Fiorentina vs Tottenham Hotspur: Jangan Jadi Keledai, Poch!

Berita

by redaksi

Fiorentina vs Tottenham Hotspur: Jangan Jadi Keledai, Poch!

Jumat dinihari waktu Indonesia nanti (19/2), Fiorentina akan menjamu Tottenham Hotspur di leg pertama babak 32 besar Europa League. Laga ini akan membawa misi balas dendam bagi Spurs setelah musim lalu mereka kalah 2-0 atas Fiorentina di Artemio Franchi pada fase yang sama pada leg kedua.

Pada pertemuan tahun lalu, Spurs bermain imbang 1-1 di White Hart Lane, sehingga kekalahan di kandang La Viola membuat mereka harus tersingkir secara dini.

Di kubu The Lilywhites, absennya Hugo Lloris akan banyak menyita perhatian. Penampilan kiper timnas Perancis itu di liga domestik bersama Spurs dinilai jadi salah satu kunci keberhasilan lini pertahanan tim besutan Mauricio Pochentino. Kapten Spurs tersebut mengalami cedera usai laga pekan lalu melawan Manchester City yang berakhir kemenangan 2-1.

Dengan absennya Lloris, maka Pochentino akan memasang kiper Belanda Michael Vorm sebagai penjaga gawang di laga nanti.

Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, menegaskan optimismenya kepada timnya di ajang ini. Ia berencana akan memasang pemain terbaik yang dimilikinya walaupun jadwal yang sangat padat dan keharusan menjaga Spurs tetap berada di jalur perebutan titel juara English Premier League.

“Bagi kami (ajang) ini amat penting,” ujarnya kepada BBC.

“Saya dapat mengerti karena posisi kita di klasemen merupakan peluang besar untuk (gelar) Premier League, tapi bagi saya ketika anda berada di klub besar seperti Tottenham, anda ingin mencoba memenangkan semua kompetisi dan pertandingan,” tutupnya.

Pelatih berkebangsaan Argentina tersebut yakin Spurs yang sekarang adalah tim yang berbeda, sehingga ia yakin tidak akan menuai hasil yang sama kala harus berjumpa melawan Fiorentina.

“Betul kami mengalami peningkatan sejak tahun lalu,” ujarnya. “Kami bisa katakan bahwa kami masih merupakan tim dengan skuat termuda di Inggris dan kami tetap perlu peningkatan dan kerja keras,”tutup eks-pelatih Espanyol ini.

Harry Kane dkk., akan tampil tanpa Jan Vertonghen yang cedera. Sementara Nacer Chadli dan Nabil Bentaleb diharapkan bisa masuk kedalam tim setelah pulih dari cedera.

Sementara itu di kubu tuan rumah, Fiorentina, juga sedang dalam performa baik. Pasukan asuhan Paulo Sousa ini tidak terkalahkan di lima laga terakhir dan mencatat rekor tidak pernah kalah maupun kebobolan di kandang melawan kesebelasan asal Inggris. Terakhir, mereka mengalahkan Inter 2-1 yang membuat mereka naik ke spot Liga Champions.

Laga ini akan menjadi laga yang seru, karena baik Fiorentina dan Spurs sama-sama sedang berada pada jalur perebutan juara di liga domestik. Fiorentina berada di posisi ketiga, sementara Spurs berada di posisi kedua, hanya terpaut dua poin dari pemuncak klasemen Leicester City. Tim asal London Utara ini juga menang beruntun dalam 7 laga terakhir.

Bukan tidak mungkin keduanya akan kembali bertemu di Champions League musim depan asalkan mereka bisa menjaga konsistensi permainan.

Seperti yang diungkapkan Mauricio Pochettino, bahwa Tottenham Hotspur menginginkan semua gelar di semua turnamen yang masih mereka ikuti. Laga ini bisa jadi momentum Spurs untuk tetap menjaga asa meraih gelar atau malah menjadi keledai karena jatuh ke lubang yang sama.

(tr)

sumber lain: dailymail, fourfourtwo

sumber foto: guardian

Komentar