Džeko dan Pemain Lain yang Pernah Senasib

Cerita

by redaksi

Džeko dan Pemain Lain yang Pernah Senasib

Dalam laga lanjutan Serie A hari Minggu (21/2) malam, AS Roma mencetak kemenangan yang cukup besar dengan skor 5-0. Edin Dzeko menjadi inspirator kemenangan AS Roma lewat golnya di menit ke-30 dan menit ke-89, disusul Seydou Keita yang mencetak gol di menit ke-52, lalu Mohamed Salah di menit ke-60 dan menit ke-62. Dengan kemenangan ini, untuk sementara AS Roma kembali bertengger di papan ke-4 klasemen sementara, mengungguli Inter Milan yang sebelumnya berada di peringkat ke-4 setelah mengalahkan Sampdoria dengan skor 3-1.

Namun, cerita tidak hanya selesai di situ. Meski menjadi isnpirator kemenangan AS Roma, Edin Dzeko pun tidak lepas dari yang namanya kesalahan. Beruntung, tim pun pada akhirnya meraih kemenangan, sehingga Dzeko tidak perlu mempertanggung jawabkan kesalahannya terlalu jauh. Berbeda jika hasilnya kalah atau seri, mungkin Dzeko akan sedikit diejek atas kesalahan yang dilakukannya ini.

Ceritanya begini, saat itu menit ke-27, dan AS Roma berhasil merebut bola di depan gawang Palermo karena kesalahan clearance dari pemain Palermo. Bola liar pun didapatkan oleh Douglas Maicon dan dia langsung mengoper bola ke arah Dzeko yang berdiri bebas tanpa kawalan di tiang jauh sebelah kiri. Normalnya, striker sekelas Dzeko yang pernah bermain di Wolfsburg dan Manchester City ini dapat dengan mudah mencetak gol. Tapi, apa yang terjadi?

Yap! Seperti yang anda ketahui, Dzeko malah menendang bola melebar ke tiang jauh sebelah kanan, dan hasilnya bola tidak masuk ke gawang sama sekali karena bola mengarah ke luar lapangan, bukan ke gawang. Sebuah kejadian lucu yang terjadi dalam pertandingan itu. Bahkan, usai melakukan eksekusi yang melebar itu, striker berkebangsaan Bosnia-Herzegovina ini langsung memeluk tiang gawang. Mungkin malu ya?

Tenang Dzek, tenang. Toh, masih banyak ko striker yang pernah senasib sepertimu ini. Bahkan, beberapa diantaranya merupakan pemain kelas dunia dengan segudang prestasi.

Jakub Blaszczykowski, SC Freiburg vs Borussia Dortmund, Bundesliga musim 2010/2011

Saat itu pertandingan Bundesliga musim 2010/2011, Spieltag ke- 13. Dortmund sedang menghadapi SC Freiburg di Mage Solar Stadium. Menit ke-84, Dortmund unggul 1-2, dan Dortmund sedang menyerang. Robert Lewandowski yang mendapatkan sodoran umpan dari pemain tengah Dortmund langsung mengirimkan umpan setelah dihadang kiper Freiburg. Bola diumpan kepada Jakub Blaszczykowski yang sedang berlari kencang, dan pemain timnas Polandia ini pun langsung membawa bola ke gawang yang sudah kosong melompong. Alih-alih terjadi gol, bola justru ditendang oleh Kuba jauh ke atas dan bukan mengarah ke gawang.

Beruntung, pertandingan tetap berakhir untuk kemenangan Dortmund dan di akhir musim, Dortmund menjadi kampiun Bundesliga. Kuba pun tidak akan terlalu mempermasalahkan soal ini dan hanya akan menganggap momen ini merupakan sebagian dari momen kelucuan dalam karirnya di Dortmund.

Zlatan Ibrahimovic, Stade de Reims vs PSG, Ligue 1 musim 2014/2015

 PSG melawat ke kandang Reims dalam lanjutan Ligue 1 musim 2014/2015 matchday ke 1. Zlatan Ibrahimovic sebenarnya bermain dengan baik di laga ini dengan mencetak 2 gol di menit ke-7 dan menit ke-63, namun 2 gol Ibra itu mampu dibahas dengan baik oleh Reims lewat gol Oniangue di menit ke-22 dan Devaux di menit ke-34. Hal yang menarik adalah, ternyata Ibra di pertandingan ini mengalami sebuah miss dalam mencetak gol. Saat itu, tepatnya di menit ke-17, Ibra menerima umpan Marco Veratti di depan gawang. Berhadapan dengan gawang yang kosong, Ibra justru menendang bola dengan keras ke arah gawang, dan walhasil tiada gol yang tercipta. Skor berakhir di angka 2-2.

Fernando Torres, Manchester United vs Chelsea, Premier League musim 2011/2012

Mungkin inilah miss dalam mencetak gol yang paling menyedot perhatian massa, karena begitu boomingnya miss ini di kisaran tahun 2011/2012 lalu. Miss ini dilakukan oleh Fernando Torres, dan terjadi di saat pertandingan antara Manchester United melawan Chelsea di Old Trafford pada matchday ke-5 Barclays Premier League. Saat itu, sebenarnya Torres mencetak gol yang indah di menit ke-46. Namun, kira-kira di menit ke-82, Torres mendapatkan sebuah peluang manis di depan gawang MU setelah menerima umpan dari Ramires. Torres pun dengan luar biasa mampu mengecoh kiper David De Gea dengan sebuah feint yang cantik. Sayang sekali sayang, alih-alih mencetak gol, dia justru malah melakukan tendangan menyamping ke sisi kanan gawang, dan amanlah gawang David De Gea.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Manchester United. Namun, yang menjadi juara di akhir musim adalah Manchester City.

***

Lihatlah Dzeko, ternyata banyak juga pemain yang pernah senasib dengan anda. Baguslah, setidaknya ini menunjukkan bahwa humanitas masih ada di dalam sepakbola dan belum hilang sepenuhnya.

(sf)

foto: www.foxsports.com

Komentar