Peta Persaingan Perempat-final Coppa Italia 2015/16

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Peta Persaingan Perempat-final Coppa Italia 2015/16

Coppa Italia memasuki fase perempatfinal. AC Milan menjadi kesebelasan terakhir yang lolos dari fase 16 besar setelah berhasil mengandaskan Sampdoria 0-2 lewat gol dari Mbaye Niang dan Carlos Bacca.

Di perempatfinal, yang berlangsung satu leg, Milan akan bertemu dengan Carpi yang secara mengejutkan mengungguli Fiorentina di Artemio Franchi. Tiga pertandingan lainnya adalah Lazio vs Juventus, Inter vs Napoli, dan Spezia vs Alessandria.

Lazio vs Juventus

Lazio yang semakin jauh dari capolista Serie A tampaknya akan berusaha semaksimal mungkin di Coppa Italia. Namun sialnya, kesebelasan berjuluk Si Elang ini harus bertemu dengan Juventus yang penampilannya semakin membaik dari pekan ke pekan.

Kedua kesebelasan musim lalu bertemu di babak final yang dimenangkan Juventus. Keduanya kembali bertemu pada ajang Piala Super Italia sebelum Serie A digelar yang lagi-lagi Lazio tak mampu meraih trofi. Masih ada waktu sekitar satu bulan bagi Lazio untuk memperbaiki performa mereka agar tak kembali ditumbangkan Juventus untuk kesekian kalinya.

Inter vs Napoli

Inter dan Napoli idealnya bertemu pada partai puncak. Keduanya musim ini tampil begitu impresif. Keduanya pun kini menjadi kandidat juara Serie A menantang Juventus yang bertekad meraih trofi kelima beruntunnya. Namun keduanya harus saling mengalahkan pada babak perempat final.

Inter dan Napoli pun sebenarnya musim lalu bertemu di babak perempat final Coppa Italia. Bedanya, musim lalu Napoli menjadi tuan rumah, sementara kali ini Inter yang berstatus sebagai tuan rumah.  Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, jelas akan memberikan keuntungan bagi Inter untuk membalas kekalahan 0-1 pada tahun lalu.

AC Milan vs Carpi

Laga AC Milan melawan Carpi mungkin akan membuat kubu tuan rumah, AC Milan, di atas angin. Namun Milan tentunya perlu hati-hati pula mengingat Carpi ternyata mampu menjungkalkan Fiorentina meski laga berlangsung di Stadion Artemio Franchi, kandang Fiorentina.

Milan berhasil lolos setelah menang di kandang Sampdoria di babak 16 besar. Namun yang perlu menjadi catatan, Milan musim lalu tersingkir di babak perempat final meski bermain di San Siro, disingkirkan Lazio. Karenanya, pertandingan ini pun tetap tak akan mudah bagi Milan.

Spezia vs Alessandria

Meski sama-sama tampil sebagai tim kuda hitam, tak pantas rasanya menyingkirkan kedua tim ini dari calon juara. Spezia yang berhasil mengalahkan Roma di babak 16 besar dinilai memiliki kans lebih tinggi untuk melangkah ke babak semifinal. Meskipun begitu ini merupakan prestasi terbaik Spezia di kancah Coppa Italia.

Alessandria sendiri tengah berada di puncak klasemen Lega Pro atau yang dulu dikenal dengan Serie C. Alessandria sama seperti Spezia yang untuk pertama kalinya melangkah ke perempatfinal Coppa Italia. Namun, berbekal kemenangan atas Genoa, tidak ada yang boleh memandang remeh tim yang bermarkas di Stadion Giuseppe Moccagatta ini.

Babak perempatfinal Coppa Italia akan berlangsung dalam satu pertandingan. Tim yang ditulis  pertama dalam huruf tebal akan menjadi tuan rumah. Pertandingan sendiri akan diselenggarakan pada 21 Januari 2016.

Sumber : Transfermarkt, Football Italia, La Gazetta Dello Sport

Komentar