Menang Atas MK Dons, Chelsea Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Menang Atas MK Dons, Chelsea Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan

MK Dons gagal mewujudkan ambisinya setelah dikalahkan Chelsea dengan skor telak 1-5. Sebelum pertandingan digelar, MK Dons berharap bisa kembali menjungkalkan salah satu kesebelasan besar Liga Primer seperti musim lalu kala mereka mengalahkan Manchester United di Piala Liga.

Namun ternyata Chelsea tampil ganas pada laga ini. Sebanyak 24 tembakan dilepaskan ke gawang MK Dons yang dikawal David Martin. Chelsea sendiri memang tampil dengan skuat utamanya di mana masih terdapat nama-nama seperti Diego Costa, Oscar, Eden Hazard, Nemanja Matic, Cesc Fabregas, John Terry, Branislav Ivanovic, dan Thiabut Courtois. Tiga lainnya adalah Ruben Loftus-Cheek, Baba Rahman dan Gary Cahill yang jarang mendapatkan kesempatan bermain dari Guus Hiddink.

Hiddink sendiri mengakui bahwa ia memang tak menganggap remeh lawan meski MK Dons berlaga di divisi yang lebih rendah. Ia juga sangat senang atas performa yang anak asuhnya tunjukkan pada pertandingan babak keempat Piala FA tersebut.

“Kami perlu menganggap setiap pertandingan melawan kesebelasan manapun dengan penuh rasa hormat, meski lawan datang dari divisi bawah,” ujar Hiddink melalui laman resmi Chelsea. “Tapi kami juga senang atas performa kami. Pada 20 menit pertama, kami menunjukkan ambisi untuk unggul cepat tapi kami sempat lupa bagaimana caranya mencetak gol. Mereka sempat menyamakan kedudukan, namun reaksi para pemain sangat bagus.”

Pada laga ini, Oscar mencetak hat-trick pertamanya untuk Chelsea. Trigolnya itu pun merupakan trigol sempurna karena diciptakan secara beruntun pada babak pertama. Gol pertamanya dicetak pada menit ke-15. Sempat disamakan Darren Potter, Oscar kemudian mencetak dua gol pada menit ke-32 dan ke-44 setelah mendapatkan assist dari Loftus-Cheek dan Fabregas.

Gol keempat Chelsea diciptakan oleh Hazard melalui titik putih. Gol ini sekaligus mengakhiri paceklik golnya pada musim ini. Terakhir kali gelandang asal Belgia tersebut mencetak gol adalah pada 5 Mei 2015 kala menghadapi Crystal Palace di ajang Liga Primer.

Manajer Chelsea, Guus Hiddink, mengapresiasi atas penampilan Hazard pada laga melawan MK Dons tersebut. Meski idealnya penalti dilakukan oleh Oscar, namun Hiddink tak mempermasalahkannya meski misalnya Hazard gagal mengeksekusi penalti sekalipun.

“Kami memiliki hierarki penendang penalti, dan yang pertama adalah Oscar. Tapi mereka memberikan kesempatan itu padanya [Hazard]. Saya senang ia bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik,” tutur Hiddink tentang anak asuhnya itu.

Banyak pengamat yang menyebut bahwa penampilan Chelsea melawan MK Dons merupakan penampilan terbaik Chelsea pada musim ini. Namun Hiddink tak terlalu memedulikannya karena tiap kompetisi memiliki level permainanan berbeda. Hanya saja dari kubu lawan, Manajer MK Dons, Karl Robinson, mengakui bahwa Chelsea bermain luar biasa.

“Mereka sangat luar biasa. Mereka menunjukkan permainan kelas atas hari ini dengan kecepatan aliran bola, etos kerja pemain, dan pressing. Anda lupa bahwa mereka merupakan para pemain terbaik di Liga Primer musim lalu,” aku Robinson.

Atas kemenangan atas MK Dons, Chelsea pun akan menghadapi Manchester City (yang menyisihkan Aston Villa) pada babak kelima nanti. Hiddink sendiri mengganggap laga tersebut seperti babak final karena jika berhasil mengalahkan Man City maka kemungkinan Chelsea untuk juara akan semakin terbuka lebar.

Lima gol yang dicetak ke gawang MK Dons sendiri merupakan gol Chelsea dalam satu pertandingan terbanyak pada laga ini. Selain itu, kemenangan atas MK Dons membuat Chelsea tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan atau lebih tepatnya tak terkalahkan sejak ditangani oleh Guus Hiddink.

foto: newsfisher.io

Komentar