Celah di Lini Tengah Fiorentina yang Bisa Dimanfaatkan Inter Milan

Analisis

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Celah di Lini Tengah Fiorentina yang Bisa Dimanfaatkan Inter Milan

Fiorentina merupakan kesebelasan yang mematahkan keperkasaan Internazionale Milan pada awal musim ini. Inter yang memanangkan lima pertandingan awal Serie-A 2015/2016, dihajar Fiorentina dengan skor 4-1 di kandangnya sendiri, Stadion Giuseppe Meazza, Senin (28/9/2015). Tentu saja Inter ingin membalaskan dendamnya pada putaran pertama itu. Mereka berhasrat mengalahkan Fiorentina di Stadion Artemio Franchi pada dini hari nanti waktu Indonesia, Senin (15/2).

Tapi untuk memenuhi ambisi itu tidaklah mudah. Salah satu faktornya jika dilihat dari beberapa pertandingan terakhir kedua kesebelasan di mana Fiorentina berhasil memetik dua kemenangan, dua imbang dan satu kalah, dari lima laga terakhir di Serie-A 2015/2016.

Sementara Inter cuma memetik satu kemenangan dari lima laga terakhirnya. Sisanya, mereka mengalami dua kekalahan dan dua kali imbang dari pertandingan Serie-A dan Coppa Italia musim ini. Inter juga tidak bisa menurunkan gelandangnya, Felipe Melo, karena akumulasi kartu kuning.

Hukuman kartu juga membuat gelandang serang Fiorentina, Matias Fernandez, tidak bisa tampil. Absennya Fernandez, disusul Milan Badelj, gelandang bertahan, karena cedera. Untungnya, kedua kesebelasan ini memiliki skuat yang mendalam di lini tengah.

Inter dan Fiorentina tengah bergelut untuk memperebutkan posisi tiga yang ditempati AS Roma di klasemen sementara musim ini. Fiorentina berada di peringkat empat dengan 46 poin dan Inter berada di bawahnya dengan koleksi 45 poin. Sementara itu Roma berada di peringkat tiga dengan 47 poin.

Line Up Fiorentina VS Inter

Sasar Pertahanan Kanan Fiorentina

Tampil di kandang sendiri akan diperkirakan membuat Fiorentina bermain menyerang. Maka dari itulah Paulo Sousa diperkirakan bakal memasang Federico Bernardeschi ketimbang Jacub B?aszczykowski di posisi sayap kanan. Bernardeschi memang punya naluri menyerang yang baik dan kerap merepotkan pertahanan lawan, namun jarang melakukan transisi bertahan dengan baik dibanding B?aszczykowski.

Bernardeschi jarang membantu pertahanan dengan sempurna. Hal itu membuat Facundo Roncaglia kerap kebingungan mengawal pertahanan sisi kanan mau pun tengah. Apalagi pertandingan nanti tanpa diperkuat Badelj, sehingga Roncaglia akan dikhawatirkan ketika bergerak menjaga sisi kanan pertahanannya. Biasanya, Badelj turun ke bawah mengisi kekosongan Roncaglia di pertahanan. Seperti yang diketahui jika Matias Vecino dan Borja Valero, merupakan gelandang dengan naluri menyerang lebih tinggi.

Sisi kanan pertahanan Fiorentina kawalan Roncaglia bisa dimanfaatkan Inter sebagai sasaran serangan. Bernardeschi yang sering lupa membantu pertahanan harus bisa diekploitasi. Citadin Eder bisa dijadikan andalan untuk menghancurkan sisi kanan pertahanan Fiorentina itu mengingat mantan pemain Samdporia ini punya kecepatan dan dribel yang baik. Apalagi Eder bisa dibantu Alex Telles, full-back kanan, yang memiliki naluri menyerang cukup mumpuni.

Mengirim umpan-umpan jauh ke sisi kanan pertahanan Fiorentina akan membantu kombinasi Eder dan Telles. Apalagi serangan Fiorentina sering meninggalkan celah besar di sektor tersebut. Umpan-umpan ke sisi kanan tersebut bisa menjadi cara terbaik bagi Marcelo Brozovic atau Geoffrey Kondogbia. Mereka pun tidak perlu khawatir karena umpan-umpan itu bisa diatasi oleh kecepatan Eder.

Hanya saja yang perlu diasah oleh Inter adalah penyelesaian akhir mereka yang tidak terlalu tajam beberapa pertandingan terakhir. Tapi setidaknya tiga gol ke gawang Verona pada laga sebelumnya bisa terulang pada pertandingan nanti.

Menangkan Duel Lini Tengah Inter

Inter memang bisa memanfaatkan peluang melalui permainan menyerang Fiorentina. Tapi hal itu bisa dilakukan jika mereka berhasil memiliki celah untuk melepaskan umpan ke sepertiga akhir pertahanannya. Sementara itu Fiorentina merupakan kesebelasan yang melakukan aksi defensive di area lawannya.

Mereka menumpuk para gelandangnya di area lawan. Dua gelandang tengahnya ditempatkan cukup tinggi untuk membantu menguasai area lawan, dengan cara merebut bola secepat mungkin. Hal tersebut mungkin dipakai pada laga nanti, apalagi Inter tampil tanpa gelandang Melo yang biasanya melindungi area tengah dari serangan-serangan agresif.

Sehingga bukan tidak mungkin Brozovic dan Kondogbia akan menjadi sasaran pressing Fiorentina nanti. Mereka berdua harus pintar-pintar mencari celah dari pola permainan Fiorentina. Begitu juga bagaimana Gary Medel melindungi para gelandang kreatifnya itu. Jika tidak, Inter akan kembali dipermalukan seperti saat melawan Milan, sehingga mereka gagal membalaskan dendam kepada Fiorentina.

Maka dari itulah Fiorentina harus memenangi duel lini tengah area lawan, seperti Milan yang membatasi pergerakan Brozovic dan Kondogbia dengan permainan Juraj Kucka. Tapi sayangnya, Fiorentina kehilangan Badelj sebagai gelandang gelandang perebut bola. Walau Badelj tidak se-mobile Kucka, namun penjagaannya cukup menyulitkan lawan.

Kemungkinan Vecino akan bekerja sendirian pada laga nanti, mengingat Valero cenderung lebih menjadi seorang kreator serangan. Fiorentina juga harus ikut memaksimalkan kedua sayapnya untuk membantu melakukan tekanan ke sektor tengah. Kendati demikian, tidak akan dimungkiri jika serangan Fiorentina akan sangat ditakuti Inter pada laga nanti.

Komentar