Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Performa Liverpool di bawah Klopp memang tak terlalu buruk. Ia sukses memberikan kesebelasan berujuluk The Reds tersebut 12 kemenangan, meskipun mereka juga mendapatkan delapan kali hasil imbang, dan lima kali kekalahan. Karenanya meski tak buruk, hasil tersebut dianggap kurang memuaskan bagi sebagian suporter Liverpool.

Namun, legenda Liverpool, Steven Gerrard punya pendapat berbeda mengenai ketidakstabilan performa The Reds. Pemain yang kini memperkuat Los Angeles Galaxy ini mengungkapkan bahwa kedatangan Klopp tak bisa memberikan dampak secara langsung. Ia pun meminta para suporter untuk tahu diri bahwa terlalu cepat jika mengharapkan Liverpool langsung bermain baik.

“Saya pikir ini (mengharapkan Liverpool bermain baik) terlalu dini. Jurgen Klopp masih harus diberi waktu untuk memperbaiki skuat di beberapa jendela transfer dan menyatukan skuat untuk membaur satu sama lain, agar di adapat memainkan gaya bermainnya serta taktiknya,” ujar Gerrard.

“Klopp harus sabar selama di Liverpool. Sebab, tak sedikit yang meminta hasil bagus di setiap musimnya. Tapi saya yakin bahwa Klopp dapat memperbaiki semuanya dan membawa kesuksesan untuk Liverpool karena saya yakin dia adalah manajer yang luar biasa,” imbuhnya.

Kedatangan Klopp tak hanya diharapkan Gerrard mampu membawa prestasi bagi Liverpool, ia juga merasa bahwa kedatangan Klopp membawa efek positif bagi finansial Liverpool sendiri.

“Klopp membawa banyak perubahan saat di Jerman, efek paling besarnya tentu efek bisnis. Ia membawa Dortmund beberapa kali finish di empat besar dan itu sangat menguntungkan dari sisi keuangan,”jelasnya.

Gerrard tak menampik, dengan prestasi yang tengah dikejar serta efek keuntungan yang didapatkan dari Klopp, dalam beberapa tahun, Liverpool akan dapat mengejar Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Manchester City.

“Prestasi serta keuntungan secara finansial tentu harus dikejar bersamaan oleh sebuah tim. Dan saya yakin Liverpool dapat melakukannya karena mereka memiliki banyak pemain luar biasa, manajemen dan pelatih yang bagus, serta suporter yang banyak,” ujarnya.

Gerrard sekilas percaya diri bahwa Klopp akan membawa angin perubahan bagi Liverpool, hanya saja tidak dalam waktu dekat. Karenanya ia meminta seluruh pendukung Liverpool untuk tetap bersabar karena jika tak sabar menanti hasil Klopp, hal tersebut bisa saja menjadi bumerang bagi Liverpool di mana tekanan pada Klopp akan semakin membesar dan berpotensi menimbulkan masalah yang lebih besar.

Sumber: ESPNFC, BBC, Daily Star

Komentar