Mulutmu Harimaumu, Gary Neville!

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Mulutmu Harimaumu, Gary Neville!

Barcelona menang 7-0. Barcelona menang dengan skor besar mungkin bukan hal yang aneh, tapi jika tujuh gol tanpa balas itu dilesakkan ke gawang Valencia, hasil tersebut cukup mengejutkan. Valencia, seburuk apapun penampilan mereka musim ini, adalah salah satu kesebelasan besar di Spanyol.

Tapi yang lebih menarik bukan hanya kekalahan Valencia saja, melainkan kekalahan Gary Neville, sebagai pelatih Valencia, dari Barcelona dengan skor 7-0. Ini mengingat apa yang diucapkannya saat menjadi komentator pada tahun lalu.

Pada 15 April 2015 lalu, Neville dalam sebuah acara TV memberikan pendapatnya tentang Barcelona yang selalu menang dengan marjin besar. Bahkan ia mengolok manajer yang dikalahkan dengan skor besar bahwa sebagus apapun Barca, tak seharusnya kalah dengan skor telak.

“Anda melihat banyak kesebelasan datang ke Nou Camp dan dikalahkan dengan skor 5, 6, 7-0. Barca kesebelasan yang bagus, mereka sangat bagus. Tapi jika saya terlibat dalam sebuah kesebelasan dan dikalahkan dengan skor 7-0 di sana, saya berjanji tidak akan menemui keluarga saya lagi,” tukas Neville kala itu.

Pada kesempatan lain, Neville juga pernah berkomentar tentang Arsenal yang akan kembali menghadapi Barcelona di babak 16 besar Liga Champions musim ini. Di sana ia membeberkan cara untuk Arsenal agar bisa mengalahkan Barcelona. Karenanya kekalahan ini pun menjadi olokan dari sejumlah penjuru Inggris.

">February 3, 2016

Neville sendiri sebelumnya pernah merasakan atmosfer yang ada di Nou Camp. Pada 1999, ketika ia masih bermain, ia bersama Manchester United berhasil mengangkat trofi Liga Champions di stadion kebanggaan Barcelona tersebut usai mengalahkan Bayern Munchen. Sebelum laga melawan Barcelona malam tadi (3/2), ia pun sempat mengenang momen tersebut.

“Saya sudah tidak sabar. Ada sejumlah momen untuk karier kepelatihan saya dengan apa yang saya alami sebagai pemain. Saya kembali ke Nou Camp dengan kapasitas berbeda sejak 1999. Tapi pertandingan Rabu ini berbeda dan Stadion ini memberikan banyak kenangan bagi saya. Saya pikir itu merupakan kenangan terbaik saya,” ujar Neville seperti yang dikutip Mirror.

Namun yang terjadi kemudian pada pertandingan tersebut tampaknya akan memberikan kenangan terburuk bagi Neville. Kekalahan 7-0 atas Barcelona, apalagi dengan apa yang pernah ia ucapkan, jelas akan menjadi sesuatu hal yang memalukan dalam kariernya. Mungkin ia perlu hadir di sebuah acara TV dan mengomentari atau menganalisis kesalahan manajerialnya di Valencia saat ini seperti ketika ia mengkritik manajer lain selama ia menjadi komentator.

foto: irishmirror.co.uk

Komentar