Van Gaal Enggan Mundur

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Van Gaal Enggan Mundur

Meski berhasil mengamankan satu poin saat melawan Chelsea tadi malam (29/12), nama Louis Van Gaal tetap tak lepas dari kritikan suporter Manchester United yang menginginkan kemenangan. Sebab, hasil imbang tersebut membawa United ke rekor buruk lain, yakni delapan laga tanpa kemenangan di semua kompetisi sejak 1990.

Hasil imbang ini pun membuat posisi United di klasemen semakin tak aman, pasalnya United hanya berjarak satu poin dengan tiga tim di bawahnya.  Sementara, Louis Van Gaal pun merasa ia sedang dalam posisi yang baik-baik saja.

“Ketika para pemain memberikan performa yang sangat luar biasa di lapangan, saya rasa tidak ada alasan untuk mundur,” ucap Van Gaal selepas laga melawan Chelsea.

Pernyataan Van Gaal tersebut seakan melupakan ucapannya pasca United kalah melawan Stoke (26/12). Dimana ia akan mengundurkan diri pasca rentetan hasil buruk yang diraih United dalam beberapa pertandingan terakhir.

Van Gaal pun menilai bahwa permainan menyerang yang ditunjukkan skuatnya menandakan bahwa pemainnya telah berjuang untuknya. “Pada pertandingan melawan Stoke kami bermain seperti tim yang enggan menyerang. Namun saat melawan Chelsea kami menunjukkan siapa kami. Kami bermain dominan, membuat peluang, dan melakukan tembakan ke gawang,” jelas eks pelatih Timnas Belanda tersebut kepada BBC.

Manajer berusia 64 tahun tersebut pun mengatakan kepada Irish Independent, bahwa jajaran direksi Manchester United masih mempercayainya, ”Saya masih menjalani kontrak yang berjalan di United, jadi saya akan berusaha menjalankan isi sesuai kontrak hingga berakhir.”

Meski Van Gaal tetap bersikeras untuk tidak mundur, namun nyatanya banyak suporter United yang sudah enggan menerimanya. Beberapa banner dan aksesoris mengenai Van Gaal dan Jose Mourinho, pria yang diyakini akan menggantikannya terpampang di sekitaran Old Trafford pada laga tersebut.

Spanduk yang Mengharapkan Kepergian Van Gaal di Old Trafford. Sumber : BBC
Spanduk yang Mengharapkan Kepergian Van Gaal di Old Trafford. Sumber : BBC

Van Gaal sendiri membuktikan bahwa skuatnya memang berusaha menang saat melawan Chelsea. Bahkan United tampil lebih baik ketimbang Chelsea yang menjadikan Eden Hazard sebagai ujung tombak. Buktinya, tendangan Juan Mata pada menit ketiga dan sepakan Anthony Martial dari sebelah kanan pertahanan Chelsea menit ke-16, hampir membuat skor menjadi 2-0. Selain itu, masih ada peluang terbuka Ander Herrera yang berhasil diselamatkan oleh Thibaut Courtois.

Meski United tampil lebih baik, Chelsea juga tidak bermain buruk. Beberapa peluang emas The Blues bahkan bisa menjadi gol jika David De Gea  bermain buruk, diantaranya adalah percobaan yang dilakukan John Terry,Cesar Azpilicueta, Pedro, dan Nemanja Matic.

Hasil ini pun sepertinya meningkatkan kepercayaan diri United, terutama Van Gaal. Dan tampaknya keinginan untuk melakukan pengunduran diri tidak akan di lakukan oleh Louis Van Gaal dalam waktu dekat.

Sumber : Irish Independent, BBC, Squawka, Mirror

Komentar