Neymar dan Kontrak Bernilai Fantastis yang Belum Ditandatangani

Berita

by Redaksi 46

Redaksi 46

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Neymar dan Kontrak Bernilai Fantastis yang Belum Ditandatangani

Penggemar Barcelona mungkin sempat merasa khawatir saat Roberto Carlos berkelakar kalau ia akan membawa Neymar bersamanya di Real Madrid. Namun, kepindahan tersebut urung—bahkan mustahil—terjadi.

Sebelumnya, Carlos menyatakan kalau pernyataannya yang akan memboyong Neymar hanyalah gurauan. Meskipun demikian, pemikiran “liar” Carlos bukan tidak mungkin terjadi. Terlebih perpindahan antar dua klub, Real Madrid dan Barcelona, pernah terjadi sebelumnya.

Tapi, tenang. Neymar sudah mengonfirmasi bahwa ia tak akan ke mana-mana. Dalam wawancaranya dengan Bein Sports seperti yang dikutip Marca, Neymar menyatakan kalau dia saat ini amat senang berada di Barcelona dan mendapatkan semua hal yang ia butuhkan.

“Sulit untuk pergi dari sini karena aku menemukan kota yang hebat, kesebelasan yang spektakuler, para pemain kelas dunia, dan kepindahan itu akan sulit buatku. Namun, kita mesti melihat dari setiap sudut pandang. Itu adalah keputusan yang sulit. Tapi kita harus tetap tenang karena aku masih punya beberapat tahun di Barca,” ujar Neymar.

Neymar pun meminta para penggemar Barca untuk tetap tenang. Apalagi Neymar amat terobsesi untuk meraih treble serta menjadikan Barca sebagai kesebelasan terbaik dan terbesar di dunia.

“Aku merasa lebih baik sekarang ketimbang saat aku pertama kali ke sini. Aku merasa seperti di rumah, terlebih aku bisa bermain sepakbola dengan gayaku sendiri. Pelatih dan semua pemain membiarkanku bermain sesuai permainanku,” kata pemain yang ditransfer dari Santos ini.

“Aku mencintai Barca dan ini adalah sebuah kehormatan untuk bisa menjadi pahlawan bagi sejumlah orang yang mendukung klub yang aku sendiri menjadi penggemarnya. Bahkan, sejak kecil aku pikir aku akan amat senang untuk bermain di Barcelona, dan di sinilah aku sekarang. Aku menikmati mimpiku dan berpikir apa hal yang bisa aku lakukan buat Barcelona.”

Bukan Demi Uang

Apa yang diucapkan Neymar mendapatkan apresiasi khusus dari anggota dewan klub, Javier Bordas. Menurutnya kesebelasan lain bisa saja mendapatkan apa yang diinginkan Neymar.

“Adalah Sandro Rosell yang membawa Neymar ke mari. Kami akan selalu bahagia memilikinya, dan saat itu, ini bukanlah tugas yang mudah karena dia punya kesempatan memilih kesebelasan manapun. Mengesampingkan fakta kalau dia bisa mendapatkan lebih di tempat manapun, dia memutuskan untuk datang ke Barcelona,” kata Bordas menekankan.

“Saat ini dia sudah menetap dan terintegrasi penuh dengan tim, memenangi semua hal dan sebagai anggota dari trio penyerang. Aku pikir amat aneh kalau dia pergi karena dia bahagia. Dia telah menunjukkan bahwa uang bukanlah prioritas baginya dan aku yakin dia akan memperpanjang kontraknya,” ucap Bordas.

Pria yang mengurusi tim utama Barca ini pun menyatakan kalau hingga saat ini belum ada kontak dari Real Madrid jika mereka menginginkan Neymar. Ia menyatakan kalau Madrid pasti bicara pada Barca karena Madrid selalu melakukan penjajakan transfer lewat jalan yang benar.

Barcelona sendiri tengah mengusahakan perpanjangan kontrak Neymar yang berakhir pada Juni 2018. Ini terjadi setelah Qatar Airways membuka kembali perjanjian kontrak penempatan sponsor di kostum Barca. Sebab, menurut James Benge dari London Evening Standard, Neymar meminta gajinya dinaikkan menjadi 500 ribu pounds perpekan!

Dalam klausul kontraknya seperti yang dikutip Bleacher Report, Neymar punya klausul buy-out senilai 180 juta euro! Namun, hal ini tidak membuat Barca aman karena Manchester United bisa saja menebus angka tersebut. Dari sumber yang sama, Barca ingin klausul buy-out Neymar mencapai satu miliar euro!

Barca tidak bisa begitu saja menyetujui kenaikan gaji tersebut meski mereka memiliki kekayaan berlimpah. Selain akan melanggar aturan FFP, menurut Independent, La Liga menerapkan batas maksimal gaji dalam setahun yakni 421 juta euro, sementara Barca saat ini sudah mengeluarkan 419 juta euro untuk gaji.

Soal kontrak Neymar, pelatih Barca, Luis Enrique, menyatakan kalau ia percaya Neymar akan memperpanjang kontrak. Soal kemungkinan Neymar yang ingin bekerja sama dengan Pep Guardiola di Manchester City (?), Enrique cuma menjawab begini, “Neymar punya selera yang bagus.”

foto: thenational.ae

Komentar