Gelar Individu yang Buktikan Kualitas Patrick Vieira

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Gelar Individu yang Buktikan Kualitas Patrick Vieira

Patrick Vieira bukan sosok yang memiliki kemampuan individu yang mencolok dalam sepakbola. Gaya bermainnya kaku, dan tugasnya di lapangan hanya merusak permainan lawan. Melihat permainannya yang seperti itu, mungkin banyak yang nyinyir jika Vieira mendapat gelar individu.

Senin (25/1) pagi waktu Indonesia, tak ada yang menghujat gaya permainannya atau meledek kecurangannya di lapangan, namun lebih ke rasa hormat dan kagum kepada Vieira. Sebab, ia memperoleh penghargaan kehormatan dari Football Writers Association (FWA) atau Asosiasi Jurnalis dan Koresponden Sepakbola Inggris di London’s Savoy Hotel.

Penghargaan ini sendiri diberikan kepada sosok yang memiliki jasa besar dalam mengangkat persepakbolaan Inggris ke level yang lebih baik, dan FWA merasa Vieira merupakan salah satu sosok yang membuat sepakbola Inggris semakin berkembang.

FWA yang juga memberikan gelar individu bergengsi bagi pesepakbola Inggris, Professional Footballers Association (PFA) Players’ Player of the Year (PPY), Fans' Player of the Year award (FPY), dan Young Player of the Year award (YPY), ini mengungkapkan bahwa jasa Vieira terhadap pesepakbolaan Inggris umumnya dan Arsenal khususnya, merupakan suatu hal yang sangat besar nilainya dalam sejarah sepakbola di Inggris.

Vieira pun mengaku kaget mendapatkan penghargaan ini. Pasalnya dengan penghargaan ini, namanya kini sudah sejajar dengan sosok-sosok yang memiliki pengaruh besar di Inggris seperti Sir Bobby Robson, Sir Bobby Charlton, hingga mentornya, Arsene Wenger.

“Inggris merupakan negara yang sangat spesial, karena karier terbaik saya terjadi di negara ini. Jika harus mengucapkan terimakasih tak perlu rasanya untuk bilang ke saya, namun harusnya saya berterimakasih karena di negara ini saya belajar menjadi sesosok pria,” ujar pria 39 tahun ini.

Mantan rekan satu tim Vieira, Martin Keown juga menyampaikan ucapan selamatnya kepada Vieira. Sebab, jika ia tak bermain istimewa di masa-masa Arsenal jadi juara, tak akan ada rasanya “The Invincibles”.

“Banyak pendukung Arsenal yang mengatakan bahwa Thierry Henry dan Dennis Bergkamp adalah pemain yang istimewa dan mereka membuat patung keduanya di luar Emirates. Tapi, jika tak ada Vieira rasanya saya yakin mereka tak akan menjadi seperti itu,” ujar bek yang menggunakan nomor punggung lima ini.

Tak hanya Keown yang dipercaya memberi testimoni untuk Vieira. Seteru abadinya di lapangan hijau, Roy Keane juga dipercaya FWA untuk memberikan testimoni kepada Vieira.

“Tanpa ragu, saya jelas akan memilihnya menjadi pemain terbaik yang pernah bermain bersama atau melawan saya selain Zinedine Zidane, Paul Scholes, Frank Lampard, dan Steven Gerrard,” ujar pemain yang akrab disapa Keano ini.

Jadi, masih ada yang meragukan kemampuan Vieira meski ia mendapatkan prestasi individu?

Komentar