Kebutuhan Guus Hiddink di Chelsea dan Sentilan Tony Pullis Kepadanya

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Kebutuhan Guus Hiddink di Chelsea dan Sentilan Tony Pullis Kepadanya

Guus Hiddink tidak menjanjikan sesuatu yang besar ketika ditunjuk sebagai caretaker Chelsea sejak akhir Desember 2015 lalu.  Ia hanya memberikan beberapa perubahan kecil namun terasa penting. Hiddink memulainya dengan beberapa pendekatan secara halus kepada para pemain selama latihan. Kepribadian hangat pria asal Belanda itu membantu tugasnya sebagai manajer Chelsea. Fenomena seperti itulah yang tidak dirasakan Chelsea ketika dilatih Jose Mourinho.

Langkah-langkah kecilnya itu langsung dibuktikan Chelsea dengan mengalahkan Crystal Palace dengan skor 3-0. Sebuah kemenangan besar tanpa kemasukan yang belum pernah lagi diraih sejak mengalahkan Swansea pada Januari 2015.

Hal lainnya adalah dengan memberikan kesempatan kembali kepada John Obi Mikel. Gelandang bertahan itu pun pelan-pelan menyingkirkan peran Cesc Fabregas. Begitu juga dengan lini depan, Hiddink membebaskan pemainnya untuk bebas berkreasi ketika melakukan penyerangan.

Sebelumnya, Mourinho mewajibkan mereka untuk membagi konsentrasi mereka dengan bertahan. Salah satu hal yang membuat perkembangan Oscar seolah berhenti. Dengan kebijakan Hiddink kali ini membuat Oscar bisa lebih aktif di pertahanan lawan. Pergerakannya pun sering membantu penyerang untuk mendapatkan ruang di lini depan.

Tapi sayangnya situasi tidak enak bersama The Blues, julukan Chelsea, sudah sempat muncul. Oscar kedapatan bersitegang dengan penyerang Diego Costa di sebuah sesi latihan. Perselisihan disebabkan oleh karena keduanya terjatuh ketika sedang beradu fisik memperebutkan bola. Setelahnya, Oscar dan Costa langsung bersitegang , namun berhasil dilerai oleh rekan-rekannya. Untungnya, keduanya sudah saling memaafkan.

Membutuhkan Penyerang Baru

Selain sempat adanya perselisihan, Chelsea juga dihinggapi oleh masalah kebugaran kesebelasannya jelang menghadapi West Bromwich Albion di Stadion Stamford Bridge, Kamis (14/1) dini hari. Eden Hazard masih belum bisa dimainkan terkait cedera pangkal paha ketika menghadapi Palace.

Selain itu, Hiddink semakin dipusingkan dengan stok penyerang yang dimilikinya saat ini. Radamel Falcao rentan cedera dan kebugarannya selalu tidak maksimal. Sementara itu hanya Loic Remy dan Costa yang bisa dibilang memiliki kondisi fisik lebih baik. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Costa tiba-tiba mengalami masalah dengan lututnya jelang pertandingan nanti.

Maka dari itu Hiddink merasa skuatnya membutuhkan penyerang baru pada bursa transfer musim ini. Mengingat Chelsea memiliki jadwal cukup padat selama musim ini. Beberapa nama untuk direkrut sudah muncul, seperti Saido Berahino (West Bromwich Albion), Carlos Bacca (AC Milan), Jamie Vardiy, bahkan Emmanuel Adebayor (tanpa klub).

"Kita berpikir kita harus memiliki kompetisi yang baik, pekerjaan dua kali lipat di setiap posisinya. Ketika ada kondisi yang baik dan pekerjaan dua kali lipat, maka kita tidak harus menuju hal yang berbahaya dengan dua striker. Saya tidak menyangkal bahwa itu akan menjadi perhatian jika Costa atau Remy mengalami cedera" ungkap Hiddink seperti dikutip dari The Guardian.

Sentilan Tony Pullis kepada Guus Hiddink

Hiddink memang sanggup membawa The Blues keluar dari situasi yang rumit dan tampil lebih baik. Sejauh ini, Chelsea belum terkalahkan sejak ditangani olehnya. Maka bukan tanpa alasan berbagai pujian dilayangkan kepada mantan pelatih Belanda itu.

Akan tetapi Tony Pullis, Manajer West Brom, justru menyindir pujian-pujian tentang Hiddink. Pullis tidak sepakat dengan banyaknya anggapan tentang Hiddink yang berhasil membangkitkan Chelsea kembali. Menurutnya, beberapa pujian kepada Hiddink tidak menghormati Mourinho yang sudah banyak berjasa untuk The Blues.

"Mereka (Chelsea) memenangkan liga musim lalu di bawah Jose Mourinho dan saya tidak suka melihat orang merendahkan Jose. Saya pikir beberapa hal yang dikatakan tidak menghormati Jose dan pemain yang memenangkan gelar juara," cetus Pullis seperti dikutip dari Daily Star.

Kendati demikian, ia tidak menampik jika Chelsea memiliki banyak pemain berkualitas dan permainan yang indah saat ini. Namun Pullis bertekad untuk membawa West Brom menjadi lebih baik daripada Chelsea pada dini hari nanti.

Sumber lain : Daily Mail, ESPN FC.

Komentar