Pengorbanan-pengorbanan Kevin Strootman untuk AS Roma

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Pengorbanan-pengorbanan Kevin Strootman untuk AS Roma

Kevin Strootman merupakan gelandang AS Roma yang bergelut dengan cedera ACL ligamen lutut sejak 2014 lalu. Bahkan, ia sempat divonis tidak akan bisa merumput kembali. Kabar itu didapatkannya karena ia mengalami Syndrom Cyclops setelah operasi keduanya. Syndrom Cyclops adalah sebuah gangguan yang dialami setelah menjalani prosedur pembedahan dan rekontruksi ligamen lutut.

Kendati demikian, Strootman tetap menjalani seluruh prosedur agar tetap berpeluang sembuh dan tidak ingin menyerah begitu saja. Bahkan ia harus melakukan operasi yang ketiga kalinya pada September 2015, kemudian naik lagi ke meja perawatan untuk penyempurnaan pada Desember 2015.

Usai menjalaninya, Strootman tidak langsung sembuh. Dirinya memerlukan waktu dua sampai tiga bulan untuk melihat hasil operasinya sejak September. Artinya, Strootman diperkirakan baru bisa mengetahuinya hasilnya pada awal tahun ini.

Sambil menunggu hasil operasinya, Strootman tengah menanti janji Presiden Roma, James Pallotta, yang akan memperpanjang kontraknya. Strooman sendiri terikat bersama Roma sampai 2018 sejak didatangkan dari PSV Eindhoven pada 2013 lalu. Rencananya, kontrak pemain bernomor punggung enam ini  akan diperpanjang sampai 2020 nanti.

"Saya merasa benar-benar didukung klub dari operasi pertama sampai sekarang. Mereka selalu mendukung saya. Direktur, pelatih, rekan-rekan... semua orang yang terlibat di klub, juga para pendukung. Saya mendapatkan banyak dukungan dari mereka, terutama di periode sulit seperti ketika saya harus menjalani operasi lainnya," ungkap Strootman seperti dikutip dari Goal.

Baca juga: Giuseppe Rossi, Dari Cedera Sampai Pemotongan Gajinya.

Rupanya, sodoran kontrak baru itu tidak langsung diberikan kepada pemain asal Belanda ini. Strootman baru resmi memperpanjang kontraknya ketika kembali ke skuat utama. Sehingga ia harus menjalani proses pemulihan fisiknya dulu bersama tim Primavera Roma.

Namun, ia memiliki syarat untuk bertanding bersama Primavera Roma. Tim medis melarang Strootman berlaga di lapangan rumput sintetis atau lapangan yang jelek untuk saat ini. Dirinya hanya diizinkan bertanding di lapangan dengan rumput asli dan alami. Pasalnya, pertandingan primavera sempat direncanakan bakal digelar di lapangan rumput sintetis.

Pemulihan fisik Strootman diharapkan bisa benar-benar stabil pada Februari ini. "Saya merasa jauh lebih baik. Saya akan memainkan pertandingan singkat dengan Primavera, kemudian kembali ke latihan dengan tim utama pada pertengahan Februari," ujar Strootman seperti dikutip dari Footbal-Italia.

Tapi ia merasa sedih jika kembali ke skuat utama nanti. Pasalnya, Strootman sudah tidak dilatih lagi oleh Rudi Garcia yang dipecat pada Januari lalu. Padahal, Garcia-lah yang membawa Strootman berkarir di Ibu Kota Italia. Selain itu Strootman juga harus menahan kekecewaan lainnya. Hal tersebut karena ia tidak termasuk dalam skuat Roma yang akan berlaga di sisa pertandingan Liga Champion musim ini. Strootman harus rela dikorbankan karena Roma hanya diizinkan mendaftarkan 22 pemain.

Roma mendaftarkan 22 pemain karena menjalani hukuman Financial Fair Play (FFP) dari FIFA. Sehingga mereka lebih memilih mendaftarkan Stephan El Shaarawy, Diego Perotti, dan Ervin Zukanovic sebagai pengganti baru. Mereka pun menutupi slot sepeninggal Juan Iturbe dan Gervinho yang hengkang dari Roma.

Ralat 6/2/2016 14.00 WIB

Kevin Strootman terdaftar di rilisan terbaru skuat AS Roma untuk berlaga di Liga Champions


Sumber lain: Daily Mail, ESPN FC, Gazzetta World, Roma Press.

Komentar