Mewahnya Hidup Pemain Liga Inggris

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Mewahnya Hidup Pemain Liga Inggris

Wayne Rooney hendak dibayar 500 ribu pounds per pekan andai ia bersedia hijrah ke Tiongkok. Jumlah tersebut tentunya sangat fantastis, dan akan semakin menunjukkan bahwa begitu mudah untuk hidup mewah bagi para pesepakbola kelas dunia.

Berbicara mengenai kemewahan, Liga Inggris, tempat Rooney berkarier, memang memberikan kemewahan bagi setiap pelakunya. Namun jika menakar semewah apa hidup sebagai pesepakbola Inggris, mungkin hanya sedikit yang bisa membayangkan. Situs whatfootballersearn.com ternyata cukup mampu menakar kehidupan para pesepakbola. Dari situs tersebut, kita bisa melihat betapa besarnya pendapatan yang diterima oleh para pemain Liga Inggris.

Rooney saat ini menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Liga Inggris. Dalam kontraknya, Manchester United akan membayar kapten mereka tersebut sebesar 300 ribu poundsterling setiap pekannya. Jika dirupiahkan, jumlah tersebut mencapai 5,8 miliar.

Jumlah tersebut lebih tinggi dari yang didapatkan Cristiano Ronaldo. Penyerang Portugal tersebut mendapatkan 273 ribu pounds per pekan. Tapi bagi Ronaldo mungkin tak masalah karena uang yang ia dapatkan dari luar lapangan jauh lebih banyak dari Rooney.

Jika dibandingkan dengan Lionel Messi, Rooney hanya kalah 36 ribu pounds per pekan. Ya, Messi mendapatkan bayaran dari Barcelona sebesar 336 ribu per pekan. Namun bisa jadi yang didapatkan Messi lebih sedikit dari Rooney karena di Spanyol pajak penghasilannya sangat tinggi. Perlu diketahui, gaji Rooney saat ini lebih besar 27 ribu persen dari rata-rata gaji masyarakat di kota Inggris yang terkenal dengan biaya hidupnya yang mahal.

Angka di atas menunjukkan bahwa Rooney mampu bersaing dengan penyerang-penyerang terbaik dunia jika berbicara pendapatan dari klub yang ia bela. Ya, untuk soal industri sepakbola, Liga Inggris masih nomor satu.

Situs whatfootballersearn kemudian mengonversikan pendapatan Rooney tersebut dengan apa yang bisa ia dapatkan. Dan hasilnya, dengan gajinya tersebut, ia bisa mendapatkan gaji yang didapatkan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, hanya dalam enam hari kurang empat jam. Atau ketika Anda harus mengumpulkan uang selama berbulan-bulan untuk mendapatkan sebuah Macbook Air dengan harga belasan juta rupiah, Rooney sudah mampu membeli tiga Macbook Air sekaligus dengan hanya ‘bekerja’ selama kurang dari dua jam, atau tepatnya satu jam 53 menit 48 detik.

“Tapi kan Rooney pemain Manchester United. Bagaimana dengan pemain kesebelasan kecil?”

Ya, anggapan di atas pasti akan muncul. Gemerlap Liga Primer memungkinkan para pemainnya akan dibayar setinggi langit, khususnya para pemain kesebelasan papan atas. Tapi ternyata tak begitu juga, karena pemain divisi Championship pun ‘menang banyak’.

Scott Parker, pemain yang sudah berusia 36 tahun, saat ini bermain di Divisi Championship bersama Fulham. Dan gaji yang ia dapatkan saat ini adalah 70 ribu pounds per pekan, atau sekitar 1,3 miliar rupiah per pekan.

Pengalaman Parker bermain di Liga Primer ini membuatnya dibayar lebih mahal dari Marco Reus yang membela Borussia Dortmund. Reus, yang merupakan pemain kedua dengan gaji tertinggi di Dortmund, mendapatkan gaji ‘hanya’ sebesar 65 ribu pounds per pekan.

Dengan gaji sebesar itu, ini artinya Parker sudah mampu membeli mobil Audi R8 seri terbaru yang harganya mencapai 2,5 miliar rupiah hanya dengan menunggu dua pekan saja. Bahkan dalam sebulan, ia sudah bisa membeli sembilan pulau kecil jika ia mau.

“Ah, Scott Parker kan namanya cukup dikenal dan pernah malang melintang di Liga Primer. Jadi wajar dia dibayar mahal.”

Ok, sekarang Anda pernah mendengar Dwight Gayle? Bagi para pecinta Liga Primer Inggris mungkin namanya cukup familiar karena ia merupakan penyerang asal Inggris milik Crystal Palace yang sudah mencetak empat gol dari tiga penampilan di Piala FA musim ini.

Tapi untuk yang belum tahu, Gayle lahir 17 Oktober 1989, saat ini berusia 26 tahun. Ini artinya ia pemain yang bisa dibilang bukan termasuk pemain top di Liga Primer, mengingat ia sudah mencapai usia matang pesepakbola namun tak mampu mencuri perhatian karena kemampuannya yang tak terlalu istimewa.

Nah, untuk pemain seperti ini, berapa yang Gayle dapatkan? Gayle yang sudah membela Crystal Palace sejak 2013 ini mendapatkan bayaran sebesar 18 ribu poundsterling per pekan. Jika dirupiahkan, pemain yang dilepas akademi Arsenal ini mendapatakan 348 juta rupiah per pekan.

Berusia 26 tahun, mendapatkan hampir 350 juta tiap pekannya. Dalam sebulan, ia sudah mendapatkan lebih dari 1,5 miliar rupah. Bayaran 1,5 miliar rupiah per bulan, untuk pemain cadangan. Jika di Indonesia,  dengan 1,5 miliar, kesebelasan Indonesia sudah mendapatkan penyerang asing berkualitas dengan bayaran selama setahun.

Menjalani hidup sebagai Gayle, ia sudah bisa tampil mewah dengan jam tangan Apple berlapis emas 18 karat seharga 260 juta, hanya perlu menunggu selama lima hari setengah. Atau jika ia ingin pamer pada temannya karena memiliki Xbox One berlapis emas 24 karat seharga 110 juta rupiah, ia hanya perlu menunggu kurang dari dua hari setengah untuk mendapatkannya.

***

Dari pemaparan di atas, mungkin banyak yang mulai semakin mengerti mengapa Liga Inggris menjadi liga yang terunggul jika berbicara industrinya. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak pemain yang memiliki cita-cita berkarier di Liga Inggris.

PS: Setelah membaca tulisan di atas, jangan putus asa atau iri hati. Juga tetaplah hati-hati dalam membelanjakan penghasilan. Ingat, tak semua pemilik kost bisa menolerir setiap keterlambatan.

foto: newsoneplace.com | Foto di atas adalah mansion yang dimiliki Rooney di Barbados

Komentar