Cedera Rooney dan Akibat-Akibat di Belakangnya

Berita

by redaksi

Cedera Rooney dan Akibat-Akibat di Belakangnya

Manchaster United harus kehilangan Wayne Rooney akibat cedera lutut yang dideritanya. Cedera ini didapat saat Rooney menjalani latihan. Dikhawatirkan kalau cedera ini akan membuat Rooney tidak dapat memperkuat Setan Merah selama dua bulan ke depan.

Kabar cedera Rooney ini membuat panik sang pelatih, Louis Van Gaal. Belum membaiknya prestasi MU di bawah kepemimpinan dirinya dipersulit oleh cedera salah satu pemain yang saat ini sedang memberikan performa terbaiknya.

"Kami memiliki 13 pemain yang cedera dan Rooney adalah salah satunya. Anda tidak bisa bilang sampai kapan dia akan menepi dari pertandingan. Dia memiliki masalah di lututnya jadi kami akan melihat perkembangannya. Dia telah mencetak banyak sekali gol dan kehadiran dirinya sangat penting untuk kami. Kami mengetahui (tentang ketergantungannya terhadap Rooney) namun kami harus mengatasi hal tersebut," ungkap Van Gaal kepada MUTV.

Kekhawatiran Van Gaal cukup berasalasan atas kepergian kapten Timnas Inggris tersebut. Walaupun awalnya mendapat kritikan karena tidak mampu mencetak gol di laga-laga awal Manchester United, namun belakangan ia kembali dalam performa terbaik. Dalam 10 pertandingan terakhir ia mampu mencetak tujuh gol dan menyumbangkan tiga assist.

Mantan Pelatih Timnas Belanda ini kemungkinan besar akan menempatkan Anthony Martial sebagai ujung tombak Setan Merah saat melawan Midtjylland dalam lanjutan laga 32 Besar Europa League. Padahal meneer Belanda ini mengharapkan Rooney bisa melanjutkan ketajamannya guna langkah memuluskan langkah Setan Merah di Eropa League.

Seperti diketahui bahwa UEFA telah mengganti peraturan di mana pemenang atau juara dalam UEFA League berhak mengikuti Liga Champions musim depan. Di tengah performa di kompetisi domestik yang masih angin-anginan, mengincar target juara UEFA League bolehlah dipandang sebagai salah satu opsi yang paling mungkin dikejar United untuk berlaga di Liga Champions musim depan.

Cedera yang dialami Rooney juga menjadi perhatian pelatih timnas Inggris, Roy Hodgson. Selain tidak mampu memainkan Rooney dalam laga ujicoba melawan Belanda dan juga Jerman di bulan depan, mantan pelatih Liverpool ini juga mengkhawatirkan kebugaran Rooney ketika Timnas Inggris akan berlaga di Piala Eropa 2016.

Absennya seorang Rooney mungkin dapat dimanfaatkan oleh beberapa pemain muda Setan Merah, semisal Anthony Martial dan juga Memphis Depay . Martial dapat dipasang sebagai penyerang tengah dan Memphis dapat mengisi posisi yang ditinggalkan Martial di sisi kiri penyerangan MU. Namun persoalan tetap saja tak bisa ditutupi: kehilangan seorang pemain yang sedang tajam-tajamnya, apalagi ia seorang kapten, dalam waktu yang tidak bisa ditentukan, bukan hal mudah untuk diatasi.

Inkonsistensi penampilan MU sepanjang musim ini sama sekali tidak terbantu dengan absennya Rooney. Ini kian mempersulit tentu saja. Bukan tidak mungkin United akan kembali mengulangi kegagalan musim sebelumnya: nihil gelar. Kian menyedihkan jika musim depan United juga hanya menjadi penonton dalam gelaran Liga Champions.

(upi)

Komentar