Arsenal Sudah Menangi Pertandingan Lawan City

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Arsenal Sudah Menangi Pertandingan Lawan City

Tidak setiap hari Arsenal memiliki peluang besar untuk menjauhkan diri dari saingan terdekat. Menjamu Manchester City nanti malam, Arsenal mengantongi lebih banyak keunggulan dari kesebelasan tamu.

Performa kandang Arsenal sedang bagus-bagusnya sementara performa tandang City tidak begitu meyakinkan. Dalam enam pertandingan kandang terakhirnya Arsenal tidak pernah kalah. The Gunners menang melawan Stoke City, Manchester United, Everton, dan Sunderland serta bermain imbang melawan Liverpool dan Tottenham Hotspur. Dalam enam pertandingan tersebut Arsenal mencetak sebelas gol dan hanya kebobolan tiga kali. City, sementara itu, gagal mencetak gol dalam tiga pertandingan tandang terakhir mereka; imbang melawan Manchester United dan Aston Villa serta kalah dari Stoke City.

Soal pertemuan terakhir antara kedua kesebelasan: Arsenal tidak pernah kalah dalam tiga pertandingan terakhir melawan City di Premier League. Sementara semua catatan tersebut berhubungan dengan masa lalu dan kemungkinan besar tidak memberi banyak pengaruh kepada pertandingan kali ini, pertimbangkan keunggulan Arsenal lainnya: secara mental Arsène Wenger berada di posisi yang lebih baik dari Manuel Pellegrini. Kepercayaan diri Wenger sedang tinggi-tingginya sementara Pellegrini sedang gelisah.

“Apa yang saya rasa luar biasa adalah semangat kesebelasan dan kebersamaan yang luar biasa di dalam ruang ganti, dan fokus untuk terus maju,” ujar Wenger sebagaimana dikutip dari situs resmi Arsenal. “Setelah itu kami harus membuktikan di lapangan apakah kami cukup baik. Kami harus menerima bahwa dipertanyakan karakternya adalah bagian dari permainan namun kami harus membuktikan di lapangan dari pekan ke pekan dan kritik akan perlahan mati.”

“Selama beberapa waktu keraguan terhadap karakter kami adalah benar karena kami adalah kesebelasan muda dan sebuah kesebelasan muda bisa tidak konsisten. Namun saya percaya karena kami telah menunjukkannya. Apa yang kami lakukan di Olympiakos tidak dapat dilakukan kesebelasan yang tidak memiliki karakter. Untuk dapat melakukan itu siapa pun harus istimewa. Kami menjadi juara Piala FA dalam dua musim terkahir dan untuk memenangi Piala FA dibutuhkan karakter. Semua orang ingin memenangi Piala FA setiap tahun,” kata Wenger

Wenger, pada kesempatan yang sama, juga tidak lupa menggarisbawahi fakta bahwa hingga saat ini Arsenal masih satu-satunya kesebelasan yang berhasil mengalahkan Leicester City: “Pada dasarnya kami adalah satu-satunya kesebelasan yang berhasil mengalahkan Leicester, dan dengan cara yang meyakinkan. Karakter adalah hasil dari konsistensi kehidupan. Itulah yang saya maksud karakter. Semua orang dapat luar biasa selama satu hari namun karakter berarti memiliki target dan mempertahankan fokus terhadap target. Itulah karakter menurut saya dan itulah yang harus kami tampilkan di liga.”

Sementara kepercayaan diri Wenger sedang tinggi, Pellegrini sedang terganggu oleh kabar kedatangan Pep Guardiola.

“Saya yakin Pep Guardiola akan bekerja di sini suatu hari,” ujar Pellegrini sebagaimana diwartakan Guardian. “Saya bahkan berharap ia memiliki kesempatan bekerja di Manchester City, karena saya mencintai kesebelasan ini dan saya peduli terhadap masa depannya, dan saya yakin ia akan bekerja dengan baik. Kapan masa depan yang saya maksud, saya tidak tahu, namun jika masa depan tersebut terbukti adalah tahun depan, yang paling penting bagi saya adalah untuk berusaha memenangi gelar (juara Premier League) lagi musim ini. Memenangi dua gelar juara dalam tiga tahun adalah sebuah pencapaian, saya rasa, dan musim lalu juga kami menduduki peringkat kedua. Saya akui itu bukan musim terbaik kami, namun setidaknya itu bukan bencana.”

Dengan semua keunggulan ini, keterlaluan jika Arsenal gagal menang melawan City.

Komentar