Siapa Lagi Pemain yang Bisa Didapatkan Secara Gratis?

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Siapa Lagi Pemain yang Bisa Didapatkan Secara Gratis?

Joel Matip telah pasti akan bergabung ke Liverpool pada akhir musim nanti dengan status bebas transfer. Sebuah transfer yang jelas menguntungkan bagi Liverpool mengingat Matip merupakan bek andalan Schalke, cocok dengan taktik yang dimainkan Jurgen Klopp, dan didapatkan tanpa harus mengeluarkan sepeser pun biaya transfer.

Para pemain yang sudah memasuki enam bulan terakhir kontraknya bersama sebuah kesebelasan memang boleh menjalani negosiasi dengan kesebelasan lain berkat sebuah aturan yang dikenal dengan nama Aturan Bosman.

Di bawah ini adalah pemain-pemain yang kontraknya akan habis pada akhir musim ini. Sama seperti Matip, para pemain di bawah ini pun bukan tak mungkin akan muncul di pemberitaan telah menjalin kesepakatan dengan kesebelasan yang akan mereka bela musim depan dalam waktu dekat.

Penjaga Gawang

Nyaris tak ada nama besar dari posisi penjaga gawang yang bisa didapatkan gratis pada akhir musim ini. Yang paling cukup dikenal mungkin hanya kiper-kiper senior seperti Steve Mandanda, Artur Boruc, Robert Green, atau Eiji Kawashima.

Tapi di Italia, tampaknya sejumlah kesebelasan akan berebut untuk mendapatkan Gianluca Pegolo. Kiper berusia 34 tahun ini merupakan salah satu sosok penting Sassuolo yang dalam dua musim terakhir mmerupakan bagian penting dari keberhasilan mereka bisa selalu bersaing di papan tengah.

Pemain Belakang

Bagi kesebelasan yang membutuhkan pemain pada pos bek tengah untuk musim depan masih memiliki opsi beberapa nama senior setelah Joel Matip hijrah ke Liverpool. Mereka adalah John Terry, Andrea Barzagli, Martin Caceres, Ron Vlaar, Daniel Agger, Martin Demichelis, Kolo Toure, Philippe Senderos, dan Alex. Namun beberapa nama masih mungkin memperpanjang kontrak, seperti Terry, Barzagli, dan Caceres.

Sama seperti pada pos bek tengah, pos full-back pun tersedia pemain-pemain senior. Mereka adalah Yuto Nagatomo, Darijo Srna, Patrice Evra, Maxwell, Alvaro Arbeloa, Maicon, dan Jose Bosingwa. Namun masih ada nama Gregory Van der Wiel yang cukup berkualitas untuk didapatkan.

Selain itu, bek kiri milik Fenerbahce, Caner Erkin yang memiliki banderol 8 juta poundsterling juga bisa menjadi perekrutan yang menguntungkan karena bisa didapatkan tanpa biaya transfer. Bagi kesebelasan Liga Inggris, nama mantan bek sayap Manchester United, Fabio, bisa dipertimbangkan untuk direkrut secara gratis.

Pemain Tengah

Setidaknya ada lima gelandang bertahan yang cukup berkualitas dan bisa didapatkan secara gratis. Mereka adalah Miguel Veloso, Mehmet Topal, Ever Banega, Havard Nordtveidt dan Roman Neustadter. Jika ingin mendapatkan pemain senior, opsi yang tersedia adalah Michael Carrick, Antonio Nocerino, Riccardo Montolivo, Raul Meireles, Tiago, Simone Padoin, Mikel Arteta dan Mathieu Flamini.

Untuk gelandang serang, Hatem Ben Arfa menjadi nama yang paling diperbincangkan karena tampil impresif bersama OGC Nice. Merekrut Ben Arfa memang lebih menjanjikan ketimbang nama lain yang tersedia seperti Tomas Rosicky, Ricardo Alvarez, Joe Cole, atau Yoann Gourcuff.

Pemain Depan

Beberapa nama populer tersedia di lini depan. Mereka adalah Zlatan Ibrahimovic, Ezequiel Lavezzi, dan David Villa. Namun hanya Lavezzi yang sudah santer diberitakan tengah diincar kesebelasan lain. Bahkan tak menutup kemungkinan ia akan lebih cepat hengkang andai ia bersedia bermain di Liga Tiongkok.

Namun untuk investasi jangka panjang, terdapat nama Soufiane Feghouli dan Andrija Zivkovic yang beroperasi di sayap. Sementara untuk para pemain depan berpengalaman, selain tiga nama yang sudah disebutkan di atas, masih ada nama-nama seperti Helder Postiga, Emmanuel Adebayor, Marouane Camakh, Kevin Kuranyi, Luca Toni, dan Francesco Totti. Tapi dua nama terakhir tampaknya akan lebih memilih gantung sepatu pada akhir musim nanti.

foto: esporte.uol.com

Komentar