivasi untuk Melawan Barcelona, Wenger?

Jelang leg 1 babak 16 besar Liga Champions Eropa di Stadion Emirates, Selasa (23/2) malam, manajer Arsenal, Arsene Wenger, mengatakan pasukannya siap secara mental untuk menghadapi sang juara bertahan. Dia bahkan mengatakan bahwa hanya perlu sedikit "kata penyemangat" untuk membangkitkan semangat pasukan Meriam London ini dalam menghadapi pasukan dari Catalonia.

"Sejujurnya, tugas yang akan kami jalani lebih berat ketika kami akan melawan Barcelona. Tapi, menurut saya, dalam hal mempersiapkan pasukan saya, lebih sulit melakukannya saat akan melawan Hull daripada melawan Barcelona. Melawan Hull, saya harus meyakinkan pemain saya bahwa itu adalah pertandingan yang berat. Melawan Barcelona, saya tidak perlu melakukan hal itu karena pada dasarnya para pemain sudah tahu bahwa lawan yang akan mereka hadapi itu berat," ujar Wenger seperti yang dilansir oleh Mirror.

"Hanya perlu sedikit menyuntikkan moral dan kepercayaan diri ke dalam diri para pemain, dan pemain saya sudah siap untuk melawan Barcelona," tambahnya.

Tapi, Wenger pun mewanti-wanti pasukannya untuk berhati-hati saat melawan Barcelona. Dia percaya bahwa Barca sangat difavoritkan untuk memenangi pertandingan ini, utamanya karena ancaman dari trio Messi, Suarez, dan Neymar yang bisa saja membuat Arsenal kecolongan gol tandang.

Oleh karenanya, Wenger meminta pasukannya untuk tidak bermain defensif dan tetap berusaha untuk mencetak gol. Bahkan, Wenger menjanjikan timnya akan tetap bermain ofensif meskipun tahu lawan yang dihadapi adalah tim sekelas Barcelona.

"Barcelona adalah tim yang sangat ofensif, jika kita tidak mencoba untuk mencetak gol ke gawang mereka, bukan tidak mungkin itu akan menjadi kesalahan yang membuat kita kecolongan gol tandang. Lagi pula, bermain defensif itu berlawanan dengan sifat alamiah saya," ujarnya seperti dikutip oleh Guardian.

Dalam pertandingan nanti malam, pelatih asal Prancis ini nampaknya akan cukup mengandalkan tenaga dari Alexis Sanchez. Sanchez, di mata Wenger, dapat membantu Arsenal bermain lebih seimbang baik dalam bertahan maupun menyerang.

"Mungkin Sanchez dapat membuat perbedaan di pertandingan ini. Tapi, ini bukan tentang Sanchez semata. Semua pemain dalam tim harus saling membantu dan tetap fokus sepanjang pertandingan. Untuk Sanchez sendiri, saya akan melakukan sedikit pembicaraan dengan dia. Menghadapi mantan klub mungkin akan menjadi sesuatu yang cukup sulit baginya," ujar Wenger.

Namun, Arsenal memang harus tetap berhati-hati. Dalam 5 pertemuan terakhir mereka di Liga Champions Eropa, Arsenal hanya menang sekali di Emirates. Barcelona sangat superior dengan meraih 3 kemenangan, apalagi dua kemenangan terakhir diraih dengan skor cukup mencolok, 3-1 di musim 2011/2012 dan 4-1 di musim 2009/2010.

Tapi, nampaknya, melihat ucapan Wenger di atas, dia merasa yakin bahwa pasukannya bisa berbuat sesuatu di leg 1 ini. Hal ini juga didukung dengan rekor kandang Arsenal melawan Barcelona dalam 5 pertandingan terakhir: mereka (hanya) meraih satu kali kemenangan dan satu kali imbang.

Akankah Arsenal menjadi bulan-bulanan Barcelona? Dan cukupkah sekadar kata-kata "motivasi"?

(sf)

foto: mirror.co.uk

Komentar