Rencana Reuni Mathieu Debuchy

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Rencana Reuni Mathieu Debuchy

Mathieu Debuchy khawatir tidak bisa membela Kesebelasan Negara Prancis pada Euro 2016 nanti. Maka dari itu ia berniat mencari kesebelasan lain pada bursa transfer Januari 2016 untuk mendapat porsi bermain yang lebih banyak ketimbang apa yang dialaminya saat ini di Arsenal.

Mantan pemain Newcastle United itu baru diturunkan dua kali di Liga Primer Inggris 2015/2016. Debuchy kalah bersaing dengan Hector Bellerin untuk mengisi posisi full-back kanan Arsenal. Dirinya mulai kehilangan tempat utama setelah sempat mengalami berbagai cedera pada dua musim terakhir.

Sebetulya West Bromwich Albion pernah tertarik untuk merekrutnya, namun Debuchy menolaknya. Arsene Wenger, Manajer Arsenal, pun tahu jika Debuchy ingin meninggalkan Arsenal pada bursa transfer musim dingin ini. Walau ia masih memiliki sisa kontrak selama tiga setengah tahun. Bahkan, kabarnya Debuchy sudah pamit kepada Wenger.

"Itu tidak mustahil (Debuchy akan pergi). Saya senang jika dia tinggal. Akan kita lihat nanti," jawab Wenger ketika ditanya tentang kemungkinan Debuchy akan pergi, seperti dikutip dari Metro.

Baca juga : Arsenal Harus Aktif pada Bursa Transfer Januari ini!.

Kabar akan hengkangnya Debuchy pun menjadi daya tarik AS Roma dan Olympique Lyonnais. Tampaknya nama pertama akan menjadi kesebelasan yang lebih serius mengejar pemain 30 tahun itu. Roma saat ini sedang mencari full-back kanan baru untuk menggantikan Douglas Maicon sehingga Alessandro Florenzi akan kembali kepada posisi aslinya sebagai gelandang atau penyerang sayap.

Satu setengah musim belakangan ini, Roma memiliki dilematis tentang sektor pertahanan di sisi kanan. Sementara Debuchy bisa dibilang bukan nama asing dengan Pelatih Roma, Rudi Garcia. Pasalnya, Debuchy merupakan andalan Garcia ketika membesut Lille dan meraih juara Ligue-1 Prancis 2010/2011. Jika ia benar-benar hijrah ke Roma pada Januari ini, ia juga akan kembali menjadi rekan satu tim Lucas Digne dan Gervinho.

garcia-rudi---debuchy-mathieu-18-02-2012-lorient---lille-24eme-journee-de-ligue-1---20120219093827-2684
Rudi Garcia bersama Mathieu Debuchy di Lille

Sebetulnya Roma memiliki Vasilis Torosidis di posisi full-back kanan. Namun ia diminati Genoa dan kemungkinan dilepas pada bursa transfer Januari 2016 walau pemain asal Yunani itu masih punya kontrak satu tahun bersama Roma.

Rencananya, Torosidis akan diplot sebagai full-back kiri Genoa yang sering dianggap menjadi kelemahan pertahanan mereka. Torosidis pun sudah dua kali memainkan peran full-back kiri Roma sejauh musim ini. Genoa percaya diri bisa mendapatkan Torosidis. Apalagi jika mereka berani melepas Diego Perotti yang tengah diincar Roma untuk menggantikan Juan Iturbe.

Sumber lain : Daily Mail, Football-Italia, Gazzetta dello Sport, Sport Mole,

 

Komentar