Kemenangan-Kemenangan Beruntun di Akhir Tahun 2015

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Kemenangan-Kemenangan Beruntun di Akhir Tahun 2015

Kemenangan atas Carpi pada pekan ke-17 membuat Juventus meraih tujuh kemenangan beruntun. Berkat rentetan kemenangan tersebut, kesebelasan berjuluk Si Nyonya Tua tersebut berhasil memanaskan kembali persaingan papan atas Serie A di penghujung akhir tahun.

Tujuh kemenangan beruntun tentunya cukup impresif, karena merupakan yang terpanjang pada musim 2015/2016 Serie A. Namun sebenarnya masih ada kesebelasan lain yang mencatatkan rekor kemenangan beruntun dengan jumlah yang lebih luar biasa.

Setidaknya ada tiga kesebelasan Eropa yang tengah mencatatkan rekor kemenangan beruntun. Rekor kemenangan beruntun yang diciptakannya hingga saat ini membuat rekor tujuh kemenangan beruntun Juventus belum berarti apa-apa.

baca juga: Kisah Bayern München dan Tiga Klub 10 Kemenangan Beruntun

Shakhtar Donetsk

Yang pertama ada kesebelasan asal Ukraina, Shakthar Donetsk. Memuncaki klasemen Liga Primer Ukraina (UPL), Shakhtar mencatatkan 14 kemenangan, satu kali seri dan satu kali kalah. Saat ini, 11 kemenangan mereka raih dari 11 pertandingan terakhir mereka.

Setelah kalah pada pekan kelima UPL oleh Dnipro dengan skor 2-0, Shakthar yang identik dengan pemain Brasilnya ini tak terhentikan. Sementara pesaingnya Dynamo Kiev dua kali terpeleset pada pekan keenam dan ke-11, Shakhtar berhasil konsisten dengan terus meraih kemenangan.

shakthar

Shakhtar sendiri sebelumnya mencatatkan rekor kemenangan beruntun UPL. Pada 2012, Shakhtar berhasil mencatatkan 24 kemenangan secara beruntun. Kemenangan demi kemenangan tersebut berhasil mengantarkan trofi UPL ketujuh bagi mereka.

UPL sendiri akan akan libur selama lebih dari dua bulan. Liga akan kembali berjalan pada awal Maret 2016. Setelah libur, mereka tentu saja harus menjaga konsistensi mereka karena meski berada di puncak klasemen, posisi mereka belum aman. Bersama Kiev, keduanya memiliki poin sama 43 poin.

FK Crvena Zvezda

Kesebelasan kedua adalah kesebelasan yang tengah mencatatkan rekor kemenangan beruntun terpanjang musim ini, FK Crvena Zvezda. Setelah Liga Super Serbia memasuki masa rehat akhir tahun, Crvena berhasil mencatatkan 19 kemenangan beruntun.

Liga Super Serbia telah berjalan 22 pekan. Sebelum mencatatkan 19 kemenangan, Crvena hanya meraih satu kemenangan dan dua kali hasil seri. Berkat rentetan kemenangan ini pun Crvena melesat ke peringkat pertama, memiliki selisih 25 poin dengan peringkat kedua, Cukaricki.

crvena

Rekor 19 kemenangan beruntun ini meyamai rekor yang ditorehkan oleh Bayern Munchen di Bundesliga pada musim 2013/2014. Namun kemungkinan masih akan bertambah ketika Liga Super Serbia kembali bergulir pada 20 Februari 2016 nanti.

Liga Super Serbia sendiri diikuti oleh 16 kesebelasan. Ini artinya, Liga Super Serbia tinggal menyisakan delapan pertandingan lagi. Jika Crvena mampu menyapu bersih kedelapan laga tersebut, mereka akan menjadi kesebelasan kelima dengan kemenangan beruntun terbanyak di dunia.

Olympiacos

Olympiacos mengalahkan AEL Kalloni pada pekan terakhir Liga Super Yunani sebelum rehat Natal. Kemenangan tersebut membuat mereka mencatatkan 15 kemenangan beruntun. Namun hebatnya, Liga Super Yunani sendiri diikuti oleh 16 kesebelasan dan saat ini baru berjalan hingga pekan ke-15.

Ya, ini artinya Olympiacos selalu menang sepanjang musim ini di liga domestik. Kesebelasan yang tersingkir di Liga Champions oleh Arsenal ini mencatatkan poin sempurna dari 15 pertandingan liga yang sudah mereka jalani sejauh ini, 45 poin.

Mereka pun tampaknya akan dengan mudah meraih trofi Liga Super Yunani ke-43 kalinya. Jumlah ini tentunya akan semakin menjauhkan kedigdayaan mereka di Yunani karena Panathinaikos yang menjadi sainganya, baru mengumpulkan 20 trofi. Bahkan jika ditotal, kesebelasan lain yang pernah menjuarai Liga Super Yunani saja masih lebih sedikit dengan jumlah trofi juara yang dimiliki Olympiacos (Panathinaikos 20 trofi, AEK Athena 11, Aris 3, PAOK 2, dan AE Larissa 1).

olympiacos

***

Soccerlens mencatatkan bahwa rekor kemenangan terpanjang dipegang oleh kesebelasan asal Sparta Praha yang mencatatkan 51 pertandingan kemenangan beruntun pada 1920 hingga 1923. Namun hal tersebut dianggap kurang relevan karena saat itu liga Czechoslovakia masih belum professional.

Kesebelasan yang tercatat sebagai pemegang rekor kemenangan terpanjang adalah Al-Faisaly dari Liga Jordan dengan 32 pertandingan. Di Eropa, Benfica masih memegang rekor kemenangan terpanjang dengan 29 kemenangan. Saat itu, Benfica masih diperkuat legenda asal Portugal, Eusebio.

foto: givemesport.com

Komentar