Pione Sisto, Wonderkid yang Belum Tertarik Tinggalkan Denmark

Cerita

by redaksi

Pione Sisto, Wonderkid yang Belum Tertarik Tinggalkan Denmark

Melalui sebuah serangan cepat, pemain FC Midtjylland bernomor punggung 27 melakukan penetrasi dari tengah, melewati Michael Carrick dan Ander Herrera. Aksi solo run tersebut kemudian diakhiri dengan tendangan ke sisi kiri gawang Manchester United yang pada laga tersebut dijaga oleh Sergio Romero. Gol itu menjadi momentum kebangkitan kesebelasan asal Denmark tersebut untuk mengalahkan Manchester United dengan skor 2-1.

Pemain bernomor 27 itu adalah pemain favorit para gamers, Pione Sisto. Di game FIFA ataupun Football Manager ia adalah salah satu talenta berbakat yang memiliki skill mumpuni. Atas golnya ke gawang Man United, namanya pun akan semakin dikenal, tak hanya di dunia game saja.

Pione Sisto lahir di Kampala, Uganda. Namun dirinya memilih Denmark untuk karier sepakbolanya. Pemilik dua caps bersama Timnas Denmark ini memulai karier junior di Tjorring lalu dirinya kemudian pindah ke FC Midtjylland pada usia 15 tahun.

Hingga saat ini, sejak debutnya di Midtjylland pada 2 Desember 2012, atau ketika ia masih berusia 17 tahun, Transfermarkt mencatatkan ia sudah mengemas 22 gol dan 8 assist dari 88 pertandingan. Sementara pada musim ini, ia baru mencetak dua gol dari 13 pertandingan di Liga Denmark dan menyumbangkan tiga gol dari enam pertandingan yang dilakoni Midtjylland di Europa League pada masa penyisihan grup.

Untuk di Timnas senior Denmark sendiri, pemain dengan tinggi 171 cm ini telah melakoni laga debutnya pada 4 September 2015 pada laga Denmark melawan Albania. Sebelumnya, ia memperkuat Denmark U21 dengan catatan tiga pertandingan dan satu gol.

Pada Desember 2014, Sisto terpilih menjadi Pemain Terbaik 2014 oleh Asosiasi Pesepakbola Denmark dan juga dinobatkan sebagai Profile of The Autumn 2014 oleh Danish Football Magazine. Sementara mulai musim ini, ia mulai reguler bermain dengan skuat utama.

Bakat yang dimiliki Pione Pisto sebenarnya sudah membuat beberapa tim besar Eropa kepincut untuk merekrutnya. Beberapa sumber mengatakan bahwa Arsenal, Barcelona dan Juventus tengah memantau perkembangannya. Bahkan pada tahun lalu, Arsenal sempat gencar diberitakan akan mendatangkan pemain kelahiran 4 Februari 1995 ini mengingat Arsene Wenger senang sekali untuk merekrut pemain-pemain muda untuk skuatnya.

Namun tidak seperti pemain lainnya yang buta akan kemegahan Liga Inggris, Pione Pisto menolak tawaran tersebut. Ia beralasan bahwa saat ini belum waktunya untuk dia pindah ke Liga Inggris.

"Saya tahu yang saya inginkan dan yang saya inginkan saat ini adalah berada di Midtjylland," ungkapnya kepada Ekstra Bladet.

Selain tawaran dari klub-klub besar Eropa, ternyata West Ham United sempat mengajukan tawaran resmi kepada FC Midtjylland untuk mendapatkan gelandang muda ini. Menanggapi isu ini, Sisto menjawabnya dengan candaan.

"Mereka tidak memberi Midtjylland uang yang banyak kalau membeli saya," tukas Sisto sambil tertawa. Ajax juga dikabarkan memberikan tawaran kepada Sisto dengan 7 Juta euro. Namun Midtjylland masih enggan melepasnya terlebih sang pemain masih enggan untuk hengkang.

Aksinya pada laga menghadapi Manchester United jelas akan membuat namanya semakin meroket. Kesebelasan-kesebelasan top satu per satu akan mulai menjajakinya. Bahkan bukan tak mungkin Manchester United pun tertarik merekrutnya, seperti kala mereka merekrut Cristiano Ronaldo setelah menyaksikan secara langsung aksinya mengobrak-abrik pertahanan Man United asuhan Sir Alex Ferguson bersama Sporting Lisbon.

sumber foto : dreamteamfc.com

(upi)

Komentar