Kasus Penggelapan Pajak, Skandal Baru dari Italia

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Kasus Penggelapan Pajak, Skandal Baru dari Italia

Sepakbola Italia seperti tidak pernah bisa lepas dari skandal. Setelah skandal pengaturan skor 10 tahun yang lalu, kali ini beberapa klub dan tokoh-tokoh sepakbola terganjal kasus penggelapan pajak dalam aktivitas transfer pemain dari 2009 hingga 2013.

Polisi Italia menyita barang bukti sebesar 12 juta euro yang diusut kejaksaan Naples. Kemudian mereka mengincar sedikitnya 64 ekeskutif klub, pemain dan agen dari 35 klub Serie-A dan B terkait dengan penggelapan pajak dan pembukuan palsu. Mantan-mantan pemain top Liga Italia seperti Adrian Mutu, Hernan Crespo, Marek Jankulovski, Ezequiel Lavezzi, Diego Milito dan lainnya pun menjadi terduga penggelapan pajak.

 Baca juga : Lima Kejahatan Ekonomi dalam Sepakbola.

Sementara itu penggelapan pajak ini mencurigai adanya keterlibatan petinggi-petinggi klub semacam Adriano Galliani (AC Milan), Claudio Lotito (Lazio), Aurelio De Laurentiis (Napoli) dan lainnya. Pihak Otoritas keuangan di Italia pun sudah menggeledah kantor Milan di Casa, Kota Milan. Tapi penyelidikan untuk Galliani dihentikan sementara kerana tidak cukup bukti.

Sementara itu pihak Milan sendiri mengeluarkan pernyataan resmi, bahwa Galliani tidak terlibat dalam kasus penggelapan pajak, "Cerita ini sangat termajinalkan dan tidak memiliki dasar. Kami akan menemukan resolusi dalam hal perpajakan ini dan menginvestigasi kriminalisasi pada waktunya," tulis pernyataan resmi Milan.

Sementara itu belum ada pemerikasaan kepada klub lain, seperti halnya Lazio yang dikemukakan melalui jajaran ahli hukumnya, "Saya telah berbicara dengan Lotito dan ia belum menerima surat perintah yang menunjukan ia sedang diselidiki, tidak ada pemberitahuan. Jaksa tidak perlu dibawa dan bahkan hari ini kita tidak punya pemberitahuan setiap tindakan kita yang perlu diambil. Tidak ada tanda-tanda sebelumnya dan jika ada pencarian, Lotito akan mengatakannya kepada saya," ujarnya seperti diktuip dari Gazzetta World.

Sementara itu Calo Tavecchio, Presiden FIGC masih belum memberikan komentar terkait kasus ini. Sedangkan pihak Komite Olimpiade Nasional Italia menghimbau agar kasus ini bisa segera diselidiki dan diklarifikasi oleh para terduga penggelapan pajak. Pasalnya, jika dugaan-dugaan itu terbukti, mereka harus rela masuk ke dalam penjara Italia.

Sumber lain : Football Italia.

Komentar